fbpx

Apa Itu Platform Iklan Digital? Yuk Cari Tahu!

Ingin menjangkau audiens lebih luas namun bingung bagaimana caranya? Tenang saja, sekarang ini sudah ada yang namanya platform iklan digital!

Dengan menggunakan platform iklan digital jadi lebih mudah untuk menjangkau audiens dari berbagai daerah, yang tentunya audiens tersebut sesuai dengan targetnya.

Tidak hanya bisa menjangkau audiens lebih luas saja, dengan menggunakan platform tersebut tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya karena budget iklan bisa diatur sendiri.

Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan bagi para pebisnis, kan?

Namun sangat disayangkan sekali, karena masih sedikit yang hanya mengetahui platform tersebut.

Padahal sesuai dengan pembahasan tadi, bahwa platform tersebut sangat menguntungkan sekali bagi para pebisnis.

Bagi kamu yang merupakan pebisnis dan masih belum tahu apa itu platform iklan digital, maka kamu harus simak artikel Aidee Lab kali ini sampai habis!

Di artikel kali ini akan bahas sampai tuntas mengenai platform tersebut, mulai dari pengertiannya, manfaatnya, sampai jenis platform yang bisa kamu gunakan untuk beriklan.

Simak semua pembahasannya di pembahasan selanjutnya ya!

Baca Juga: Beberapa Platform Iklan Buat yang Ingin Beriklan

Mengenal Platform Iklan Digital yang Efektif Untuk Beriklan

Kalau dahulu beriklan hanya menggunakan koran berita, majalah, televisi, radio, atau billboard di pinggir jalan. Sekarang ini, kamu sudah bisa beriklan melalui media digital.

Tentunya media digital sangat berbeda dengan media konvensional. Biasanya kalau media digital berbasis internet, yang tentunya jangkauannya lebih luas dibandingkan media konvensional.

Kebanyakan pebisnis sekarang ini sudah beralih menggunakan platform iklan digital dibandingkan menggunakan media konvensional seperti jaman dulu.

Ada alasan tersendiri mengapa mereka memilih platform tersebut, salah satunya yaitu kemudahan untuk menjangkau audiens lebih luas!

Bagi kamu yang penasaran apa itu platform iklan digital, dan mengapa platform tersebut lebih sering digunakan para pebisnis sekarang ini.

Berikut ini pembahasan singkat mengenai platform iklan tersebut:

Dilansir dari toffeedev, platform iklan digital merupakan sebuah sistem yang sangat penting bagi aplikasi maupun layanan digital agar bisa beroperasi serta berinteraksi dengan calon pelanggan atau pelanggan.

Platform tersebut juga menjadi media bagi para bisnis untuk bisa berbagi informasi mengenai produk atau layanan yang ditawarkan dan bisa berinteraksi dengan target audiens melalui konten yang telah dibuat sebelumnya.

Ada dua peran dari platform tersebut, diantaranya:

  • Menjadi tempat untuk memfasilitasi interaksi dan pertemuan dengan calon pelanggan atau pelanggan
  • Menjadi media untuk memberikan berbagai layanan yang ditawarkan, serta memberikan konten yang bermanfaat bagi target audiens

Itulah pembahasan singkat mengenai media iklan digital yang perlu kamu ketahui.

Bisa disimpulkan dari penjelasan singkat tadi, kalau platform tersebut mempermudah bagi para pebisnis untuk memasarkan atau mempromosikan produk atau layanan yang mereka tawarkan.

Untuk memasarkan atau mempromosikannya, para pebisnis perlu membuat konten marketing yang berisikan informasi dan bermanfaat bagi para target audiens, namun dikemas semenarik dan seunik mungkin.

Tentunya platform tersebut memiliki berbagai manfaat bagi para pebisnis. Penasaran apa saja manfaat platform iklan tersebut? Simak lebih lengkap di pembahasan selanjutnya ya!

Baca Juga: Iklan Digital yang Bisa Kamu Jadikan Ide Buat Iklanin Brand Kamu!

Manfaat Platform Iklan Digital yang Jarang Diketahui

Mungkin selama ini kamu hanya tahu kalau manfaat media iklan digital hanya menjangkau target audiens lebih luas. Namun pada kenyataannya, manfaat dari platform iklan tersebut lebih dari itu!

