Belajar Advertising: Langkah Awal Menjadi Ahli Iklan

Kalau kamu berminat untuk menjadi ahli iklan, maka kamu perlu belajar advertising agar paham bagaimana caranya beriklan di era digital seperti saat ini.

Sebagai informasi, cara beriklan di era jaman dahulu dan era digital sangat berbeda!

Maka dari itu, penting sekali untuk mulai belajar advertising agar paham apa saja perbedaan cara beriklan era dahulu dan era digital.

Tidak usah bingung bagaimana caranya belajar advertising. Sekarang ini, kamu bisa mengakses berbagai e-course yang mempelajari advertising.

Selain e-course, kamu juga bisa akses berbagai blog atau website yang memiliki niche advertising.

Jadi untuk menjadi seorang ahli iklan tidak perlu mengeluarkan biaya banyak, karena kamu bisa akses e-course, blog, ataupun website secara gratis!

Kamu juga bisa akses berbagai informasi mengenai belajar advertising melalui website Aidee Lab.

Sudah banyak berbagai artikel yang membahas mengenai advertising, salah satunya yaitu artikel Aidee Lab kali ini.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana caranya belajar advertising agar bisa menjadi ahli iklan, maka kamu bisa simak pembahasan lengkapnya di pembahasan selanjutnya ya!

Baca Juga : Apa Itu Platform Iklan Digital? Yuk Cari Tahu!

Cara Belajar Advertising Agar Ahli Beriklan

Belajar Advertising
Cara Belajar Beriklan | Sumber: Shamim H/Freepik

Memasuki era digital seperti saat ini, membuat kamu harus belajar advertising agar tidak ketinggalan jaman.

Selain agar tidak ketinggalan jaman, dengan belajar advertising juga bisa membuat kamu jadi seorang digital marketer yang handal!

Terlebih lagi sekarang ini sudah banyak pebisnis yang membutuhkan jasa dari seorang digital marketer untuk mengiklankan bisnis mereka secara digital.

Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan jika kamu telah ahli dalam beriklan secara digital.

Sebenarnya untuk belajar advertising ini tidak hanya diperuntukkan bagi kamu yang ingin menjadi seorang digital marketer ataupun yang ingin switch career.

Belajar advertising juga cocok dipelajari bagi para pebisnis yang ingin memulai beriklan secara digital!

Seperti yang kamu tahu, kalau dahulu beriklan hanya menggunakan media konvesional seperti koran berita, billboard di jalanan, atau iklan TV dan radio.

Namun seiringnya perkembangan jaman yang juga berpengaruh dalam dunia bisnis, membuat para pebisnis perlu mempelajari berbisnis di era digital, khususnya beriklan.

Biar tidak bingung, bagaimana caranya belajar advertising. Kamu bisa simak pembahasan berikut ini yang akan membahas cara belajar advertising yang tepat :

Baca Juga : Rekomendasi Jasa Iklan Website yang Recommended

1. Menentukan Persona Pelanggan

Saat belajar advertising, pastinya satu hal yang wajib pertama kali dipelajari yaitu menentukan persona pelanggan.

Dengan mempelajari persona pelanggan, nantinya kamu bisa tahu target audiens seperti apa yang akan kamu tentukan.

Kalau kamu masih bingung mengenai persona pelanggan, maka kamu bisa simak pembahasan singkatnya berikut ini:

Persona pelanggan atau buyer persona, merupakan profil yang menjadi target pasar produk yang akan kamu iklankan.

Maka dari itu, penting sekali untuk mempelajari buyer persona agar nantinya jika ingin beriklan bisa lebih mudah untuk menyusun strategi digital marketing.

Sebagai informasi, buyer persona dapat menentukan keberhasilan kamu selaku digital marketer.

Jadi, kalau bisa pahami dan kuasai buyer persona agar nantinya saat menentukan buyer persona tidak asal – asalan.

Sebagai tips, untuk menentukan buyer persona ini kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu agar bisa tercipta profil buyer persona yang lebih detail.

2. Melakukan Riset Kebutuhan Target Pasar

Jika sebelumnya sudah mempelajari bagaimana caranya menentukan buyer persona, maka jangan lupa untuk lanjut mempelajari riset kebutuhan target pasar.

Dengan mempelajari advertising yang satu ini, kamu bisa lebih mudah untuk melakukan identifikasi kebutuhan target audiens.

Sebelum memasarkan produk atau jasa ke target audiens, pastikan produk atau jasa tersebut mengatasi masalah yang dialami oleh target audiens.

Untuk memastikannya cukup mudah, kamu perlu melakukan riset seperti membuat focus group discussion (FGD), menyebarkan kuesioner, dan lainnya.

Baca Juga : Cara Beriklan di Google dengan Mudah!

3. Memahami Marketing Funnel

Jika kamu belum tahu apa itu marketing funnel, jadi marketing funnel merupakan gambaran mengenai tahapan yang dilalui oleh calon pelanggan untuk menjadi pelanggan.

