Strategi Memasarkan Produk Food and Beverage yang Tepat
Sebelum memulai berbisnis ada baiknya menentukan strategi memasarkan produk terlebih dahulu.
Dengan menentukan strategi bisa mempermudah kamu untuk memasarkan produk yang akan kamu pasarkan.
Perlu kamu ketahui kalau memasarkan produk tidaklah semudah yang dibayangkan. Butuh banyak proses untuk memasarkan sebuah produk.
Terlebih lagi kalau produknya sudah banyak di pasaran, tentunya kamu selaku pebisnis harus memutar otak bagaimana caranya produk yang akan kamu pasarkan bisa berhasil bersaing dengan produk kompetitor lainnya.
Tidak hanya itu saja, kamu juga harus cari tahu gimana caranya produk tersebut bisa dikenal oleh banyak orang, menarik perhatian, sampai orang – orang membeli produk yang kamu pasarkan.
Gimana? Masih menganggap kalau memasarkan produk terbilang mudah?
Namun tenang saja, semua tantangan dalam berbisnis tersebut ada solusinya.
Solusinya adalah dengan menentukan strategi memasarkan produk! Solusi yang satu ini merupakan hal yang biasa dan malah harus dilakukan oleh pebisnis sebelum melakukan pemasaran.
Hanya saja tiap strategi memasarkan produk ini bisa berbeda – beda strateginya karena harus menyesuaikan produk yang akan dipasarkan.
Bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis FnB dan bingung bagaimana caranya menentukan strategi pemasaran untuk produk Food and Beverage, maka kamu bisa simak pembahasan selanjutnya ya!
Baca Juga : 7 Strategi Pemasaran Produk Skincare
Cara Ampuh Menentukan Strategi Memasarkan Produk Food and Beverage
Setiap jenis bisnis tentunya perlu sekali melakukan pemasaran produk, hanya saja untuk memasarkan produk harus ada strategi khusus.
Adanya strategi memasarkan produk tidak hanya mempermudah kamu saat memasarkan produk saja.
Banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan jika betul – betul menentukan strateginya.
Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan strategi memasarkan produk yaitu produk yang dipasarkan bisa terjual laris dengan cepat, sehingga bisa mendapatkan omset dua kali lipat!
Pastinya kamu berpikir kalau mendapatkan omset dua kali lipat sepertinya mustahil, namun dengan adanya strategi pemasaran yang tepat sepertinya hal tersebut tidak akan mustahil lagi bagimu.
Kalau kamu tidak percaya, maka kamu bisa coba strategi memasarkan produk berikut ini.
Strategi pemasaran produk ini dikhususkan bagi kamu yang punya bisnis Food and Beverage ya.
Seperti yang kamu tahu kalau bisnis Food and Beverage sangat banyak kompetitornya, maka dari itu pastikan kamu harus menentukan strategi yang tepat untuk memasarkan produk Food and Beverage yang kamu punya.
Simak beberapa strategi memasarkan produk FnB secara lengkap di pembahasan berikut ini!
Baca Juga : Strategi Pemasaran UMKM yang Efektif
1. Membangun Citra Brand
Strategi pertama yang harus dilakukan yaitu membangun citra brand agar produk Food and Beverage yang kamu pasarkan bisa meninggalkan kesan yang bagus bagi audiens.
Ada beberapa cara yang perlu kamu lakukan sebelum membangun citra brand, diantaranya yaitu :
- Menentukan terlebih dahulu target audiensnya
- Mempersiapkan sumber daya, mulai dari sumber daya manusia sampai sumber keuangan
- Tentukan target pasarnya, apakah kamu hanya ingin menargetkannya sebagian atau secara keseluruhan
Jika sudah ditentukan semuanya, maka kamu bisa langsung membangun citra brand dari produk Food and Beverage yang kamu miliki.
2. Mendesain Kemasan Produk
Membuat desain kemasan produk merupakan salah satu strategi memasarkan produk khusus untuk Food and Beverage.
Biasanya para pebisnis Food and Beverage akan berlomba – lomba membuat kemasan produk yang unik dan semenarik mungkin agar para audiens tertarik untuk membelinya.
Selain itu, dari desain kemasan produk para audiens bisa menilai apakah produk Food and Beverage tersebut menjamin rasanya atau tidak.
Sangat disayangkan kalau rasa dari produk Food and Beveragemu rasanya enak sekali, namun kemasannya kurang menarik.
Hal tersebut bisa membuat para audiens jadi tidak tertarik duluan karena kemasan yang kurang menarik.
Maka dari itu, sebelum membuat desain kemasan produk ada baiknya kamu bisa membuat beberapa list di bawah ini agar bisa menemukan solusinya :
- Cara mendesain, mengemas, sampai pemilihan warna kemasan
- Cara membuat desain logo untuk produk Food and Beverage, dan tata letak penempatan logonya
Dengan adanya kedua list tersebut nantinya kamu bisa menemukan solusi untuk membuat desain kemasan produknya seperti apa.
