Strategi Pemasaran Digital, Cara dan Manfaatnya!
Strategi Pemasaran Digital – Sejalan dengan kemajuan teknologi, kebutuhan dan cara berdagang manusia akan semakin berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, termasuk pada teknik pemasaran.
Jika dahulu orang memasarkan dagangannya menggunakan cara konvensional seperti menyebarkan selebaran, menggunakan papan reklame, dan sejenisnya.
Sekarang, kita dapat melihat perkembangan proses pemasaran baru dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya adalah digital marketing.
Secara umum digital marketing atau pemasaran digital merupakan kegiatan pemasaran produk mulai dari branding atau layanan dengan menggunakan berbagai media teknologi.
Sebagai contoh yaitu seperti blog, website, e-mail, AdWords dan berbagai macam jaringan media sosial.
Baca Juga : Agency Iklan Indonesia Hadir Membantu Para Pebisnis
Beberapa Strategi Pemasaran Digital yang paling umum:
1. Search Engine Marketing (SEM)
Teknik ini melibatkan penggunaan mesin pencari yang ada di dalam google, seperti google Bing, Yahoo, dan Facebook.
Teknik ini dibagi menjadi dua yaitu : Search Engine Optimization (SEO), yang bertujuan agar konten yang telah disediakan muncul di halaman pertama Google tanpa harus membayar kepada penyedia iklan.
Dan Pay-Per-Click (PPC) dilakukan dengan membayar kepada penyedia iklan agar konten yang sudah kita siapkan muncul di hasil teratas saat calon pelanggan mencari keyword tertentu sesuai dengan kebutuhan.
2. Influencer/Affiliate Marketing
Kegiatan ini melibatkan jasa influencer untuk mempromosikan produk.
Kegiatan ini biasanya melibatkan pihak ketiga dan mewajibkan Anda membayar komisi sesuai dengan kesepakatan.
Sebagai contoh, memanfaatkan selebgram untuk membuat postingan berupa video atau gambar yang mengacu kepada produk yang ditawarkan.
Baca Juga : Iklan Digital yang Bisa Kamu Jadikan Ide Buat Iklanin Brand Kamu!
3. Content marketing
Strategi pemasaran ini biasanya melibatkan berbagai jenis konten baik dari video ataupun brosur iklan.
Contohnya menggunakan sosial media, website resmi dari bisnis ataupun memanfaatkan fitur-fitur ads serta memanfaatkan infografis (menyajikan data yang membantu mencari informasi dengan lebih cepat).
4. Email marketing
Strategi digital marketing yang berupa mengirimkan email yang dikirimkan kepada pelanggan dan calon pelanggan dengan isi berupa pesan atau konten komersial.
Contohnya mengirimkan informasi produk, event, maupun kode promo yang sedang berlangsung. dan biasanya email ini berisi pesan komersial dengan jenis pesan spam.
5. Sosial media marketing
Biasanya strategi pemasaran ini menggunakan berbagai macam aplikasi, mulai dari aplikasi chat, ataupun aplikasi hiburan seperti tiktok, YouTube, ataupun game.
Dalam strategi ini, perusahaan juga harus membayar royalti kepada pemilik akun jika produk yang dipasarkan tidak berasal dari akun perusahaan.
Sebagai contoh, pemasangan iklan berupa video atau gambar pada akun media sosial selebgram.
Baca Juga : Cara Meningkatkan Traffic Website Biar Web Makin Populer!
6. Blogging
Strategi ini melibatkan menulis atau menerbitkan konten online tentang topik yang relevan dengan produk yang akan ditawarkan. Tujuan untuk menghasilkan lebih banyak prospek.
Blogging adalah tehnik pemasaran yang sangat penting untuk optimalisasi mesin pencari (SEO). Semakin banyak konten yang relevan dan berkualitas yang Anda buat, maka semakin banyak orang yang akan mengunjungi situs web Anda, dan situs Anda akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencari seperti Google.
Contohnya, membuat suatu artikel dan menyisipkan internal link di dalamnya untuk membawa pembaca kepada informasi produk.
Pemasaran yang menggunakan kecanggihan teknologi saat ini memudahkan pedagang untuk mengumpulkan dan menganalisis data sesuai dengan perilaku konsumen.
Manfaat Strategi Pemasaran digital:
- Menjangkau pasar yang lebih luas, digital marketing bisa menjalani pasar yang lebih luas atau bahkan target pasar yang beda negara dengan penjual. Digital marketing mampu mendeteksi pasar dengan menggunakan teknik-teknik yang telah disebutkan sebelumnya, sehingga hal tersebut dapat terjadi.
- Menghemat biaya iklan, menggunakan konsep digital marketing dalam pemasaran akan mengurangi budget untuk pemasangan iklan di berbagai platform. Jika kita hanya memasang iklan menggunakan baliho atau billboard, hanya masyarakat yang berada di sekitar wilayah tersebut yang dapat melihat iklan tersebut. Hal ini sangat berbeda jika kita menggunakan teknologi untuk memasang iklan.
- Memberikan kemudahan dalam melihat perubahan bisnis, pasalnya melalui digital marketing Anda bisa melihat perkembangan bisnis yang sedang trend dan bisa bertahan lama atau hanya trend saja, melalui digital marketing Anda bisa mengetahui itu semua hanya dengan melakukan riset pasar.
- Meningkatkan reputasi brand, masyarakat umumnya akan mencari informasi dan melakukan perbandingan sebelum membeli sesuatu. Oleh karena itu, jika produk yang ditawarkan telah membangun reputasi baik di kalangan konsumen, proses pemasaran akan menjadi lebih mudah.
- Menghubungkan dengan konsumen serta memudahkan transaksi pembayaran, penggunaan konsep digital marketing akan menghubungkan Anda selaku pedagang kepada konsumen hanya dengan menggunakan media komunikasi handphone serta memudahkan transaksi hanya dengan menggunakan kecanggihan teknologi dan tidak perlu mendatangi toko secara offline.
Baca Juga : Contoh Iklan Online Ini Berhasil Menarik Perhatian Banyak Orang!
Merancang sebuah strategi pemasaran digital merupakan hal yang sangat krusial dan perlu perhatian khusus.
Hal tersebut juga membutuhkan analisis yang kuat dan harus mengikuti trend agar pelaku pedagang tetap bisa mempertahankan dagangannya dan bertahan di era industri 4.0 dengan tujuan agar mereka tetap bisa memasarkan produknya.
Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami konsep digital marketing.