fbpx

Media Jualan Online yang Paling banyak Digunakan

Untuk menjual produk biasanya dibutuhkan media untuk berjualan, seperti media jualan online.

Sebenarnya tidak hanya media jualan online saja yang bisa dijadikan sebagai tempat berjualan.

Kamu juga bisa memilih media jualan secara offline seperti membuka toko atau berjualan di rumah.

Namun di jaman sekarang ini yang semakin maju, kebanyakan orang lebih memilih berbelanja secara online daripada offline.

Melihat hal tersebut, para pebisnis lebih disarankan untuk berjualan secara online karena banyaknya orang yang lebih menyukai berbelanja secara online.

Terlebih lagi dengan berjualan secara online bisa mengehemat waktu dan menghemat biaya.

Persiapan untuk berjualan online hanyalah perlu menyiapkan produk yang dijual, tempat untuk packing produk, serta tempat untuk menyimpan produk.

Untuk selebihnya para pebisnis hanya perlu menyediakan modal dan modal kuota saja, setelah itu para pebisnis bisa langsung memulai jualan secara online.

Berjualan secara offline membuat para pebisnis harus mengeluarkan biaya yang banyak.

Untuk berjualan secara offline, para pebisnis harus menyewa tempat, merekrut karyawan, dan masih banyak lagi.

Berjualan secara offline tentunya sangat tidak disarankan bagi kamu yang baru pertama kali berjualan.

Buat kamu yang masih pemula lebih baik berjualan secara online saja.

Kamu bisa berjualan di beberapa media jualan online yang paling banyak digunakan oleh para penjual.

Untuk selengkapnya mengenai media jualan online tersebut, kamu bisa simak di pembahasan selanjutnya.

Baca Juga : Teknik Memasarkan Produk Ini Dijamin Naikin Omset Bisnis

Media Jualan Online yang Paling Sering Digunakan Orang

Jika kamu ingin berjualan secara online, maka kamu harus memerlukan media untuk tempat berjualan secara online.

Ada banyak media jualan online yang bisa kamu pilih dan kamu gunakan.

Tentunya beberapa media jualan online ini sering dan paling banyak digunakan oleh para pebisnis untuk menjual produk mereka.

Simak beberapa media berjualan yang sering digunakan banyak penjual untuk berjualan online.

1. E-Commerce

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan nama Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Bukalapak.

Kelima nama tersebut merupakan salah satu media berjualan secara online yang biasa disebut sebagai e-commerce.

E-commerce sendiri merupakan kegiatan transaksi menjual dan membeli dengan cara menggunakan elektronik melalui media internet.

Sekarang ini kebanyakan para pebisnis selalu menjual produknya melalui e-commerce karena sangat mudah untuk menggunakan berbagai fiturnya.

Selain itu, berjualan di e-commerce juga sangat aman daripada berjualan di media lainnya.

Jika pesananmu tidak sesuai, kamu bisa mengajukan refund.

Tidak hanya itu saja, berbelanja di e-commerce juga memiliki berbagai macam metode pembayaran yang mana mempermudah para pelanggan untuk membeli produkmu.

Mudahnya berbelanja di media jualan online tersebut membuat para pelanggan lebih sering berbelanja di e – commerce daripada di tempat lainnya.

Baca Juga : Jasa Landing Page Murah yang Dijamin Berkualitas

2. Blog

Mungkin kamu sedikit tidak percaya kalau situs blog bisa menjadi tempat berjualan secara online.

Blog sendiri memang dikenal sebagai tempat menulis keseharian ataupun menulis lainnya, jarang ada orang yang berjualan online melalui blog.

Namun kamu tidak boleh meragukan situs yang satu ini, melalui blog kamu bisa mempromosikan produk- produk yang kamu jual.

Kamu bisa menaruh katalog produkmu dan menyertakan nama toko onlinemu di katalog produkmu.

Selain itu, kamu juga bisa menaruh link produk di blog, dengan link tersebut para calon pelanggan nantinya bisa langsung menuju ke halaman produkmu.

Jika blogmu banyak pengunjung, maka semakin banyak produk yang terjual.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat blogmu ramai pengunjung yaitu dengan cara menggunakan SEO.

Cara SEO bisa membuat blogmu naik ke peringkat teratas di pencarian halaman seperti Google.

Hanya cara tersebutlah yang bisa membuat situs blogmu jadi ramai pengunjung.

3. Marketplace

Sekilas marketplace dan e-commerce hampir sama, yang membedakannya yaitu :

  • E-commerce merupakan tempat untuk bertransaksi secara online, dari penjual langsung ke pelanggan
  • Marketplace sebuah tempat penghubung antara penjual dan pembeli

Marketplace mempermudah kamu sebagai penjual untuk mempunyai toko online sendiri.

