fbpx

Sosial Media Commerce : Tips Mengembangkan Bisnis

Pertama kali mendengar kata sosial media commerce, pastinya yang terlintas di benakmu berupa Instagram, Facebook, Twitter, dan sosial media lainnya, kan?

Memang benar kok, sosial media commerce merupakan sosial media yang sangat berguna untuk menjalankan berbagai macam bisnis.

Perlu kamu ketahui, kalau sekarang ini sudah banyak para pebisnis yang menggunakan sosial media untuk menjalankan bisnisnya.

Buat kamu yang penasaran apa itu sosial media commerce, bisa simak di pembahasan selanjutnya ya! 

Baca Juga : 10 Tips Memilih Agency Digital Marketing, Cek Faktanya!

Mengenal Sosial Media Commerce

Sosial media commerce merupakan media untuk melakukan jual beli produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Biasanya sosial media yang sering digunakan untuk jual beli yaitu seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan sosial media lainnya.

Konsep dari sosial media tersebut memungkinkan para pebisnis untuk memasarkan produk atau layanan mereka dengan melalui berbagai platform di sosial media.

Tentunya memasarkan produk atau layanan di sosial media sangat mudah untuk dilakukan dan juga sudah terintegrasi dengan pengalaman para pengguna sosial media tersebut.

Kamu bisa menggunakan berbagai fitur di sosial media seperti tombol belanja, link tautan ke toko online.

Selain itu, terdapat juga ada fitur pembayaran yang memungkinkan para pembeli untuk melakukan transaksi pembayaran.

Hal tersebut tentunya membuat pebisnis memiliki peluang besar untuk menjangkau pasar yang lebih besar lagi, mengoptimalkan pengalaman para pelanggan, serta bisa meningkatkan penjualan melalui media digital.

Berikut ini ada beberapa jenis sosial media commerce yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pemasaran. Simak di pembahasan berikut ini!

1. Beberapa Jenis Sosial Media untuk Promosi

Ada beberapa jenis sosial media yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan produk atau layananmu.

Biasanya para pebisnis menggunakan sosial media ini juga, simak jenis sosial medianya berikut ini : 

a. E-commerce Native

Mungkin kamu sudah sering mendengarkan nama e-commerce Lazada, Shopee, Bukalapak, Blibli, dan Tokopedia, kan?

Beberapa e-commerce tersebut termasuk ke dalam e-commerce native, yang mana memungkinkan para pebisnis untuk memasarkan produk atau layanan mereka melalui platform tersebut.

b. Platfrom Pemesanan

Pasti kamu tahu kan platform seperti Grab, Gojek, dan Fan Traveloka, kan?

Jadi, ketiga platform tersebut termasuk ke dalam platform pemesanan yang mana kamu bisa memesan produk atau jasa melalui platform tersebut.

c. Pasar Sosial

Sosial Media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter memiliki fitur untuk melakukan transaksi jual beli.

Misalnya saja Instagram memiliki fitur shopping, Facebook memiliki fitur marketplace, sedangkan Twitter memiliki fitur shop.

Hal tersebutlah yang memungkinkan para pengguna sosial media tersebut bisa menjual dan membeli produk atau layanan di platform tersebut.

d. Periklanan Sosial

Menggunakan periklanan sosial memungkinkan para pebisnis untuk menampilkan iklan di berbagai platform sosial media.

Hal tersebut juga memungkinkan kamu lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan baru.

e. Chat Commerce

Perlu kamu tahu kalau Whatsapp, Line, dan Wechat merupakan jenis sosial media yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan produk.

Kemungkinan besar juga melalui chat commerce tersebut juga bisa melakukan transaksi jual beli dan untuk pembayarannya dilakukan di aplikasi.

f. Live Commercer

Di live commerce, kamu bisa langsung berjualan atau melakukan promosi produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Para audiens yang menonton juga bisa langsung membeli jika mereka tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang kamu promosikan melalui live commerce.

Baca Juga : 8 Cara Menggunakan Jasa Pasang Iklan, Yuk Kepoin !

