fbpx

Media Planning, Apakah penting untuk bisnis?

Media planning merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh para pengiklan untuk menyusun rencana agar bisa menjadi panduan ketika beriklan nantinya.

Biasanya media planning ini digunakan oleh digital marketer untuk menjalankan iklannya agar lebih lancar mengiklankan produk atau jasa punya klien.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat para digital marketer sangat membutuhkan media planning ini.

Untuk lebih lengkapnya mengenai apa itu perencanaan media, kamu bisa simak di pembahasan selanjutnya.

Baca Juga : 8 Alasan Jasa Marketing Banyak Diminati

Mengenal Media Planning yang Dibutuhkan Para Digital Marketer

Seperti yang kamu ketahui, menjalani bisnis tidaklah semudah yang kamu pikirkan.

Kamu harus mempertimbangkan banyak hal untuk mengambil sebuah keputusan, selain itu kamu juga harus menyusun strategi bisnis yang untuk planning kedepannya.

Perlu kamu ketahui kalau sekarang ini sudah banyak jasa digital marketing yang siap membantu kamu untuk mempromosikan atau mengiklankan bisnismu.

Tentunya para penyedia jasa digital marketing menggunakan berbagai macam media digital untuk mengiklankan atau mempromosikan bisnis para klien.

Biasanya media digital yang digunakan oleh para penyedia jasa digital marketing bisa berupa website, blog, dan berbagai macam media digital lainnya.

Perlu sekali melakukan perencanaan yang matang sebelum menggunakan beberapa media digital tersebut.

Maka dari itulah alasannya mengapa media planning ini sangat penting sekali bagi para penyedia jasa digital marketing.

Dibuatnya media planning ini bertujuan untuk menentukan saluran media digital mana yang paling efektif untuk digunakan sebagai media promosi dan beriklan agar bisa menjangkau audiens lebih mudah.

Untuk menyusun media planning tersebut harus memiliki pertimbangan, diantaranya yaitu : 

  • Karakteristik dari audiens yang telah ditentukan
  • Media untuk berkomunikasi
  • Tren pasar 
  • Biaya anggaran

Hal ini tentunya ada tujuannya tersendiri yaitu untuk membuat rencana lebih optimal serta lebih efisien sehingga hasilnya lebih maksimal dan bisa mempengaruhi para audiens dengan pesan iklan yang disampaikan.

Sebelum membuat perencanaan media, seorang digital marketer dan pebisnis harus memperhatikan beberapa tips.

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa menyimak pembahasan selanjutnya.

Baca Juga : Tren Promosi di TikTok, Ketahui Tips Ini Sebelum Mencobanya !

1. Tips Sebelum Membuat Media Planning

Sebelum membuat media planning, kamu harus tahu terlebih dahulu ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti :

a. Menentukan Target Konsumen

Untuk memahami kebutuhan para konsumen yang mendetail sampai terkecil merupakan tugas dari media partner.

Media partner harus bisa memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh para konsumen, sehingga nantinya saat ingin membuat iklan bisa sesuai dengan kebutuhan serta keinginan para konsumen.

b. Platfrom yang Digunakan

Terdapat beberapa platfrom media digital yang bisa kamu pilih dan gunakan, selain itu adanya target konsumen yang berbeda – beda harus bisa menyesuaikan dengan platform media digital yang digunakan.

c. Frekuensi Penayangan Iklan

Ketika membuat media planning, kamu juga harus memperhitungkan seberapa sering frekuensi penayangan iklan ditampilkan.

d. Menentukan Platform Media Digital

Sekarang ini sudah banyak berbagai macam platform iklan baik itu secara online atau offline yang membuat para pebisnis kebingungan untuk memilih menggunakan platform media digital yang mana akan mereka gunakan untuk beriklan.

Baca Juga : Mengapa Kamu Perlu Jasa Iklan Instagram? Ini Alasannya

2. Mengenal Sosial Media Plan

Menggunakan sosial media plan sangat memudahkan para pebisnis atau perusahaan untuk merencanakan strategi agar bisa menggunakan sosial media dengan efektif, misalnya seperti mempromosikan bisnis.

Ada beberapa hal yang mencakup sosial media plan ini, diantaranya yaitu :

  • Strategi konten
  • Jadwal publikasi
  • Target audiens
  • Membuat biaya anggaran untuk beriklan
  • Menggunakan metric untuk mengukur efektivitas kampanye sosial media

Selain itu, sosial media plan ini juga bisa meningkatkan brand awareness, menambah jumlah pengikut, meningkatkan interaksi serta keterlibatan followers, dan mendapatkan penghasilan dari penjualan.

