fbpx

Cara Optimasi Media Sosial yang Benar

Biar akun media sosial kamu lebih maksimal lagi performanya, kamu bisa ikuti beberapa cara optimasi media sosial di pembahasan kali ini.

Cara optimasi media sosial cukup terbilang mudah untuk kamu lakukan sendiri, kamu juga bisa menggunakan bantuan dari jasa admin sosial media agar lebih maksimal lagi performa akun media sosialmu.

Perlu kamu ketahui, optimasi akun media sosial ini penting sekali kamu lakukan khususnya bagi kamu yang punya akun bisnis.

Sekarang ini sudah banyak para pebisnis yang menggunakan akun bisnis di media sosial untuk mempromosikan bisnis mereka.

Tentunya hal tersebut membuat persaingan bisnis semakin ketat di media sosial, maka dari itulah kamu perlu melakukan optimasi pada akun bisnis media sosialmu.

Buat kamu yang ingin tahu bagaimana cara optimasi media sosial yang benar, kamu bisa simak di pembahasan selanjutnya.

Baca Juga : Wajib Tau! Ini 10 Strategi Pemasaran Media Sosial Yang Ampuh

Optimasi Media Sosial Biar Performa Akun Bisnis Lebih Maksimal

Kalau kamu masih bingung apa itu optimasi media sosial, kamu bisa simak penjelasannya secara singkat di bawah ini.

Jadi optimasi media sosial merupakan salah satu cara untuk menganalisis, serta mencari tahu konten mana saja yang paling banyak engagementnya.

Tujuan dilakukannya pengoptimasian media sosial ini yaitu agar bisa meningkatkan visibilitas bisnismu, serta untuk meningkatkan brand awareness.

Visibilitas bisnis dan brand awareness yang meningkat bisa membuat bisnismu berpeluang besar untuk mendapatkan pendapatan yang lebih besar lagi.

Maka dari itulah alasannya mengapa penting sekali untuk melakukan optimasi media sosial pada akun bisnismu.

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan pada akun bisnis media sosialmu, diantaranya yaitu :

  • Buatlah nama akun media sosial semenarik dan seunik mungkin , serta yang mudah diingat banyak orang
  • Mengisi bio media sosial, kalau bisa isi juga link URL website bisnismu
  • Kalau bisa akun bisnis tidak boleh di privasi, kamu harus membiarkan akun bisnismu terbuka untuk publik
  • Sering melakukan aktivitas seperti berpromosi 

Selain harus memperhatikan beberapa hal di atas tadi, kamu juga perlu melakukan optimasi pada akun bisnis media sosialmu agar lebih maksimal lagi performanya.

Simak pembahasan berikut ini yang akan membahas mengenai cara optimasi media sosial.

Baca Juga : Cara Promosi di Media Sosial yang Benar dan Tepat

1. Melakukan Analisis Kompetitor

Penting sekali melakukan analisis kompetitor agar kamu tahu konten kompetitor mana yang paling bagus dan mendapatkan engagement yang tinggi.

Dari hasil analisis yang telah kamu lakukan, nantinya dari hasil analisis tersebut bisa kamu simpulkan konten seperti apa yang disukai oleh banyak audiens.

Melakukan analisis konten dari kompetitor juga bisa membuat kamu jadi tahu ciri khas konten yang dibuat oleh kompetitor.

2. Melakukan Analisis Audiens

Jika tadi sudah melakukan analisis konten dari para kompetitor, maka selanjutnya kamu bisa melakukan analisis audiens.

Kamu bisa tentukan target audiens yang akan kamu jangkau dengan cara menggunakan konten yang telah kamu buat.

Jangan lupa juga untuk menentukan media sosial dengan menyesuaikan target audiens yang sudah kamu tentukan.

Misalnya saja, kamu ingin menargetkan audiens yang berumur sekitar 17 sampai 20 tahun. 

Maka kamu bisa menggunakan media sosial Instagram atau TikTok, yang mana media sosial tersebut paling banyak digunakan oleh para usia remaja.

Dengan melakukan analisis kompetitor serta analisis audiens bisa mempermudah kamu untuk menjangkau audiens lebih mudah.

Selain itu, bisa membuat kamu berpeluang untuk mendapatkan pelanggan baru yang mana bisa meningkatkan pendapatan bisnismu.

Baca Juga : Tips Jual Online di Berbagai Media Sosial!

3. Membuat Strategi yang Efektif

Cara yang satu ini tidak boleh terlupakan, kamu harus membuat strategi yang efektif agar akun bisnis media sosialmu bisa lebih optimal.

Kamu bisa membuat strategi ini secara sendiri atau menggunakan bantuan dari penyedia jasa admin sosial media.

Kamu pastinya bertanya – tanya, mengapa akun bisnis sosial media perlu sekali dibuat strateginya.

Jadi perlu kamu ketahui kalau di dalam dunia bisnis sebuah tren selalu berubah – ubah, tentunya hal ini mengharuskan para pebisnis harus tetap up to date.

Selain harus up to date, para pebisnis juga perlu membuat strategi agar bisa bersaing dengan para kompetitor lainnya.

