7 Strategi Pemasaran Produk Skincare
Tidak hanya menciptakan formula skincare saja yang harus kamu pahami, kamu juga perlu pahami bagaimana caranya menyusun strategi pemasaran produk skincare.
Dengan menyusun strategi pemasaran tersebut bisa mempermudah kamu untuk memasarkan produk skincare yang telah kamu produksi lho.
Selain mempermudah untuk memasarkan produk skincare, dengan menyusun strategi juga bisa menjangkau lebih banyak target audiens.
Sebenarnya masih banyak lagi berbagai macam keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menyusun strategi pemasaran produk skincare yang telah kamu produksi.
Buat kamu yang penasaran apa saja keuntungannya selain mempermudah memasarkan produk skincare dan menjangkau target audiens lebih banyak, kamu bisa simak pembahasan singkatnya berikut ini ya.
Baca Juga : Strategi Pemasaran UMKM yang Efektif
Pentingnya Membuat Strategi Pemasaran Produk Skincare
Kalau kamu sadar, sekarang ini produk skincare sudah menjamur dimana – mana. Tentunya hal tersebut menjadi sebuah ‘tantangan’ bagi para pebisnis skincare yang baru memulai berbisnis.
Terlebih lagi harus bersaing dengan produk skincare lainnya, mulai dari yang baru memulai berbisnis sampai yang sudah ternama.
Namun kamu tenang saja, di setiap ‘tantangan’ tentu ada solusi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi ‘tantangan’ tersebut.
Solusi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi ‘tantangan’ tersebut tadi yaitu dengan cara membuat strategi pemasaran yang tepat!
Ya, seperti yang kamu tahu pastinya setiap bisnis harus membuat strategi pemasaran. Begitu juga dengan bisnis skincare yang perlu juga membuat strategi pemasaran untuk produk skincare.
Seperti di pembahasan awal tadi, kalau membuat strategi mampu menjangkau audiens lebih luas lagi.
Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan bagi para pebisnis skincare yang baru memulai berbisnis skincare.
Selain itu, dengan strategi tersebut juga bisa membuat brand skincare bisa bersaing di kalangan brand skincare lainnya.
Untuk membuat strategi khusus produk skincare perlu disusun sematang mungkin agar hasilnya jadi lebih maksimal.
Jangan asal susun strategi, yang ada nantinya ketika memasarkan produk skincare malah jadi rugi. Pastinya kamu tidak mau, kan?
Maka dari itu, kalau kamu ingin tahu apa saja strategi pemasaran untuk produk skincare, kamu bisa simak beberapa strateginya di pembahasan selanjutnya ya.
Baca Juga : Wajib Tau! Ini 10 Strategi Pemasaran Media Sosial Yang Ampuh
7 Strategi Pemasaran Produk Skincare yang Tepat
Buat kamu yang masih pemula dan ingin berbisnis di bidang per-skincarean, harus banget simak beberapa strategi berikut ini.
Beberapa strategi ini membantu kamu untuk memasarkan produk skincare yang telah kamu produksi.
Penasaran apa saja strateginya? Simak beberapa strateginya berikut ini!
1. Pilih Saluran Distribusi yang Tepat
Sebelum memilih saluran distribusi, penting sekali untuk memahami minat berbelanja para target audiens.
Biasanya ada orang yang lebih suka berbelanja online dan ada yang lebih suka berbelanja offline.
Dari hasil pemahaman minat berbelanja tersebut, kamu bisa langsung menentukan dan memilih ingin menyalurkan produk skincare ke distribusi yang mana.
Apakah didistribusikan secara online atau offline. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan berbagai aspek pendistribusian.
Misalnya seperti aspek logistik dan aspek biaya untuk mendistribusikan produk skincare.
2. Membuat Strategi yang Efektif
Untuk membuat strategi yang efektif, kamu harus memberikan berbagai informasi mengenai produk skincare yang dijual.
Selain itu, tonjolkan manfaat serta keunikan dari produk skincare yang tidak dimiliki oleh produk skincare lainnya.
Biasanya orang – orang akan tertarik dengan produk skincare yang memiliki manfaat serta keunikan yang berbeda dari produk skincare lainnya.
Terlebih lagi jika produk skincarenya memang benar – benar memiliki manfaat yang nyata, alias hasil penggunaan skincarenya terlihat jelas.
Tentunya orang – orang akan tertarik untuk membeli dan menggunakan produk skincaremu.
Jika ingin mendapatkan pembeli yang lebih banyak lagi, maka kamu bisa memberikan berbagai macam penawaran khusus dan menarik.
Jangan lupa juga untuk tetap mengikuti perkembangan tren terkini dan memantau apa saja kebutuhan para target audiens.
Baca Juga : Susun Strategi Pemasaran Biar Bisnis Makin Cuan!
