fbpx

Cara Agar Jualan Laris, Apakah Harus Melihat Trend Pasar?

Punya usaha jualan yang laris setiap hari merupakan keinginan setiap pebisnis, hanya saja bagaimana cara agar jualan laris setiap harinya?

Untuk membuat jualan jadi laris manis tiap harinya, ada beberapa cara agar jualan laris manis.

Apalagi dalam beberapa tahun terakhir, transaksi melalui jualan online terus meningkat.

Untuk lebih lengkapnya cara agar jualan laris manis, kamu bisa simak pembahasan selanjutnya.

Hal tersebut dapat memberikan gambaran kepada Anda untuk menentukan jenis produk yang bisa dijual dan laris setiap harinya. 

Dengan mengikuti beberapa cara berikut ini, dijamin bisa membuat jualanmu jadi laris manis tiap harinya.

Simak lebih lengkap cara agar jualanmu laris manis di pembahasan berikut ini!

Baca Juga : Agency Iklan Indonesia Hadir Membantu Para Pebisnis

Cara Agar Jualan Laris Manis Setiap Hari!

Ketika berjualan pastinya para pebisnis menginginkan jualannya bisa laris setiap harinya.

Namun masih banyak pebisnis yang beranggapan kalau berjualan selalu habis tiap harinya merupakan hal yang mustahil.

Padahal para pebisnis bisa menggunakan beberapa cara berikut ini.

Simak cara agar jualan laris ini biar jualanmu tetap laris manis tiap hari!

1. Faktor yang Membuat Penjualan Tidak Lancar

Mungkin selama ini kamu bertanya – tanya, mengapa penjualanmu tidak berkembang sama sekali.

Padahal sudah menggunakan beberapa cara agar jualan laris.

Ternyata hal tersebut ada faktor yang mempengaruhinya lho!

Berikut ini beberapa faktor internal dan faktor eksternal yang bisa menyebabkan penjualanmu tidak berjalan lancar :

a. Faktor Internal

Ada beberapa faktor internal yang bisa menyebabkan penjualanmu tidak berjalan lancar, berikut ini beberapa faktornya :

  • Produk yang kurang berkualitas, kemasan yang kurang menarik, dan harga produk yang tidak sebanding dengan kualitasnya bisa menyebabkan penjualanmu tidak lancar
  • Karyawan yang menjual dan mempromosikan produk juga bisa mempengaruhi penjualan produkmu. Jika karyawan yang menjual dan mempromosikan produkmu bermalas – malasan, bisa menyebabkan penjualanmu tidak berjalan lancar
  • Penting sekali melakukan riset dan mengembangkan produkmu agar bisa terus berinovasi. Jika tidak melakukan riset, yang ada nantinya produkmu tidak bisa bersaing di pasaran
  • Berjualan kalau tidak membuat strategi dan perencanaan yang ada nantinya bisa membuat penjualanmu tidak berjalan lancar

b. Faktor Eksternal

Selain ada faktor internal yang bisa menyebabkan penjualan tidak berjalan lancar, ada juga faktor eksternal yang menyebabkan penjualan tidak berjalan lancar.

Berikut ini faktor eksternal yang bisa menyebaban penjualanmu tidak berjalan lancar :

  • Pelanggan merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam penjualan produkmu, maka dari itu kamu harus menyesuaikan produkmu sesuai dengan preferensi, perilaku, serta kebutuhan pelanggan
  • Persaingan antar kompetitor juga bisa mempengaruhi penjualanmu, jika kamu tidak mampu bersaing dengan para kompetitor, maka bisnismu bisa gulung tikar
  • Faktor ekonomi sangat berpengaruh pada penjualanmu, terlebih lagi kalau sudah memasuki inflasi. Hal tersebut mempengaruhi daya beli pelanggan
  • Ternyata kondisi politik dan hukum yang tidak stabil bisa menghambat perkembangan bisnis dan pemasaran produk
  • Perubahan dan perkembangan teknologi ternyata sangat mempengaruhi penjualan, kamu harus mengikuti cara pemasaran yang berlaku di era sekarang ini

Baca Juga : Jenis Digital Marketing yang Perlu Kamu Pahami!

2. Contoh Kategori Produk yang Laris di Pasaran

Kalau kamu mau memulai berbisnis dan ingin bisnismu bisa tetap terus laris manis, maka kamu bisa membuka usaha berikut ini!

Usaha berikut ini telah terbukti bisa membuat cara agar jualan laris manis.

a. Produk Kesehatan dan Kecantikan

Kamu bisa membuka usaha dengan menjual produk kesehatan dan kecantikan seperti suplemen, vitamin, kosmetik, serta perawatan kulit.

Produk – produk tersebut dijamin laris manis setiap harinya karena semakin banyak orang yang mulai memperhatikan kesehatan dan kecantikan.

b.  Produk Teknologi

Produk teknologi seperti smartphone, tablet, laptop, serta aksesoris elektronik lainnya selalu diminati banyak orang.

Terlebih lagi bagi para pekerja yang bekerja di bidang teknologi dan bidang media sosial.

c. Produk Fashion

Produk fashion seperti pakaian, tas, sepatu, serta aksesoris fashion lainnya selalu menjadi tren dan selalu diminati banyak orang.

d. Produk Makanan dan Minuman

Produk makanan dan minuman seperti makanan organik, makanan ringan yang sehat, minumahan herbal, serta minuman berenergi sangat populer di pasaran.