Bisa dibilang marketing funnel merupakan tahapan untuk memprospek seseorang menjadi seorang pelanggan.

Ada lima tahapan dalam marketing funnel yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

  • Awareness 

Di tahapan ini, target audiens telah menyadari masalah yang tengah mereka hadapi dan ingin mengatasi masalah tersebut.

  • Consideration 

Setelah menyadari masalah yang sedang mereka alami, maka selanjutnya target audiens mencoba mencari tahu mengenai produk atau jasa yang sedang dibutuhkan.

  • Purchase 

Jika sudah mencari tahu mengenai produk atau jasa yang bisa mengatasi pemasalahannya, maka selanjutnya audiens memutuskan untuk menggunakan produk atau jasa yang disediakan oleh pebisnis.

  • Retention 

Pada tahap ini, pelanggan sudah menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh pebisnis. Dan tertanya pelanggan merasa puas dan teratasi permasalahannya, sehingga mereka memutuskan kembali untuk menggunakan produk atau jasanya.

  • Advocacy 

Tahapan marketing funnel yang terakhir yaitu pelanggan akhirnya merekomendasi produk atau jasa ke orang lain.

Dengan mempelajari bagian advertising ini, nantinya kamu bisa mengkategorikan target pasar sesuai marketing funnel. 

Kamu juga bisa membuat promosi sesuai dengan kebutuhan target audiens dengan tepat.

Jadi dengan mempelajari bagian advertising ini, kamu tidak lagi semberangan mengiklankan produk atau jasa.

Baca Juga : 9 Ciri Jasa Iklan Facebook Terpercaya, Jangan Terkecoh!

4. Menyusun Marketing Plan

Perlu kamu ketahui kalau ingin mempromosikan produk atau jasa tidak boleh dilakukan asal – asalan. Sebagus apapun produk atau jasanya, kalau tidak dipromosikan secara tepat akan gagal promosinya.

Maka dari itu, penting sekali untuk belajar advertising agar bisa tahu bagaimana cara yang benar untuk mempromosikan produk atau jasa.

Kamu bisa mulai belajar menyusun marketing plan agar bisa mencapai tujuan dalam berbisnis.

Dengan mempelajari susunan marketing plan juga bisa membantu kamu untuk membuat strategi promosi jadi lebih terarah dan lebih efisien.

Kamu jadi tahu apa yang perlu dikerjakan dan bagaimana cara untuk mengerjakannya.

5. Mempelajari Marketing Campaign

Dengan mempelajari marketing campaign merupakan salah satu cara untuk meraih goals marketing plan yang telah dibuat.

Bisa dibilang marketing campaign fokusnya lebih sempit, misalnya fokusnya hanya untuk brand awareness. Maka campaign iklannya hanya berfokus untuk meningkatkan brand awareness.

Adapun tahapan marketing campaign yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Menentukan tujuan dari campaign iklan, contohnya seperti mempromosikan produk atau layanan terbaru 
  • Tentukan cara mengukur hasil campaign iklannya. Misalnya kamu ingin mengukur hasil dari promosi produk atau jasa yang terbaru, maka cara mengukurnya yaitu dilihat dari jumlah PO, transaksi, dan lainnya 
  • Pilih target audiens yang lebih spesifik, caranya kamu bisa melakukan riset untuk mengetahui karakteristik target audiens 
  • Susunlah marketing campaign dengan tim lain. Misalnya kamu ingin membuat banner, maka kamu bisa bekerja sama dengan tim desain graphic. Untuk mempromosikan produk atau jasa di sosial media, maka kamu bisa bekerja sama dengan tim sosial media 

Baca Juga : Mau Buat Iklan? Lakukan 7 Cara Ini Sebelum Memilih Jasa Iklan !

Belajar Advertising dengan Mudah Agar Bisa Jadi Ahli Iklan!

Belajar Advertising
Belajar Beriklan dengan Mudah | Sumber: rawpixel.com/Freepik

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu pahami untuk belajar advertising.

Sebenarnya masih banyak lagi cara yang bisa kamu pelajari agar bisa menjadi ahli iklan.

Tidak hanya memahami cara – cara tersebut, kamu juga bisa mengikuti berbagai kursus digital marketing untuk belajar advertising.

Buat kamu yang bingung dimana belajar kursus digital marketing, kamu bisa baca artikel Aidee Lab yang berjudul “Kursus Digital Marketing Gratis Buat Kamu yang Pengen Belajar!“.

Sebenarnya masih banyak berbagai artikel Aidee Lab yang bisa kamu jadikan pedoman untuk belajar advertising.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa search di website Aidee Lab langsung ya!

Bagi kamu yang ingin beriklan di Meta Ads atau Google Ads juga bisa menggunakan jasa dari Aidee Lab.

Lebih lengkapnya mengenai keuntungan menggunakan jasa Meta Ads dan jasa Google Ads dari Aidee Lab, kamu bisa hubungi langsung tim Aidee Lab melalui nomor berikut ini:

0813-6209-8990

Atau kamu juga bisa kunjungi Instagram @aideelab!

Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.