Penasaran apa saja manfaat media iklan digital selain menjangkau target audiens lebih luas? Simak beberapa manfaatnya berikut ini:

1. Target Audiens Jadi Lebih Tepat

Menggunakan platform iklan tersebut mempermudah kamu untuk menargetkan audiens lebih tepat dan lebih spesifik, jadi kamu tidak lagi asal – asalan saat menentukan target audiens.

Cara menargetkan audiens melalui platform tersebut cukup mudah, kamu bisa tentukan kriterianya mau seperti apa dengan berdasarkan minat, perilaku online, demografis, dan lainnya.

Dengan membuat kriteria tersebut, nantinya iklan akan muncul hanya di orang – orang yang relevan dengan produk atau layanan yang kamu iklankan.

Tentunya hal tersebut membuat iklan jadi lebih efisien, dan tidak terlalu boros untuk mengeluarkan budget iklan.

2. Jangkauan Audiens Jauh Lebih Luas

Dikarenakan namanya ‘platform iklan digital’, yang mana sudah pasti berbasis internet makanya bisa menjangkau audiens jauh lebih luas dibandingkan platform iklan non-digital.

Tidak hanya menjangkau audiens lokal saja, namun kamu juga bisa menjangkau audiens nasional sampai internasional!

Tentunya hal tersebut sangat berpeluang besar bagi kamu untuk mengembangkan bisnis jadi lebih berkembang.

3. Biaya Iklan yang Lebih Fleksibel

Dengan menggunakan platform iklan tersebut, kamu bisa mengatur biaya iklannya.

Berbeda jika kamu beriklan melalui media konvensional, yang mana biayanya sudah ditentukan dari pihak penyedia tempat iklannya.

Sebagai gambaran saja, untuk pembayaran iklan di platform digital menggunakan model Pay Per Click (PPC), yang mana menggunakan model iklan tersebut kamu hanya membayar iklannya jika ada yang mengklik.

Selain model pembayaran PPC, juga ada model pembayaran Cost Per Impression (biaya impresi), yang mana dengan model iklan ini kamu hanya membayar jika iklan ditampilkan.

4. Analisis dan Pengukuran yang Detail

Inilah yang menjadi pembeda antara media digital dengan media konvensional.

Media iklan digital memiliki berbagai alat analitik yang sangat berguna untuk memantau kinerja iklan tersebut secara detail.

Sedangkan beriklan dengan menggunakan media konvensional, kamu tidak bisa memantau kinerja iklannya, yang bisa kamu lakukan hanyalah memantau jumlah leads masuk atau jumlah penjualan.

Adapun alat analitik yang ada di platform iklan tersebut seperti konversi, jumlah klik, jumlah tingkat keterlibatan, dan alat analitik lainnya.

Dengan menggunakan alat analitik tersebut, kamu bisa memperoleh data yang lebih detail dan mudah dipahami, apakah iklannya berjalan dengan efektif atau ada beberapa kendala yang mengharuskan mengubah strategi beriklan?

Nah, itulah beberapa manfaat media iklan digital yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa tahu kalau platform iklan tersebut sangat menguntungkan kamu selaku pebisnis.

Jika kamu penasaran apa saja platform untuk iklan secara digital, kamu bisa simak pembahasan selanjutnya ya!

Baca Juga: Contoh Iklan Online Ini Berhasil Menarik Perhatian Banyak Orang!

Berbagai Macam Platform Iklan Digital yang Perlu Diketahui

Jika sebelumnya sudah membahas mengenai manfaatnya, maka pembahasan terakhir kali ini akan membahas berbagai macam media iklan digital yang sering digunakan pebisnis.

Apa saja macam platform iklannya? Simak pembahasannya berikut ini:

1. Google Ads

Seperti yang kamu tahu kalau Google merupakan mesin pencari yang sering digunakan oleh banyak orang. Selain menjadi mesin pencari, Google juga menyediakan fitur untuk beriklan yaitu Google Ads!

Iklan dari Google Ads biasanya akan ditampilkan di hasil halaman pencarian di Google, misalnya saja seperti blog, portal berita, website, sampai YouTube.