Hal ini dikarenakan orang – orang sudah memulai gaya hidup yang sehat.

e. Produk Hobi

Produk hobi seperti peralatan musik, alat fotografi, serta alat – alat olahraga sangat diminati banyak orang yang memiliki hobi dan minat khusus di bidang tersebut.

Baca Juga : Contoh Iklan Online Ini Berhasil Menarik Perhatian Banyak Orang!

3. Beberapa Cara Agar Jualan Laris

Ada beberapa cara agar penjualanmu bisa jadi laris manis setiap hari di pasaran. Penasaran bagaimana caranya? Simak pembahasannya berikut ini!

a. Memahami Target Pasar

Sebelum memulai penjualan, kamu perlu sekali memahami target pasar serta kebutuhan para pelanggan.

Jika telah memahami target pasar, kamu bisa menyesuaikan strategi penjualanmu agar lebih efektif dan bisa menarik perhatian pelanggan.

b. Membuat Citra Brand Lebih Menarik

Membuat citra brand lebih menarik bisa membuat brandmu jadi terlihat berbeda dari para kompetitor.

Kamu bisa membuat citra brandmu sendiri seperti logo, slogan, dan membuat desain yang lebih menarik.

c. Menentukan Strategi Pemasaran

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan memasarkan produkmu. Mulai dari beriklan di media sosial samapi mempromosikan produk melalui influencer.

Pilihlah strategi yang sesuai dengan target pasarmu dengan menyesuaikan biaya anggaran yang tersedia.

d. Menjaga Kualitas Produk

Kualitas produk sangatlah penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Maka dari itu, pastikanlah produkmu selalu berkualitas serta memenuhi standar yang diharapkan.

e. Memberikan Pelayanan yang Terbaik

Para pelanggan sangat merasa senang kalau mereka mendapatkan pelayanan yang terbaik dari kamu.

Maka dari itulah, berikan pelayanan yang terbaik dan responsif kepada pelanggan.

f. Melakukan Survey Pelangan

Melakukan survey bisa membantu kamu untuk memahami kebutuhan serta keinginan para pelanggan. Cara tersebut bisa meningkatkan kualitas produk serta pelanyananmu.

g. Terus Berinovatif

Terakhir yaitu tetaplah terus berinovatif untuk mengembangkan produkmu dan lakukanlah strategi pemasaran, dengan begitu kamu bisa menarik minat para pelanggan dan kamu bisa bersaing dengan para kompetitor.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti agar penjualanmu bisa laris manis dan bisa lebih unggul di pasaran.

Baca Juga : Contoh Influencer yang Bisa Bantu Brand Kamu Makin Terkenal

4. Penyebab Produk Tidak Laris

Bingung mengapa penjualan produkmu tidak laku – laku juga? Padahal sudah melakukan segala cara agar jualan laris.

Simak penyebabnya berikut ini!

a. Tidak Sesuai dengan Kebutuhan Pasar

Produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan pasar, maka tidak akan bisa laris terjual.

Maka dari itu, sebelum memproduksi produk pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu agar bisa memahami kebutuhan pasar.

b. Harga yang Tidak Sesuai

Harga produk yang terlalu mahal ataupun terlalu rendah ternyata bisa membuat produk tidak laku di pasaran lho.

Jika harga produk terlalu mahal, yang ada nantinya para pelanggan mencari harga produk yang lebih murah.

Namun kalau harganya terlalu murah, para pelanggan akan meragukan kualitas produk yang kamu jual.

c. Kualitas Produk Kurang Bagus

Kualitas produk yang kurang bagus bisa membuat para pelanggan jadi kecewa, yang mana nantinya mereka tidak mau lagi membeli produk yang kamu jual.

Hal tersebut juga bisa berdampak pada reputasi merek yang dinilai buruk di mata para pelanggan.

d. Promosi yang Kurang Efektif

Kalau promosimu kurang efektif, yang ada nantinya para pelanggan tidak mengetahui produk yang kamu jual.

Maka dari itu, promosikanlah produk seefektif mungkin agar bisa meningkatkan brand awareness bagi produkmu.

e. Persaingan yang Ketat

Persaingan yang ketat membuat produkmu menjadi sulit untuk laku di pasaran. Para kompetitor yang lebih unggul bisa menarik minat pelanggan dan membuat pelanggan lebih memilih produk dari para kompetitor.

f. Tren Pasar yang Terus Berubah

Tren pasar yang terus berubah bisa membuat barang yang tadinya laris manis di pasaran bisa berakhir jadi tidak laris.

Maka dari itulah mengapa penting sekali untuk melakukan inovasi agar bisa mengikuti perkembangan pasar.

Jika yang kamu jual hanya produk itu – itu saja, yang ada nantinya pelanggan beralih menggunakan produk yang sesuai dengan tren pasar.

Baca Juga : Menentukan Target Market Agar Tepat Sasarannya

Cara Agar Jualan Laris dengan Cara Ini!

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi penjualanmu tidak laris di pasaran, maka dari itu penting sekali untuk memperhatikan kembali beberapa cara agar jualan laris di pembahasan awal tadi.

Kalau kamu ingin penjualanmu bisa laris manis di pasaran, maka kamu bisa menggunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab yang terjamin ampuh!

Lebih lanjut, kamu bisa menghubungi nomor kontak yang tersedia di website Aidee Lab ya!

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.