Pentingnya Digital Marketing Restoran untuk Bisnis Kuliner
Masih banyak pebisnis kuliner yang masih tidak tahu apa itu digital marketing restoran.
Kenyataannya digital marketing restoran sangat ampuh digunakan untuk berbisnis kuliner di era digital sekarang ini.
Untuk kamu yang merupakan pebisnis kuliner dan belum tahu apa istilah tersebut, bisa simak pembahasan singkat ini.
Jadi, digital marketing restoran merupakan salah satu cara untuk mempromosikan bisnis kulinermu dengan cara digital.
Tentunya cara mempromosikannya sedikit berbeda dari cara promosi lainnya.
Buat kamu yang penasaran bagaimana caranya promosi bisnis kuliner dengan menggunakan jenis marketing tersebut.
Kamu bisa simak di pembahasan selanjutnya.
Baca Juga : Contoh Iklan Online Ini Berhasil Menarik Perhatian Banyak Orang!
Digital Marketing Restoran yang Jarang Diketahui Para Pebisnis Kuliner
Sekarang ini sudah banyak sekali bisnis kuliner yang bermunculan dimana – mana, tentunya hal tersebut membuat persaingan bisnis kuliner semakin ketat.
Biar bisnis kulinermu bisa bersaing di pasaran dan bisa lebih unggul, maka kamu bisa menggunakan cara digital marketing restoran.
Jenis marketing tersebut jarang digunakan oleh pebisnis kuliner, padahal jenis digital marketing restoran ampuh sekali untuk mempromosikan bisnis kuliner.
Buat kamu yang ingin mendapatkan pelanggan baru dan ingin bisnis kulinermu terkenal, maka kamu bisa simak caranya berikut ini.
Baca Juga : Agency Iklan Indonesia Hadir Membantu Para Pebisnis
1. Ambil Foto Sebagus Mungkin
Foto makanan atau minuman yang memiliki sajian menarik dan cantik pastinya akan berpeluang besar untuk dilirik oleh banyak orang.
Ditambah lagi dengan deskripsi penjelasan mengenai makanan atau minuman tersebut, pastinya banyak orang langsung tertarik untuk mencobanya.
Cara tersebutlah yang bisa kamu jadikan sebagai strategi marketing untuk menjalankan bisnis kuliner.
Perlu kamu ketahui, sekarang ini promosi word of mouth tidaklah berlaku lagi karena sebagian orang kurang percaya dengan review dari orang lain yang pernah mencoba kuliner tertentu.
Maka dari itulah, mengambil foto makanan atau minuman sebagus mungkin bisa meyakinkan banyak orang untuk mencoba kuliner tertentu.
Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat foto makanan atau minuman jadi terlihat lebih menarik untuk dicoba.
Simak tipsnya berikut :
- Menyajikan makanan atau minuman sebagus dan semenarik mungkin
- Cari pencahayaan yang bagus untuk mengambil foto makanan atau minuman
- Gunakanlah background yang memiliki warna netral
- Jika sudah menggunakan background yang berwarna netral, maka dekorasi lah background agar bisa disisipkan story
- Jangan lupa untuk mengatur komposisi warna
- Pilihlah sudut foto yang pas untuk mengambil foto makanan atau minuman
- Penataaan letak jangan sampai penuh, kalau bisa berikan sedikit ruang kosong
- Ambil foto makanan atau minuman yang memiliki sentuhan personal
- Jangan lupa untuk mengambil foto tempat restoran
Beberapa tips diatas tadi bisa kamu gunakan untuk mengambil foto makanan atau minuman agar tampilan fotonya bisa terlihat lebih menarik.
2. Upload Foto di Instagram
Setelah tadi kamu sudah mengambil foto makanan atau minuman, maka tahap selanjutnya kamu bisa mengupload foto tersebut melalui Instagram bisnis kulinermu.
Tidak hanya mengupload foto makanan dan minuman saja, kamu bisa mengupload berbagai macam konten.
Kamu bisa upload menu yang disajikan di retoranmu, proses pembuatan makanan atau minuman, atau acara yang sedang berlangsung di restoranmu.
Tidak hanya upload di feed Instagram saja, kamu juga bisa upload di Instagram stories atau reels.
Jangan lupa untuk mengupload konten di Instagram, kamu harus menyertakan caption semenarik mungkin.
Kamu bisa menggunakan teknik copywriting untuk membuat captionnya, sehingga orang – orang yang melihat kontennya bisa merasa tergerak untuk mencoba makanan atau minuman dari restoranmu.