Menggunakan sosial media plan juga bisa membantu perusahaan atau pebisnis untuk mempertimbangkan kembali tujuan kampanye iklan mereka, serta memilih platfrom sosial media yang cocok untuk target audiens.

Tidak hanya itu saja, menggunakan sosial media plan juga bisa membuat konten jadi terlihat lebih menarik serta relevan. Sosial media plan juga bisa mempermudah jadwal posting konten agar tetap rapi dan terjadwal.

3. Komponen dari Media Planning

Menurut Maryville University, untuk membuat strategi perencanan media harus mempertimbangkan beberapa komponen berikut ini :

  • Audience, biasanya perusahaan atau pebisnis telah menargetkan iklan kepada audiens yang sesuai dan relevan dengan bisnis mereka
  • Biaya beriklan, sebelum menjalankan kampanye iklan di berbagai media digital biasanya seorang media planner harus tahu dulu berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk beriklan
  • Pencapaian konversi, media planner biasanya selalu membuat tujuan yang telah ditetapkan agar bisa mencapai konversi yang telah ditetapkan
  • Frekuensi pesan, hal ini ditentukan seberapa sering iklan bisnismu harus disebarkan kepada target audiens
  • Message reach, hal ini menjadi bukti seberapa luas jangkauan sebuah pesan iklan atau berapa jumlah iklan yang harus disebarkan

Baca Juga : 9 Alasan Kamu Perlu Menggunakan Jasa Kelola Sosmed

4. Langkah untuk Membuat Media Planning

Ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat media planning, berikut ini langkah yang bisa kamu ikuti :

a. Menentukan Tujuan Kampanye Iklan

Penting sekali mengidentifikasi tujuan dari kampanye iklan yang akan dibuat.

Kamu bisa menentukan tujuan kampanye iklan seperti meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan serta mengubah persepsi para pelanggan.

b. Mengenali Target Audiens

Kamu harus kenali target audiens serta mengenal karakteristiknya seperti usia, jenis kelamin, minat, gaji, dan perilaku saat berbelanja.

Mengenali target audiens bisa membantu kamu untuk menentukan media digital mana yang paling efektif untuk mencapai target.

c. Membuat Rencana Biaya Anggaran

Kamu harus membuat rencana biaya anggaran untuk kampanye iklan yang akan dibuat, hal ini tentunya mempermudah kamu untuk memilih media digital mana yang paling efektif dan sesuai biaya anggaran.

d. Memilih Media yang Tepat

Pilihlah media digital yang sesuai dengan tujuan dari kampanye iklan, serta sesuai dengan target audiens.

Selain itu, pertimbangkanlah untuk menggunakan media seperti radio, televisi, surat kabar, majalah, billboard, dan lainnya.

e. Menjadwalkan Penayangan Iklan

Kamu juga harus menjadwalkan penayangan kampanye iklan, namun kamu juga harus mempertimbangkan berbagai macam faktor seperti waktu serta frekuensi penayangan iklan.

f. Melakukan Monitoring

Jika kampanye iklan telah ditayangkan, maka kamu perlu melakukan monitoring serta mengevaluasi.

Lakukanlah analisis terhadap angka penjualan, pengunjung website, melakukan interaksi di sosial media, dan mengecek metric yang sesuai dengan tujuan kampanye iklan.

g. Menyesuaikan Strategi

Kamu harus menyesuaikan strategi berdasarkan hasil evaluasi serta pengalaman untuk menjalankan kampanye iklan.

Untuk melakukan proses media planning harus rutin agar bisa memaksimalkan efektivitas kampanye iklan.

Jika telah melewati beberapa tahapan di atas tadi, kamu bisa membuat perencaan media yang efektif serta bisa membantu kamu untuk mencapai tujuan kampanye iklan.

Buat Media Planning dengan Jasa Digital Marketing

Itulah tadi beberapa cara dan tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat media planning.

Membuat media planning sangat mempermudah para digital marketer untuk mengiklan iklan bisnismu.

Buat kamu yang bingung untuk membuat media planning, maka kamu bisa menggunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab saja.

Lebih lanjut, kamu bisa hubungi nomor kontak yang tersedia di website Aidee Lab.

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.