Selain itu, Google Ads juga memiliki berbagai jenis iklan, diantaranya:

  • Google Display Network, yang mana iklan ini memiliki tampilan iklan berbentuk gambar banner yang nantinya muncul di website yang bermitra dengan Google
  • Google Search Network, jenis iklan ini ditampilkan dalam bentuk hasil pencarian di halaman pencarian Google
  • Iklan Aplikasi, dengan menggunakan jenis iklan ini nantinya iklan akan ditayangkan di berbagai website, YouTube, GDN, dan Google Play
  • Iklan Video, jenis iklan ini sudah pasti bentukannya berupa video yang mana ditayangkan di website, YouTube, Stream Ads, Video Discovery Ads, dan Bumper Ads

2. Microsoft Ads

Kalau tadi ada Google yang menyediakan fitur Google Ads untuk beriklan, maka Microsoft Ads juga tidak mau ketinggalan memberikan fitur beriklan yang namanya Bing Ads!

Walaupun tidak se-terkenal Google Ads, Bing Ads merupakan platform iklan digital yang lumayan berpotensial lho.

Adapun berbagai format iklan yang disediakan Bing Ads, diantaranya:

  • Dynamic Search Ads, format iklan ini bisa menyesuaikan dengan tren query pencarian para audiens
  • Expanded Text Ads, yang mana format iklan ini berbentuk teks namun juga menggunakan headline dan URL
  • Bing Smart Search Ads, format iklan Bing Ads ini dibuat sebagai iklan yang berbasis touch screen
  • Microsoft Audiens Ads, format iklan terakhir ini berbentuk gambar yang nantinya akan ditayangkan pada website yang bermitra dengan Microsoft seperti AOL., MSN, Yahoo, dan lainnya

3. Facebook Ads

Siapa yang tidak tahu Facebook? Facebook sendiri merupakan sosial media yang memiliki jumlah pengguna aktif terbanyak sekitar 1,6 miliar jumlahnya.

Hal tersebut tentunya merupakan peluang besar bagi para pebisnis untuk mengiklankan produk atau layanan mereka.

Pastinya pebisnis bisa lebih mudah untuk menjangkau target audiens yang berpotensial jika beriklan di Facebook.

Melihat hal itu, Facebook meluncurkan fitur beriklan yang diberi nama Facebook Ads!

Adapun berbagai format iklan di Facebook Ads yang bisa kamu gunakan diantaranya:

  • Carousel, yang mana format iklan ini bentuknya gambar atau video yang bisa digabungkan jadi satu dengan jumlah maksimal 10 slide dalam satu iklan
  • Video, sudah pasti bentuk iklannya video yang durasinya hanya sampai 15 detik saja
  • Image, kalau tadi bentuk iklannya video maka kali ini format iklannya dalam bentuk gambar dan teks
  • Instant Experience, kalau kamu menggunakan format iklan ini nantinya akan ditayangkan jika audiens mengklik iklannya. Bentuk iklannya bisa berupa video, gambar, carousel, dan lainnya.
  • Boosted Post, format iklan ini bentuknya yaitu feed post yang tentunya telah dioptimasi agar bisa menjangkau target audiens lebih luas

Nah, itulah tadi beberapa macam media iklan digital yang sering digunakan oleh para pebisnis.

Sebenarnya masih banyak kali macam platform iklan yang biasanya digunakan oleh pebisnis.

Kamu bisa baca lebih lanjut macam – macam platformnya di artikel Aidee Lab yang berjudul “Beberapa Platform Iklan Buat yang Ingin Beriklan“.

Jasa Pasang Iklan di Platform Iklan Digital

Bagi kamu yang ingin beriklan secara digital, mau itu di platform Facebook Ads, Google Ads, Instagram Ads, ataupun TikTok Ads, maka kamu bisa menggunakan jasa iklan online dari Aidee Lab saja!

Banyak sekali keunggulan jasa iklan online dari Aidee Lab, diantaranya berpengalaman, transparansi, bertanggung jawab, serta terpercaya.

For more info mengenai jasa iklan onlinenya, kamu bisa langsung hubungi tim Aidee Lab melalui nomor kontak di bawah ini:

0813-6209-8990

Segera hubungi tim Aidee Lab sekarang juga dan dapatkan berbagai promo dan penawaran menarik lainnya!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.