fbpx

Apa itu Digital Marketer? Apakah sama dengan Digital Marketing

Perkembangan teknologi di era sekarang ini sangat memberikan kemudahan bagi semua orang, tidak hanya itu saja dengan semakin majunya perkembangan teknologi memunculkan sebutan baru, yaitu digital marketer.

Mungkin kamu masih asing apa itu digital marketer?

Biar kamu tidak asing lagi dengan sebutan tersebut, kamu bisa simak pembahasan selanjutnya ya.

Pada pembahasan selanjutnya akan membahas tuntas mengenai sebutan digital marketer.

Untuk lebih lengkapnya, simak pembahasan selanjutnya!

Mengenal Lebih Dekat Menengai Digital Marketer

Perkembangan teknologi yang terus berkembang maju memberikan berbagai manfaat, khususnya kemudahan dalam menjalani aktivitas dan pekerjaan.

Termasuk juga membantu kegiatan pemasaran.

Dengan menggunakan teknologi sekarang ini, kamu bisa lebih mudah untuk menjangkau audiens secara lebih luas untuk memasarkan produk ataupun layananmu.

Kegiatan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital biasanya Anda kenal dengan sebutan digital marketing.  

Biasanya kegiatan pemasaran yang menggunakan teknologi digital disebut juga dengan digital marketing, sedangkan untuk sebutan bagi orang yang mengelolanya yaitu digital marketer.

Mungkin kamu masih belum mengenal apa itu digital marketer.

Untuk mengenal lebih dekat apa itu digital marketer, kamu bisa simak pembahasan selanjutnya ya.

Baca Juga : Terungkap! 8 Teknik Pemasaran Online Ini Bikin Bisnis Melesat

1. Mengenal Digital Marketer

Pemasaran digital atau biasa disebut dengan digital marketing merupakan hasil bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk memasarkan suatu produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis.

Digital marketing sendiri merupakan pemasaran yang menggunakan media digital atau teknologi untuk mempromosikan produk atau layanan.

Digital marketing sendiri melibatkan berbagai macam strategi pemasaran, seperti dengan melakukan pengoptimalan mesin pencarian (SEO), media sosial, email marketing, iklan online, dan lainnya.

Untuk menjalankan digital marketing harus membutuhkan digital marketer yang mana merupakan seseorang yang sudah ahli di bidang digital marketing.

Tugas dari digital marketer bertanggung jawab untuk melakukan branding produk, meningkatkan brand awareness, traffic website, serta meningkatkan visibilitas perusahaan.

Baca Juga : 9 Alasan Kamu Perlu Menggunakan Jasa Kelola Sosmed

2. Tujuan dari Digital Marketing

Digital marketing memiliki tujuannya tersendiri, setidaknya ada lima tujuan dari digital marketing.

Berikut ini beberapa tujuan dari digital marketing yang perlu kamu ketahui :

a. Awareness

Awareness masih berkaitan dengan meningkatkan kesadaran konsumen mengenai produk atau layanan tertentu. Berbagai macam kampanye pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan awareness.

Awareness ini sangatlah penting karena merupakan salah satu langkah yang bisa membangun minat serta kepercayaan konsumen terhadap produk atau layanan yang kamu tawarkan.

b. Engagement

Engagement merupakan interaksi dan keterlibatan pengguna dengan konten kampanye iklan bisnismu.

Tujuan dari engagement ini yaitu meningkatkan kesadaran merek, memperkuat hubungan antar pelanggan, serta mempengaruhi pelanggan untuk melakukan tindakan seperti melakukan pembelian.

c. Branding

Branding merupakan proses untuk mengembangkan identitas brand agar lebih kuat dan bisa dikenal banyak orang.

Kamu bisa membuat logo, warna official, dan elemen lainnya untuk membuat branding bisnismu.

Tujuan dari branding ini yaitu untuk meningkatkan citra serta review yang positif dari para pelanggan dan bisa membuat para pelanggan bisa menjadi setia untuk menggunakan produk sekaligus meningkatkan penjualan produk.

d. Database Market

Database market merupakan teknik pemasaran yang melibatkan penggunaan data para pelanggan untuk memahami perilaku serta preferensi para pelanggan untuk mengembangkan strategi pemasaran agar lebih terukur.

Data para pelanggan yang telah dikumpulkan nantinya akan di analisis, serta lebih mudah untuk mengirim pesan pemasaran.

e. Analisis Digital

Untuk menganalisis digital memerlukan penggunaan data serta informasi digital agar bisa memahami perilaku para pengguna serta performa iklan pemasaran digital.

Melakukan analisis digital ini perlu sekali mengumpulkan, memproses, serta melakukan analisis data secara digital agar bisa memberikan wawasan serta informasi yang bisa membuat kampanye iklan lebih efektif.

Salah satu alat analisis digital yang biasa digunakan yaitu Google Analytics, di platform tersebut kamu bisa mengumpulkan data para pengunjung website dan bisa melakukan analisis.

Perlu kamu ketahui, digital marketing melibatkan banyak hal bidang. Untuk gaji para digital marketer tentunya sangat bervariasi, hal tersebut tergantung dari pengalaman kerja, lokasi, dan lainnya.

Namun perlu kamu ketahui juga, untuk gaji seorang digital markter lebih tinggi daripada gaji pekerja di bidang industri dan komunikasi.