Sehingga membuat para audiens jadi tertarik dan teringat – ingat terus dengan produk Food and Beverage yang kamu pasarkan.
Baca Juga : Wajib Tau! Ini 10 Strategi Pemasaran Media Sosial Yang Ampuh
3. Membuat Desain Logo
Kalau sebelumnya kamu perlu membuat desain kemasan produknya, maka kali ini kamu juga perlu membuat desain logonya.
Desainlah logo seperti kamu membuat desain kemasan untuk produk, yang berarti kamu harus membuat logo yang menarik dan unik.
Tidak hanya menarik dan unik saja, namun kamu juga harus membuat logo yang bisa diingat oleh semua orang.
Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin membuat desain logo untuk produk Food and Beverage :
- Membuat desain logo yang berwarna sehingga bisa lebih berkesan
- Membuat desain logo sesuai dengan minat target audiens
- Menggunakan ide desain yang menarik dan unik sehingga produk bisa lebih menonjol di pasaran
Untuk membuat desain logo dan desain kemasan produk, kamu bisa berdiskusi dengan tim desain grafis yang memang sudah ahli dalam bidang mendesain.
Kamu bisa request ke tim desain grafis ingin desain logo dan kemasan yang seperti apa, nantinya tim desain grafis akan langsung memprosesnya.
4. Mempromosikan Produk
Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan produk Food and Beverage.
Tidak hanya promosi buy 1 get 1 saja yang bisa kamu pilih caranya, kamu juga bisa mempromosikan dengan cara cross selling dan up selling.
Cara promosi tersebut mampu meningkatkan penjualan dan bisa membuat pelanggan merasa puas dengan produk yang kamu jual.
Promosi up selling, cross selling, dan buy 1 get 1 lebih disukai banyak audiens karena lebih hemat biaya.
Kalau kamu ingin membuat promosi dengan cara up selling, maka kamu bisa menawarkan produk tambahan lainnya.
Misalnya ketika customer membeli ice cream rasa coklat tanpa adanya topping, maka kamu bisa menawarkan customer untuk tambah toppingnya.
Jika ingin menggunakan promosi cross selling, maka kamu bisa membuat paket bundling. Misalnya kamu membuat paket bundling menu makanan yang sudah include minumannya juga.
Baca Juga : Tujuan Pemasaran Digital yang Perlu Diketahui
5. Menyusun Editorial Plan
Sebelum membuat promosi ada baiknya kamu perlu menyusun editorial plan terlebih dahulu. Maksud dari editorial plan yaitu pengaturan jadwal promosi serta jenis promosi yang akan dilakukan.
Untuk menyusun editorial plan, kamu bisa melakukan riset di hari – hari dan peringatan besar tertentu. Misalnya hari kemerdekaan, hari libur, lebaran, natalan, dan lainnya.
Pastikan saat memilih hari atau peringatan besar untuk melakukan promosi, sesuai dengan konsep promosi yang akan kamu lakukan.
Contohnya seperti di hari kemerdekaan, kamu membuat promosi buy 1 get 1 bagi orang – orang yang lahirnya bulan Agustus.
Dengan membuat editorial plan ini mampu membantu kamu untuk lebih update dengan perkembangan tren serta situasi terbaru.
6. Menggunakan User Generated Content
Bekerja sama dengan influencer mungkin sudah biasa, namun kamu bisa menggunakan user generated content untuk melakukan strategi memasarkan produk Food and Beveragemu.
Kamu bisa mengajak para customer untuk melakukan review produk Food and Beverage yang kamu pasarkan, lalu hasil reviewnya diupload di sosial media mereka.
Review yang diupload di sosial media ternyata sangat berpengaruh untuk mempengaruhi orang lain yang belum sempat mencoba produknya.
Baca Juga : Tujuan Pemasaran Digital yang Perlu Diketahui
Strategi Memasarkan Produk FnB ini Lebih Maksimal Hasilnya!
Kamu bisa mengikuti beberapa strategi di atas tadi jika memang ingin memasarkan produk FnB yang kamu punya.
Selain beberapa strategi di atas tadi, kamu juga bisa menggunakan strategi memasarkan produk FnB yang satu ini. Yaitu dengan cara menggunakan jasa iklan online.
Sekarang ini sudah banyak pebisnis yang menggunakan jasa iklan online untuk memasarkan produk mereka.
Bagi kamu yang ingin menggunakan jasa iklan online untuk memasarkan produk Fnb, maka kamu bisa langsung hubungi tim Aidee Lab saja.
Tim Aidee Lab telah berpengalaman dalam mengiklan berbagai macam produk, kamu bisa langsung lihat portofolionya di website Aidee Lab ya.
Untuk lebih lanjutnya mengenai jasa iklan online dari Aidee Lab bisa hubungi nomor di bawah ini :