fbpx

Cara Promosi Makanan di Sosial Media

Saat menjalankan bisnis tentunya penting sekali untuk melakukan promosi, hal tersebut berlaku juga bagi kamu yang punya bisnis makanan. Penting sekali mengetahui cara promosi makanan!

Ada berbagai cara promosi makanan yang bisa kamu lakukan agar bisa laku di pasaran, salah satu caranya yaitu dengan mempromosikannya melalui sosial media.

Seperti yang kamu ketahui kalau sosial media memiliki efek yang sangat luar biasa bagi bidang perbisnisan. 

Sebenarnya tidak hanya bidang bisnis saja yang ikut berdampak, segala macam bidang bisnis pun juga ikutan berdampak.

Makanya sekarang ini para pebisnis lebih berfokus untuk berjualan ataupun promosi bisnisnya melalui sosial media.

Hal tersebut tentunya memiliki alasan tersendiri, diantaranya yaitu kebanyakan orang sekarang ini lebih suka menggunakan sosial media yang tentunya para pebisnis juga harus menggunakan sosial media jika ingin mendapatkan pelanggan.

Alasan lainnya yaitu sosial media merupakan media yang cepat sekali ‘viral’ jika ada sesuatu yang menarik perhatian audiens.

Jadi walaupun kamu hanya membuka bisnis makanan saja tetap bisa laris manis di pasaran kalau mempromosikannya melalui sosial media.

Baca Juga : Cara Promosi Klinik Kecantikan Dijamin Berhasil!

Cara Promosi Makana
Ilustrasi Pebisnis Makanan yang Promosi di Sosmed | Sumber : Freepik

Namun menggunakan sosial media sebagai media promosi bisnis makanan tidaklah semudah itu, kamu harus tahu cara promosi makanan yang tepat sehingga bisnis makananmu bisa ‘viral’ di sosial media.

Kalau sudah viral, otomatis bisnis makananmu bakalan banyak yang order dan berpeluang besar bisa laris manis di pasaran.

Jadi buat kamu yang sedang menjalankan bisnis makanan, kamu bisa ikuti beberapa cara promosi makanan di sosial media berikut ini agar bisnismu bisa berjalan dengan lancar!

Cara Promosi Makanan di Sosial Media yang Tepat

Ya, seperti yang kamu tahu kalau bisnis makanan sangat banyak saingannya. Bisa saja satu jenis makanan, yang menjual makanan tersebut bisa sampai puluhan pebisnis.

Hal tersebut tentunya merupakan sebuah tantangan bagi para pebisnis makanan, yang mana harus bisa bersaing dengan kompetitor lainnya. 

Untuk bisa bersaing dengan kompetitor lainnya, kamu perlu sekali menggunakan berbagai macam ‘taktik’ agar bisnis makananmu bisa lebih terkenal dibandingkan dengan bisnis makanan lainnya.

Salah satu ‘taktik’ yang bisa kamu gunakan yaitu dengan cara promosi makanan!

Cara Promosi Makanan
Ilustrasi Pebinis Makanan yang Sedang Promosi di Sosmed | Sumber : alisaa/Freepik

Seperti yang kamu tahu kalau promosi merupakan ‘senjata’ utama bagi para pebisnis untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi.

Namun untuk melakukan promosi ada cara khususnya, tidak bisa asal promosi saja. Kalau asal promosi yang ada nantinya bisnis jadi rugi lho!

Buat kamu yang punya bisnis makanan dan ingin tahu bagaimana cara promosi makanan, kamu bisa simak pembahasan berikut ini ya.

Cara promosi makanan ini sudah sering digunakan oleh pebisnis makanan lainnya, dan sudah terbukti berhasil sehingga kamu tidak perlu lagi ragu untuk menggunakan cara promosinya.

Simak lebih lengkap cara promosi makanan berikut ini!

Baca Juga : Cara Endorse Influencer untuk Mempromosikan Brand

1. Membuat Konten yang Menarik

Seperti yang kamu tahu kalau sosial media lebih cocok jika kontennya berupa visual seperti foto ataupun video.

Namun untuk membuat konten bisnis makanan, lebih disarankan menggunakan konten berupa foto saja.

Perlu diingat juga, untuk pengambilan gambar fotonya tidak boleh asal – asalan! Ada teknik pengambilan foto makanan agar hasilnya lebih menarik sehingga orang yang melihatnya akan tergiur dengan makanan tersebut.

Untuk teknik pengambilan foto gambar yang tepat yaitu menggunakan pencahayaan yang tepat, menggunakan latar belakang yang bisa berfokus pada makanannya, serta menggunakan color grading yang sesuai dengan warna makanannya.

Jangan lupa juga untuk mengambil fotonya melalui berbagai sudut pandang, termasuk juga pengambilan gambar yang lebih detail sehingga terlihat tekstur makanannya.

Dengan menggunakan teknik tersebut bisa dijamin bakalan membuat orang – orang yang melihatnya jadi tergiur dan segera ingin mencoba makanan tersebut.

Kalau kamu memiliki kendala untuk mengambil foto makanan, atau tidak mengerti cara menggunakan teknik tersebut maka kamu bisa menggunakan jasa foto saja!

Kamu bisa menggunakan jasa foto dari Aidee Lab yang tentunya lebih paham dalam pengambilan foto makanan, sehingga hasilnya lebih maksimal.

Baca Juga : Catat ! 6 Tips Jitu Ini Untuk Promosi Akun IG yang Efektif

2. Membuat Deskripsi Konten

Membuat konten yang menarik saja tidak cukup untuk menarik perhatian para audiens, maka dari itu kamu perlu membuat deskripsi konten yang telah dibuat.