Rata – rata untuk gaji digital marketer di Indonesia biasanya sekitar Rp. 6.000.000 sampai Rp. 25.000.000.

Baca Juga : 10 Tips Memilih Agency Digital Marketing, Cek Faktanya!

3. Cara Menjadi Seorang Digital Marketer

Buat kamu yang tertarik untuk bekerja sebagai digital marketer, maka kamu bisa simak beberapa caranya berikut ini :

a. Menguasai Teknik Dasar Digital Marketing

Cara yang pertama yaitu kamu perlu menguasai berbagai teknik dasar di bidang digital marketing, misalnya seperti SEM, SEO, Google Analytics, sosial media marketing, dan sosial media advertising.

b. Menguasai Tools Digital Marketing

Ada beberapa tools yang perlu kamu kuasai untuk menjadi seorang digital markter, diantaranya yaitu :

  • Google Analytics, berfungsi untuk memberikan berbagai data statistik pengunjung website
  • Google Ads, berfungsi sebagai tracking serta memonitoring iklan yang sudah diiklankan
  • Ahrefs, berfungsi untuk mengoptimasi konten website biar berada di halaman pertama Google seperti SERP
  • Moz, berfungsi sebagai tool SEO yang juga berguna meningkatkan visibilitas website di search engine
  • Buffer, berfungsi untuk mempermudah mengelola berbagai akun sosial media
  • Hubspot, berfungsi sebagai software CRM yang menyimpan berbagai data dan informasi dari customer
  • Canva, berfungsi untuk mengerjakan berbagai desain seperti feed Instagram, poster, dan lainnya

c. Mengikuti Kursus dan Bootcamp

Mengikuti kursus dan bootcamp ternyata bisa mengasah skill kamu untuk menjadi seorang digital marketer.

Di kursus dan bootcamp memberikan berbagai macam materi yang mana kamu juga harus mengerjakan study case yang bisa kamu lampirkan di portofolio untuk melamar kerja.

Kalau kamu mengikuti kursus dan bootcam juga akan mendapatkan sertifikat yang membuktikan kamu kalau sudah mengikuti kursus dan bootcamp digital marketing.

d. Memilih Bidang Digital Marketing

Di bidang digital marketing terdapat banyak bidang yang bisa kamu pilih, diantaranya yaitu :

  • SEO Specialist berfokus pada peningkatan website perusahaan agar bisa memperoleh ranking teratas di halaman pencarian
  • SEM Specialist berfokus untuk meningkatkan aktivitas marketing di halaman pencarian dengan menggunakan iklan berbayar
  • Customer Relationship Management (CRM) Specialist berfokus menggunakan berbagai macam tools yang digunakan untuk mempertahankan dan mencari pelanggan baru
  • Data Analis berfokus untuk melakukan riset dan analisis guna kepentingan marketing untuk mengembangkan suatu produk
  • Sosial Media Spesialis berfokus untuk mengoperasikan sosial media agar menjadi media melakukan marketing dan bisa dikunjungi banyak pelanggan

e. Memperluas Jaringan

Bergabung dengan kelompok digital marketing atau berpartisipasi dengan forum online bisa membantu kamu untuk membangun koneksi dan bisa mempelajari mengenai industri secara online.

Baca Juga : 8 Cara Menggunakan Jasa Pasang Iklan, Yuk Kepoin !

4. Hal yang Perlu Dilakukan Digital Marketer

Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum menjadi seorang digital marketer, berikut ini beberapa hal tersebut :

  • Memahami target audiens, sebelum membuat kampanye iklan ada baiknya kamu harus paham siapa target audiens serta memahami apa yang dibutuhkan audiens
  • Menganalisis kompetitor, kamu bisa menganalisis kompetitor dengan cara melakukan identifikasi kompetitor, melakukan analisis SWOT, meninjau strategi pemasaran dan harga, meninjau produk atau layanan, meninjau reputasi brand, serta membuat perencanaan
  • Menentukan tujuan, kamu harus menentukan tujuan yang jelas dengan spesifik agar kampanye iklan yang dibuat bisa lebih optimal
  • Membuat strategi pemasaran, jika sudah menentukan tujuan dan target maka kamu bisa langsung membuat strategi pemasaran yang tepat agar bisa mencapai tujuan pemasaran
  • Memonitoring dan menganalisis, jika sudah meluncurkan kampanye iklan maka tahap selanjutnya kamu harus melakukan monitoring dan menganalisis secara rutin agar bisa tahu iklanmu berjalan dengan bagus atau tidak
  • Berinteraksi dengan audiens, sebagai seorang digital marketer penting sekali untuk melakukan interaksi dengan audiens melalui sosial media, email, dan berbagai platform lainnya sehingga bisa membangun hubungan antar audiens

Baca Juga : Ketahui 7 Manfaat Jasa Social Media Management !

Cara Mudah Jadi Digital Marketer

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang digital marketer yang handal.

Kamu bisa mengasah skill digital marketer dengan mengikuti beberapa cara tersebut tadi.

Buat kamu yang berminat ingin menggunakan jasa digital marketing, kamu bisa gunakan jasa dari Aidee Lab saja!

For more info, kamu bisa hubungi langsung nomor kontak yang tersedia di websitenya ya.

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.