Tentunya untuk mempunyai toko online di marketplace tidak memerlukan biaya yang besar, kamu hanya cukup mendaftarkan bisnismu saja.

Buat kamu yang sudah ada toko offline dan ingin membuka toko online, malah sangat bagus.

Cara tersebut bisa memperluas jangkauan untuk mendapatkan pelanggan baru.

Selain itu, dengan menggunakan marketplace juga bisa melakukan promo serta menjual produk yang kamu miliki.

Baca Juga : Pengertian Digital Marketing dan Perannya Dalam Bisnis

4. Kaskus

Kaskus merupakan sosial media yang sekaligus juga merupakan marketplace untuk menjual dan membeli produk.

Mungkin kamu bertanya – tanya, mengapa Kaskus juga bisa menjadi marketplace sekaligus?

Jadi, jawabannya karena Kaskus memiliki sebuah forum yang mana bisa melakukan beli dan jual produk.

Forum tersebut ternyata sangat ampuh sekali untuk mendapatkan pelanggan baru, namun di Kaskus sendiri sering sekali terjadi penipuan.

Maka dari itulah mengapa sangat sulit untuk melakukan promosi di Kaskus karena rawan akan penipuan.

5. TikTok Shop

Mungkin kamu hanya tahu kalau TikTok merupakan aplikasi yang hanya menampilkan foto atau video saja.

Namun sekarang ini TikTok sudah menambah fitur terbaru merupakan yang bernama TikTok Shop yang bekerjasama dengan Tokopedia.

Tampilan dari TikTok Shop mirip seperti tampilan marketplace pada umumnya, hanya saja ada beberapa tambahan fitur terbaru seperti keranjang kuning, fitur live, dan lainnya.

Tentunya TikTok Shop ini sangat menguntungkan para pebisnis dalam berjualan, para pebisnis bisa melakukan promosi sekaligus berjualan.

Bisa dikatakan aplikasi TikTok ini merupakan media jualan online yang sangat praktis.

Baca Juga : Pentingnya Digital Marketing Organik untuk Bisnis Online

6. Instagram

Kata siapa sosial media seperti di Instagram tidak bisa berjualan?

Kamu bisa berjualan di Instagram, namun kamu hanya bisa melakukan promosi saja, selebihnya kamu bisa mengarahkan para calon pelanggan ke marketplace atau e-commerce.

Jika kamu tidak punya toko di marketplace atau e-commerce, maka kamu bisa langsung berjualan di Instagram.

Kamu bisa mengupload katalog produknya dan bertransaksi lewat via direct massage (DM).

Namun kamu perlu berhati – hati karena bertransaksi secara langsung melalui direct massage rawan akan penipuan.

Jadi sebisa mungkin untuk tetap teliti dan berhati – hati saat ingin berjualan di Instagram.

7. Facebook

Sama halnya dengan instagram tadi, kamu bisa mengupload katalog produkmu dan melakukan promosi langsung di facebook.

Untuk melakukan transaksi jual beli, kamu bisa menaruh link produk di caption atau memberi tahu nama toko online.

Berjualan di facebook juga harus berhati – hati karena juga rawan penipuan, disarankan hanya bertransaksi di marketplace atau e-commerce saja.

Itulah tadi beberapa media jualan online yang sering dan banyak digunakan oleh para penjual.

Biar penjualanmu makin lebih maksimal lagi penjualannya, maka kamu bisa menggunakan jasa iklan saja.

Dijamin dengan menggunakan jasa iklan bisa meningkatkan pendapatanmu naik berkali – kali lipat.

Kamu bisa menggunakan jasa iklan yang satu ini untuk mengiklankan bisnismu.

Penasaran sama penyedia jasa iklannya? Simak pembahasan berikut.

Baca Juga : Cara Memasarkan Produk Secara Online dengan Mudah!

Jasa Iklan Ini Bisa Maksimalkan Penjualan di Media Jualan Online

Biar jualanmu di media jualan online laku dipasaran, maka kamu bisa menggunakan jasa iklan dari Aidee Lab.

Jasa iklan dari Aidee Lab dijamin bisa meningkatkan pendapatan bisnismu jadi lebih meningkat lagi.

Penasaran sama keunggulan dan kelebihan apa saja yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan jasa iklan dari Aidee Lab?

Maka kamu bisa hubungi lebih lanjut nomor kontak yang tersedia di websitenya Aidee Lab sekarang juga!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.