Baca Juga : Iklan Digital yang Bisa Kamu Jadikan Ide Buat Iklanin Brand Kamu!
3. Membuat Listing Bisnis Restoran
Agar bisnis kulinermu bisa dijangkau oleh banyak orang, maka segeralah daftarkan restoranmu ke Google My Business dan Trip Advisor.
Perlu kamu tahu kalau banyak orang yang mencari restoran melalui Trip Advisor atau dari Google.
Maka dari itu, buat kamu yang punya bisnis kuliner bisa langsung daftarkan bisnis atau restoranmu ke Trips Advisor dan Google My Business.
Pastikan juga bisnis kulinermu muncul paling atas di halaman pencarian.
Untuk mendaftarkan bisnis kulinermu ke Google My Business terbilang mudah, berikut ini langkah daftarnya :
- Masuk ke dalam situs website My Google Business
- Isi informasi mengenai restoranmu seperti nama bisnisnya, alamat restoran, serta kategori bisnis kulinernya
- Jangan lupa untuk mengisi nomor telepon bisnis kulinermu serta alamat website
- Kirim permintaan verifikasi ke Google yang nantinya kamu dapatkan melalui email atau SMS
- Setelah mendapatkan verifikasi, maka lakukanlah verifikasi
Jika telah melakukan verifikasi Google, maka selanjutnya kamu bisa melengkapi informasi mengenai bisnis kulinermu.
4. Optimasi Menggunakan Cara SEO
Seperti di pembahasan sebelumnya, pastikan bisnis kulinermu berada di posisi paling atas di halaman pencarian agar bisa menjangkau audiens lebih banyak lagi.
Untuk bisa berada di posisi teratas, kamu perlu melakukan optimasi dengan cara SEO.
Kamu juga bisa optimasi website bisnis kulinermu dengan cara SEO agar bisnis kulinermu bisa semakin terkenal.
Kamu bisa melakukan beberapa cara SEO berikut ini untuk melakukan optimasi :
- Mencari kata kunci yang paling populer dan pastikan kata kunci tersebut relevan dengan bisnis kulinermu
- Jika sudah menemukan kata kunci yang sesuai dengan bisnis kulinermu, maka selanjutnya kamu bisa menggunakan kata kuncinya dengan cara menyisipkan kata kunci pada halaman depan website dan di landing page website bisnis kulinermu
- Jangan lupa untuk tetap terus membuat konten yang relevan dengan bisnis kulinermu
- Kamu bisa menerapkan prinsip storytelling agar kontenmu bisa menarik perhatian banyak orang
Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan yang Menurun dengan Cara ini!
5. Menawarkan Promo atau Diskon
Cara terakhir yang paling ampuh yaitu membuat promo atau diskon agar bisa menarik perhatian banyak orang.
Kebanyakan orang pastinya suka dengan adanya promo atau diskon.
Maka dari itu, buatlah promo atau diskon agar banyak orang bisa tertarik untuk datang ke restoranmu.
Ada beberapa ide promo yang bisa kamu gunakan, seperti :
- Kartu langganan
- Free satu produk setiap pembelian menu tertentu
- Free ongkir
- Paket makanan atau paket minuman
- Diskon
Itulah beberapa cara digital marketing restoran yang bisa kamu gunakan agar bisa menarik perhatian para audiens untuk mencoba makanan atau minuman yang ada di restoranmu.
Baca Juga : Teknik Memasarkan Produk Ini Dijamin Naikin Omset Bisnis
Pakai Jasa Ini untuk Jalankan Digital Marketing Restoran
Buat kamu yang perkembangan bisnis kulinernya stuck, kamu bisa menggunakan cara digital marketing restoran.
Kamu bisa menggunakan beberapa cara digital marketing restoran di atas tadi, kalau kamu kurang paham caranya. Maka kamu bisa menggunakan jasa digital marketing saja.
Salah satu yang bisa kamu pilih untuk mempromosikan bisnis kulinermu adalah Aidee Lab.
Sudah ada beberapa pebisnis kuliner yang pernah menggunakan jasa digital marketingnya Aidee Lab.
Hasilnya dari kerja tim Aidee Lab untuk meningkatkan pendapatan omset para klien sesuai dengan target yang sudah ditentukan sebelumnya.
Untuk lebih lanjutnya, kamu bisa langsung hubungi nomor kontak Aidee Lab yang tersedia di websitenya Aidee Lab sekarang juga.