2. Cara Menggunakan Sosial Media untuk Promosi

Sekarang ini sosial media tidak hanya sebagai media untuk update konten saja, kamu juga bisa melakukan promosi melalui sosial media.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan sosial media sebagai media promosi : 

  • Membuat akun bisnis di platform sosial media seperti di Facebook, Instagram, dan Twitter
  • Mengupload produk atau jasa yang kamu tawarkan dengan membuat deskripsi, harga, serta gambar yang menarik agar audiens bisa tertarik menggunakannya
  • Membuat strategi pemasaran agar menarik perhatian calon pelanggan. Kamu bisa menggunakan hashtag, konten yang menarik, membuat promosi, dan beriklan
  • Menyediakan fitur pesanan dan metode pembayaran melalui platform sosial media
  • Mengirimkan produk atau jasa yang telah dipesan oleh pelanggan
  • Memberikan layanan yang terbaik seperti memberikan garansi, menyediakan retur barang, serta menyediakan refund kalau memang diperlukan
  • Tetap melakukan monitoring serta meningkatkan reputasi bisnis dengan melakukan interaksi dengan para pelanggan atau audiens, serta memperbaiki produk atau jasa yang memiliki kekurangan, dan tetap menjaga kualitas pelayanan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan promosi di sosial media. Mengikuti beberapa cara tersebut dijamin bisa mempermudah kamu untuk mendapatkan pelanggan baru.

Baca Juga : Ketahui 7 Manfaat Jasa Social Media Management !

3. Keuntungan Menggunakan Sosial Media untuk Promosi

Sosial media sangat menguntungkan sekali buat kamu yang sedang menjalankan bisnis.

Bagaimana tidak menguntungkan, di era sekarang ini kebanyakan orang lebih banyak menggunakan sosial media sehingga lebih mudah buat kamu mendapatkan pelanggan baru.

Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan sosial media untuk melakukan promosi :

a. Memiliki Peluang Pasar yang Besar

Seperti yang kamu tahu, kalau sosial media mempunyai jumlah pengguna paling banyak di dunia.

Hal ini tentunya sangat berpeluang besar bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis.

b. Lebih Mudah Memperluas Jangkauan

Menggunakan sosial media bisa mempermudah kamu untuk memperluas jangkauan serta bisa menjangkau konsumen yang berpotensial lebih banyak lagi dari berbagai wilayah.

c. Lebih Hemat Biaya

Kamu jadi lebih hemat biaya jika menggunakan sosial media, apalagi kalau kamu menggunakan sosial media bisa memanfaatkan strategi organik.

Misalnya seperti menjalin interaksi dengan followers ataupun menggunakan cara beriklan yang berbayar.

d. Meningkatkan Interaksi dengan Pelanggan

Kamu bisa menjalin hubungan yang lebih dekat dengan para pelangganmu serta bisa membangun kepercayaan mereka dengan cara sering berinteraksi.

Jangan lupakan feedback dari para pelanggan, serta juga selalu memberikan layanan sebaik mungkin.

Baca Juga : Terungkap! 8 Teknik Pemasaran Online Ini Bikin Bisnis Melesat

e. Membuat Pengalaman yang Berkesan

Perlu kamu ketahui menggunakan sosial media bisa memberikan pengalaman yang berkesan bagi para pelanggan.

Terlebih lagi kalau kamu menampilkan produk atau jasa dengan visual yang menarik, serta memberikan informasi yang jelas dan lengkap.

f. Lebih Mudah Mengumpulkan Data Pelanggan

Sosial media bisa mempermudah kamu untuk mengumpulkan data pelanggan yang bisa kamu gunakan untuk menganalisis perkembangan bisnismu.

Tidak hanya sebagai bahan analisis bisnis saja, data pelanggan bisa membantu kamu untuk memahami para pelanggan serta bisa mengoptimalkan strategi pemasaran.

Gunakan Sosial Media Commerce Buat Promosi!

Itulah tadi beberapa jenis, cara menggunakan, serta keuntungan menggunakan sosial media sebagai tempat melakukan promosi.

Menggunakan sosial media commerce bisa membantu serta mempermudah kamu dalam menjalankan bisnismu.

Jika kamu ingin lebih maksimal lagi hasilnya, kamu bisa menggunakan jasa admin sosial media dari Aidee Lab saja!

Untuk lebih lanjut kamu bisa hubungi nomor kontak yang tertera di website Aidee Lab ya.

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.