Buatlah deskripsi konten yang bisa ‘memancing’ para audiens untuk mencoba makanan yang kamu jual. Contoh deskripsinya seperti ini : 

Daging yang lembut serta rasa gurih dari saus BBQ dijamin bisa buat ketagihan

Tidak hanya membuat deskripsi singkat saja, kamu juga bisa menjelaskan kalau makanan tersebut bisa dimakan kapanpun, misalnya ketika sedang berkumpul dengan keluarga besar maupun bersama teman – teman.

Jangan lupa juga untuk menggunakan kalimat yang mendeskripsikan aroma, makanan, serta penampilan dari makanan tersebut. Sehingga ketika orang – orang yang membacanya bisa membayangkan seperti apa rasa makanannya.

Sertakan juga informasi mengenai bahan – bahan baku yang digunakan untuk membuat makanan tersebut, sehingga orang – orang jadi bisa tahu kalau bahan baku yang digunakan memang fresh dan berkualitas.

3. Branding Bisnis Makanan Melalui Kemasan

Jika ingin membranding bisnis makanan paling tepat melalui kemasannya. Dengan kemasan yang menarik bisa membuat bisnis makanan jadi terlihat berbeda dengan para kompetitor.

Tidak hanya itu saja, dengan membuat kemasan yang menarik bisa membuat banyak orang jadi lebih mudah mengenal bisnis makananmu. Tentunya mereka akan selalu teringat – ingat dengan bisnis makananmu.

Usahakan untuk membranding bisnis makanan melalui kemasan mencakup seperti identitas bisnis makanannya (logo serta warna ciri khas).

Tidak lupa juga untuk menggunakan kemasan yang memiliki desain sederhana namun tetap terlihat aesthetic dan mencolok, sehingga ketika orang – orang melihatnya bisa langsung tertuju dengan kemasan makananmu.

Buat kamu yang ingin membranding bisnis makanan namun bingung mau mulai darimana, maka kamu bisa menggunakan jasa brand identity dari Aidee Lab saja.

Tim Aidee Lab tentunya akan membantu membranding bisnis makananmu agar lebih bagus hasilnya, tentunya Aidee Lab memiliki tim yang sudah ahli dalam melakukan branding berbagai macam bisnis. Salah satunya bisnis makanan.

Baca Juga : Tren Promosi di TikTok, Ketahui Tips Ini Sebelum Mencobanya !

4. Menggunakan Sosial Media

Sesuai dengan judul artikel ini yang mana untuk mempromosikan bisnis makanan perlu sekali menggunakan sosial media.

Lagian tidak sah rasanya jika berbisnis tidak mempromosikan bisnis melalui sosial media, yang ada malah jadi rugi karena tidak kunjung mendapatkan pelanggan.

Untuk mempromosikan bisnis makanan melalui sosial media juga ada beberapa caranya tersendiri, berikut ini beberapa caranya : 

  • Menampilkan konten berupa foto ataupun video yang bisa menarik perhatian banyak orang
  • Buatlah desain sosial media semenarik mungkin namun tetap sesuai dengan bisnis makananmu
  • Sebisa mungkin untuk berinteraksi dengan audiens
  • Kalau bisa adakan giveaway ataupun quiz
  • Jangan lupa untuk menggunakan fitur seperti live streaming dan fitur lainnya

Nah, kalau kamu tidak memiliki waktu untuk menggunakan sosial media, maka kamu bisa menggunakan jasa admin sosial media dari Aidee Lab saja!

Aidee Lab memiliki tim sosmed yang tentunya sudah berpengalaman dalam mengelola sosial media.

5. Memasang Iklan di Sosial Media

Cara promosi makanan ini merupakan cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan bisnis makananmu di sosial media. Cara yang dimaksud yaitu memasang iklan.

Untuk memasang iklan tentunya kamu harus mengeluarkan biaya, namun tenang saja karena biaya yang kamu keluarkan sepadan dengan hasil yang akan kamu dapatkan.

Melalui iklan, kamu juga harus bisa menargetkan iklan sesuai dengan target audiens ya. Hal tersebut dilakukan agar promosi bisnis makananmu bisa langsung sampai ke target audiens yang telah kamu tentukan.

Buat kamu yang berminat ingin beriklan di sosial media, kamu bisa menggunakan jasa iklan berikut ini!

Baca Juga : Cara Promosi Secara Online yang Benar Biar Tidak Salah!

Cara Promosi Makanan yang Dijamin Ampuh Buat Laris Manis

Bagi kamu yang ingin tahu cara promosi makanan, kamu bisa lho menggunakan beberapa fitur yang telah disediakan oleh berbagai sosial media.

Misalnya di Instagram ada fitur yang namanya Instagram Ads, begitu juga di Facebook ada juga Facebook Ads.

Kalaupun kamu mau menggunakan kedua fitur tersebut bisa banget lho! Kamu bisa menggunakan jasa meta ads.

Bagi kamu yang ingin menggunakan jasa meta ads, kamu bisa banget menggunakan jasa meta ads dari Aidee Lab.

Untuk biaya jasanya tidak terlalu mahal kok, malah biayanya bisa menyesuaikan dengan budget yang kamu punya.

Selain menyediakan jasa meta ads, Aidee Lab juga menyediakan jasa iklan online dan jasa digital marketing lho!

Untuk lebih lengkapnya mengenai jasa – jasa dari Aidee Lab, kamu bisa langsung hubungi tim Aidee Lab sekarang juga ya.

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.