fbpx

Beberapa Platform Iklan Buat yang Ingin Beriklan

Sebelum mengiklankan bisnis, kamu terlebih dahulu harus menentukan ingin beriklan di platform iklan yang mana. 

Untuk menentukan platform iklan, kamu harus menyesuaikan iklan bisnismu dengan platform yang akan kamu pilih. 

Hal ini dikarenakan setiap platform beriklan berbeda – beda caranya untuk beriklan.

Perlu kamu ketahui, platform untuk beriklan sangat banyak jenisnya. 

Kamu bisa memilih platform iklan yang sangat berpotensial untuk dijadikan tempat beriklan, serta jangan lupa untuk menyesuaikan iklan bisnismu dengan platform yang akan kamu gunakan untuk beriklan. 

Penasaran apa saja platform beriklan yang bisa kamu jadikan untuk beriklan?

Maka kamu bisa simak di pembahasan selanjutnya! 

Baca Juga : Iklan Digital yang Bisa Kamu Jadikan Ide Buat Iklanin Brand Kamu!

Platform Iklan yang Bisa Bantu Pebisnis Untuk Beriklan 

Sekarang ini beriklan jadi lebih mudah untuk dilakukan karena sudah banyak berbagai macam platform yang bisa dijadikan tempat beriklan.

Banyaknya platform iklan memberikan kamu kemudahan untuk beriklan agar bisa menjangkau audiens lebih luas lagi.

Selain bisa menjangkau audiens lebih luas, platform beriklan juga bisa membuat kamu mendapatkan pelanggan baru.

Untuk biaya beriklan di beberapa platform iklan ini lumayan terjangkau, apalagi jika kamu memilih untuk beriklan secara digital.

Malah biaya beriklan di platform berbentuk digital lebih murah dibandingkan kamu harus beriklan secara konvensional.

Apalagi platform iklan digital lebih efektif daripada platform beriklan secara konvensional.

Buat kamu yang penasaran apa saja platform iklan secara digital, maka kamu bisa simak pembahasannya berikut ini.

Baca Juga : Tren Promosi di TikTok, Ketahui Tips Ini Sebelum Mencobanya !

1. Google Ads

Siapa yang tidak kenal dengan platform iklan yang satu ini?

Google Ads merupakan iklan pay per click (PPC) yang bisa menjangkau audiens lebih luas lagi melalui mesin pencari Google.

Dalam beriklan di Google Ads, kamu bisa menggunakan display Google untuk beriklan di berbagai website, blog, portal berita, sampai YouTube juga bisa.

Google Ads sendiri sudah dilengkapi fitur yang bernama Artificial Intelligence, fungsi dari fitur tersebut yaitu untuk menjangkau audiens dengan lebih efektif. 

Selain itu, Google Ads sendiri juga punya fitur berupa automated bidding, dynamics ads, serta real time bidding.

Di Google Ads, kamu diberikan kemudahan untuk untuk menggunakan berbagai macam format beriklan, seperti :

  • Responsive ads
  • Text only ads
  • Images
  • Call only ads
  • Video ads

Di Google Ads, kamu juga bisa menentukan target audiensnya sesuai dengan bisnismu.

2. Facebook Ads

Facebook merupakan platform iklan yang cocok untuk digunakan beriklan mengingat pengguna Facebook sangatlah banyak.

Iklan yang ditampilkan di Facebook biasanya akan tampil di beberapa sosial media yang bekerja sama dengan Facebook.

Facebook bekerja sama dengan sosial media seperti Instagram, Messenger, dan Facebook Marketplace.

Di Facebook Ads, kamu bisa beriklan dengan menggunakan berbagai macam format untuk beriklan, berikut format iklan yang disediakan oleh Facebook Ads :

  • Video
  • Image
  • Boosted post
  • Instant experience
  • Carousel

Selain kelima format tersebut, Facebook Ads juga menyediakan format iklan seperti kiriman bersponsor dan iklan banner.

Tentunya dengan menggunakan Facebook Ads, kamu bisa menargetkan audiensnya agar iklan bisnismu bisa sampai ke target audiens yang telah kamu tentukan.

Baca Juga : Tips Sukses Berjualan dengan Facebook dan Instagram Ads

3. Bing Ads

Mungkin kamu masih asing dengan platform iklan Bing Ads, sebenarnya Bing Ads merupakan nama lain dari Microsoft Ads.

Cara kerja dari Bing Ads ini sendiri hampir mirip dengan Google Ads, yaitu sama – sama merupakan iklan pay per click (PPC).