3. Bekerja Sama dengan Influencer
Strategi yang satu ini memang sudah terjamin keberhasilannya untuk memasarkan produk skincare.
Sebenarnya tidak hanya produk skincare saja, produk dari bisnis lainnya juga bakalan berhasil jika memasarkan produknya dengan bekerja sama dengan influencer.
Biasanya bekerja sama dengan influencer ini disebut dengan endorsement, tentu kamu sudah tidak asing kan dengan istilah tersebut?
Untuk mengendorse produk skincare, lebih disarankan untuk mengendorse para beauty vlogger maupun beauty influencer.
Tentunya kedua jenis influencer tersebut seusai dengan niche marketnya, yaitu skincare. Terlebih lagi kedua jenis influencer tersebut memang sudah paham sekali di dunia per-skincarean.
Selain itu, para pengikut influencer sebagian besar yang memang menyukai per-skincarean. Jadi memang lebih tepat untuk mengendorse kedua jenis influencer tersebut saja.
4. Mengikuti Event Kecantikan
Selain memasarkan produk skincare melalui media online, kamu juga bisa mengikuti berbagai event kecantikan untuk memasarkan produk skincaremu.
Terlebih lagi sekarang ini sudah banyak berbagai event kecantikan, misalnya Oh Beauty, BeautyFest Asia, dan event lainnya.
Dengan mengikuti event kecantikan bisa berpeluang besar untuk untuk mendapatkan pelanggan baru lho.
Namun untuk menarik perhatian orang – orang, kamu perlu mendekorasi dan menata produk skincaremu semenarik mungkin agar terlihat lebih menonjol dan menarik daripada booth brand skincare lainnya.
Disarankan juga untuk membagikan sampel produk skincare secara gratis atau mengadakan mini games yang berhadiah produk skincare.
Baca Juga : Strategi Pemasaran Produk Buat Bisnis Jadi Laris
5. Memberikan Berbagai Penawaran yang Menarik
Ingin penjualan produk skincaremu meningkat berkali – kali lipat? Maka kamu bisa gunakan strategi yang satu ini!
Strateginya yaitu dengan memberikan berbagai macam penawaran yang menarik.
Kamu bisa memberikan berbagai penawaran menarik di hari – hari tertentu, misalnya hari belanja nasional, hari raya, hari natal, dan hari – hari lainnya.
Selain itu, kamu juga bisa memberikan penawaran menarik bagi pelanggan setia yang membeli produk skincaremu.
Kamu bisa melakukan analisis data para pelanggan setia untuk mengetahui produk skincare apa saja yang sering dibeli.
Sehingga nantinya saat melakukan penawaran, kamu bisa memberikan penawaran menarik dengan memberikan produk tersebut.
6. Melakukan Inovasi Produk Skincare
Dalam berbisnis tentunya penting sekali untuk melakukan inovasi produk agar tidak kalah saing dengan kompetitor lainnya.
Hal tersebut juga berlaku bagi kamu yang menjalani bisnis di bidang skincare, kamu bisa melakukan inovasi dengan formulasi menggunakan bahan alami dan ramah lingkungan.
7. Menggunakan Iklan Online Berbayar
Strategi terakhir yang paling ampuh yaitu dengan menggunakan iklan online berbayar, sudah banyak para pebisnis lainnya yang membuktikan kalau iklan online berbayar ini sangat ampuh untuk memasarkan produk bisnis mereka.
Untuk cara menggunakan iklan online berbayar ini cukup mudah, terlebih lagi beberapa sosial media telah menyediakan berbagai fitur pendukung untuk beriklan.
Misalnya saja di Instagram dan Facebook ada yang namanya Meta Ads, sedangkan di Google ada yang namanya Google Ads.
Cara menggunakan fitur tersebut mudah kok, kalaupun kamu kebingungan sekarang ini sudah banyak jasa iklan online yang siap membantumu untuk memasarkan produk skincare.
Buat kamu yang ingin beriklan online, kamu bisa simak rekomendasi jasanya di pembahasan selanjutnya.
Baca Juga : Kupas Tentang Strategi Pemasaran Media Sosial
Lengkapi Strategi Pemasaran Produk Skincare dengan Jasa Ini
Susah dan bingung cara gunain fitur iklan online di sosial media? Kamu bisa pakai jasa iklan online dari Aidee Lab saja!
Aidee Lab menyediakan jasa iklan online yang siap bantu memasarkan produk skincaremu.
Sudah banyak pebisnis skincare yang telah menggunakan jasa iklan online dari Aidee Lab, kamu bisa langsung cek langsung portofolionya di website Aidee Lab ya.
Untuk lebih lanjutnya, kamu bisa hubungi tim Aidee Lab sekarang juga!