Ada beberapa strategi yang bisa kamu gunakan untuk optimasi media sosial pada akun bisnismu, berikut ini beberapa strategi tersebut : 

  • Menjalin hubungan yang harmonis dan melakukan pendekatan dengan para followers akun bisnis media sosialmu dengan cara membalas direct message (DM), kolom komentar, dan lainnya
  • Selalu up to date apa saja yang sedang viral, sehingga kamu bisa menggunakannya untuk konten yang akan kamu buat
  • Buatlah konten semenarik mungkin agar bisa membuat para pengikut akun bisnis media sosialmu menjadi tertarik sehingga tetap terus mengikuti akunmu

Sebelum kamu buat konten, perlu sekali membuat strategi konten yang tepat. Kamu bisa menentukan content pillar yang akan digunakan dalam konten.

Buatlah konten yang original, jangan pernah membuat konten yang menjiplak dari konten kompetitor lainnya.

Buatlah konten yang memiliki ciri khas tersendiri bagi bisnismu, adanya ciri khas bisa membuat para audiens atau pengikut akunmu bisa lebih mudah untuk mengingat bisnismu.

Untuk membuat strategi kontennya, kamu bisa menggunakan beberapa tools yang bisa mendukung kontenmu agar lebih maksimal.

Kamu bisa membuat hashtag khusus untuk bisnismu yang nantinya akan kamu gunakan tiap posting konten berbagai media sosial.

Serta buatlah strategi penjadwalan posting konten agar tidak berantakan jadwal postingnya.

4. Melakukan Riset Keyword

Untuk membuat konten yang menarik untuk akun bisnis sosial mediamu, kamu perlu melakukan riset kata kunci.

Selain melakukan riset kata kunci, kamu juga harus tahu hashtag serta topik yang sesuai dengan para audiens yang telah kamu tentukan sebelumnya.

Dari hasil riset kata kunci, kamu juga bisa jadi tahu kalimat apa yang akan kamu gunakan untuk digunakan saat membuat hashtag.

Hal ini tentunya juga bisa membuat bisnis kamu jadi berpeluang besar untuk mendapatkan pelanggan baru dan bisa meningkatkan pendapatan.

Baca Juga : Kupas Tentang Strategi Pemasaran Media Sosial

5. Melakukan Optimasi Pada Konten

Jika sebelumnya tadi kamu telah membuat strategi untuk konten yang akan kamu posting di akun bisnis media sosial.

Kamu bisa langsung lakukan optimasi konten yang sudah kamu buat dengan strategi.

Perlu kamu ketahui, kalau ada dua macam konten yang bisa kamu posting di akun bisnis media sosialmu, diantaranya yaitu : 

  • Curated content, jenis konten yang satu ini dibuat dengan cara dikumpulkan dan disusun serapi mungkin yang nantinya konten tersebut akan berisi mengenai informasi yang sesuai dengan bisnismu dari sumber lain
  • Content original Agar konten yang kamu buat bisa lebih maksimal lagi hasilnya, maka kamu bisa menggabungkan curated content dan content original menjadi satu.

6. Melakukan Optimasi Pada Akun Bisnis

Kalau sebelumnya kamu telah melakukan optimasi pada konten yang telah kamu buat, maka selanjutnya kamu bisa melakukan optimasi pada akun bisnismu.

Perlu kamu ketahui, kalau tampilan dari akun bisnis media sosialmu bisa mencerminkan bisnismu seperti apa lho.

Maka dari itu, penting banget untuk melakukan optimasi pada akun bisnis media sosialmu.

Kamu bisa memulai untuk membangun kesan pertama yang baik dengan cara membuat username akun yang relevan dengan bisnismu.

Selain itu, pilihlah foto yang akan digunakan sebagai foto profil akun bisnismu di media sosial. Jangan lupa untuk mengisi lengkap bio pada akun bisnis media sosialmu.

Jangan lupa juga untuk membuat konten welcoming yang eye catching, pastikan juga saat optimasi akun bisnismu selalu bersifat informatif ya.

7. Melakukan Monitoring Akun Bisnis

Jika akun bisnismu telah dioptimasi, maka tahapan terakhir yaitu rutin melakukan monitoring, hal ini penting sekali untuk kamu lakukan ya.

Melalui rutin monitoring, kamu jadi tahu berapa banyak yang nge-reach konten buatanmu.

Selain itu, kamu juga jadi tahu apakah traffic pada akun bisnismu bagus atau tidak, bagaimana engagement kontennya, dan lainnya.

Kamu bisa melakukan monitoring dengan cara mendapatkan data yang kamu dapatkan selama melakukan monitoring atau kamu bisa mendapatkannya dengan fitur yang disediakan oleh media sosial tertentu.

Selain itu, kamu juga menggunakan sosial media analytic dengan cara menggunakan code UTM di Google Analytic.

Baca Juga : Sosial Media Marketing: Mengulik Cara live tiktok Bagi Pemula

Optimasi Media Sosial dengan Jasa Admin Sosial Media

Buat kamu yang tidak punya waktu untuk melakukan optimasi media sosial pada akun bisnismu, maka kamu bisa menggunakan jasa saja.

Kamu bisa menggunakan jasa admin sosial media dari Aidee Lab buat optimasi media sosial yang sudah terjamin kualitasnya.

Tim Aidee Lab tentunya akan bekerja semaksimal mungkin untuk optimasi media sosial pada akun bisnismu, sehingga bisnismu dapat mengalami peningkatan yang stabil.

Untuk lebih lanjut, kamu bisa menghubungi langsung nomor kontak yang tersedia di websitenya Aidee Lab sekarang juga!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.