Hanya saja Bing Ads ini kalah saing dengan Google Ads, walaupun kalah saing dengan Google Ads, Bing Ads juga bekerjasama dengan beberapa website.

Website yang bekerjasama dengan Bing Ads yaitu ada Yahoo, MSN, AOL, dan lainnya.

Bing Ads sendiri memiliki berbagai macam format untuk beriklan di Bing Ads, berikut format yang disediakan oleh Bing Ads untuk beriklan :

  • Bing smart
  • Microsoft audience ads
  • Expanded text ads
  • Dynamics search ads

Seperti di pembahasan sebelumnya, kalau Bing Ads ini hampir mirip dengan Google Ads yang mana juga bisa melakukan penargetan audiens.

Baca Juga : Contoh Iklan Online Ini Berhasil Menarik Perhatian Banyak Orang!

4. Twitter Ads

Sama halnya dengan Facebook yang mana Twitter juga bisa menjadi platform iklan bagi kamu yang ingin beriklan.

Biasanya beriklan di Twitter Ads dilakukan dengan cara membuat tweet promosi, yang mana bisa membuat tweet jadi lebih organik.

Kamu juga bisa beriklan dengan cara membuat Twitter Feeds yang disetting sebagai postingan bersponsor.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan promosi pada akunmu dengan cara menampilkan pilihan “Who To Follow” dengan menggunakan fitur “Promoted Tag”.

Untuk format beriklan di Twitter Ads ada berbagai macam, diantaranya yaitu :

  • Cards
  • GIF
  • Polling
  • Video
  • Promoted image
  • promoted text
  • Promoted account

Jika kamu ingin beriklan dengan cara menggunakan format Cards, kamu harus mencantumkan call to actions (CTA) agar bisa menarik perhatian audiens.

Kamu juga bisa menentukan target audiens dengan cara menentukan jenis kelamin, usia, followingnya, dan lainnya.

5. Adcash

Selain menjadi platform iklan, Adcash juga menyediakan berbagai layanan seperti membeli media serta berafiliasi.

Adcash sendiri telah bekerjasama dengan Webmaster yang mana merupakan owner dari situs website dan SSP.

Beriklan di Adcash bisa mempermudah kamu untuk melakukan navigasi.

Kamu juga bisa membuat iklan, meluncurkan campaign iklan, memonitoring iklan, serta mengoptimalkan iklan dari sebelum penayangan sampai penayangan berakhir.

Selain itu, kamu juga bisa memilih ingin membuat campaign iklan berkelanjutan atau yang express.

Kamu juga bisa menentukan sendiri target audiens untuk iklan bisnismu dengan cara menyesuaikan lokasi, minat, kata kunci, dan lainnya.

6. Outbrain

Platform iklan ini merupakan salah satu platform native ads yang sering digunakan oleh BBC, CNN, The Guardian, dan New York Post.

Ada berbagai macam format untuk beriklan di Outbrain yang bisa kamu gunakan, diantaranya yaitu :

  • Iklan feed
  • Iklan video
  • Rekomendasi konten
  • Daftar pencarian

Untuk iklan di Outbrain, kamu bisa menggunakan headline, logo brand, gambar yang sesuai dengan konten editorial.

Kamu bisa membuat iklan semenarik mungkin jika memang ingin beriklan di Outbrain agar bisa menarik perhatian para audiens yang membacanya.

Baca Juga : Memanfaatkan Facebook Ads Untuk Membangun Bisnis Online

Platform Iklan Ini Sering Digunakan Banyak Pengiklan

Bagi kamu yang ingin beriklan namun masih bingung ingin menggunakan platform iklan yang mana, kamu bisa memilih beriklan di Google Ads atau Facebook Ads saja.

Beriklan di kedua platform iklan tersebut sudah terbukti dan terjamin keberhasilannya dalam menjangkau audiens serta menambah pelanggan baru.

Kamu juga bisa menggunakan jasa iklan Google Ads dan Facebook Ads untuk beriklan di platform iklan tersebut.

Aidee Lab merupakan salah satu penyedia jasa yang bisa mengiklankan bisnismu di Google Ads dan Facebook Ads.

Selain menyediakan jasa Google Ads dan Facebook Ads, Aidee Lab juga menyediakan jasa TikTok Ads dan Instagram Ads.

Untuk mengetahui berapa biaya jasa yang harus kamu keluarkan, maka kamu bisa langsung hubungi nomor kontak yang tersedia di website Aidee Lab.

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.