fbpx

Blog Marketing : Panduan Belajar Marketing yang Efektif

Belajar marketing engga hanya melalui workshop dan kursus marketing saja, kamu juga bisa belajar melalui blog marketing lho!

Sudah banyak blog yang membahas mengenai marketing, jadi kamu engga perlu lagi buat ngeluarin uang yang banyak  hanya untuk belajar marketing saja.

Dengan melalui blog marketing, kamu bebas mau eksplore materi apa saja yang ingin kamu pelajari mengenai marketing.

Selain bebas eksplore materi marketing apa saja, kamu juga engga perlu ngeluarin uang yang banyak kalau belajar marketing melalui blog.

Pokoknya belajar marketing melalui blog marketing benar – benar nguntungin kamu banget lho!

Mulai dari hemat waktu, hemat biaya, serta kamu juga bisa akses kapan saja kamu mau.

Buat kamu yang pengen belajar marketing melalui blog marketing, bisa cek beberapa blog berikut ini ya!

Beberapa blog marketing berikut ini sudah terkenal dari dulu selalu share materi mengenai marketing.

Selain itu, kamu juga bisa buat blog marketing sendiri yang memiliki niche marketing lho.

Lebih lanjutnya, simak di pembahasan selanjutnya ya!

Baca Juga : Website Paling Bagus yang Bisa Kamu Jadikan Referensi!

Hemat Waktu & Hemat Biaya dengan Belajar di Blog Marketing

Seperti kata pepatah, “banyak jalan menuju Roma”, begitu juga kalau kamu pengen belajar marketing, kamu bisa belajar melalui media apa saja.

Workshop? Bisa!

Kursus marketing? Juga Bisa!

Melalui blogspot? Bisa banget!

Jadi, kamu engga perlu bingung lagi mau belajar marketing dari mana, karena sekarang ini sudah banyak media pembelajaran marketing yang bisa kamu cobain.

Salah satunya melalui blog marketing! Sudah banyak sekarang ini blog yang membahas mengenai marketing.

Buat kamu yang penasaran apa saja blog marketing, simak berikut ini ya!

1. Belajar Marketing dari Blog Khusus Marketing

Buat kamu yang lagi minim biaya dan pengen belajar marketing, bisa banget kunjungi beberapa blog marketing ini.

Dijamin kamu jadi jago dalam bidang marketing! Simak pembahasan mengenai blog marketing berikut ini.

a. Buffer Blog

Buat kamu yang tertarik dengan pemasaran secara online, cocok banget buat berkunjung ke Buffer Blog ini.

Di Buffer Blog banyak banget tips dan trik mengenai pemasaran melalui sosial media dan pemasaran secara digital.

Kamu juga bisa tahu apa saja yang sedang ngetren di pasaran, di Buffer Blog juga ada podcast mengenai marketing yang bisa kamu dengarkan.

b. Adweek

Di blog Adweek engga hanya membahas mengenai marketing saja, tetapi juga membahas beberapa hal yang sedang ramai diperbincangkan.

Ada beberapa kategori dalam blog Adweek, diantaranya yaitu : 

  • Perdagangan
  • Media sosial
  • Agensi
  • Pemasaran merek
  • Media

Dan masih banyak lagi berbagai macam kategori yang ada di blog Adweek.

Selain memiliki berbagai macam kategori, Adweek juga selalu rutin membagikan artikel mengenai tren bisnis nasional dan internasional.

Kamu bisa banget kunjungi blog Adweek buat tahu tren apa saja yang bisa kamu ikuti dalam menjalankan bisnismu!

Baca Juga : Mau Mendesain Blog? Ikuti Beberapa Cara ini Yuk!

c. Disruptive

Blog Disruptive ini bagus banget buat kamu yang sedang belajar gimana caranya beriklan agar bisnismu bisa berkembang pesat.

Di blog Disruptive ini bakalan bahas beberapa hal, misalnya : 

  • Mempelajari bagaimana caranya bisa meningkatkan konversi
  • Menyusun strategi pemasaran
  • Meningkatkan brand awareness
  • Menghitung metrik

Dan masih banyak lagi pembahasan marketing yang bisa jadi bahan belajar kamu. 

Kalau kamu engga tahu apa – apa mengenai periklanan, tenang saja blog Disruptive ini juga membahas mengenai dasar periklanan kok!

d. Ahrefs

Melalui blog Ahrefs ini, kamu akan mempelajari berbagai macam materi mengenai marketing lho! Berikut ini materi marketing yang bisa kamu pelajari di blog Ahrefs : 

  • Melakukan segmentasi pasar
  • Membuat konten pemasaran
  • Affiliate marketing
  • Pemasaran yang berbayar

Dan masih banyak lagi pembahasan marketing di blog Ahrefs yang bisa kamu pelajari untuk menambah wawasanmu mengenai marketing.

Di blog Ahrefs juga akan membahas bagaimana caranya melakukan pemasaran secara online.

Engga hanya itu saja, di blog Ahrefs juga share mengenai tips dan trik, dengan melalui tips dan trik tersebut bisa buat kamu jadi ‘pelopor’ di bidang bisnis lho!

e. QuickSprout

Di blog QuickSprout membahas berbagai macam pembahasan mengenai marketing yang bisa kamu jadikan bahan belajar untuk menguasai marketing.

Berikut ini beberapa pembahasan yang ada di blog QuickSprout : 

  • Melakukan pemasaran dengan cara menerapkan teknik SEM dan SEO
  • Email marketing
  • Pemasaran secara online

Dan berbagai macam pembahasan marketing lainnya bisa kamu jumpai di blog QuickSprout.

Engga hanya share mengenai bahasan marketing saja, di blog QuickSprout juga memberikan panduan bagi para pemula yang ingin memulai beriklan.

Di QuickSprout akan membahas bagaimana membuat strategi pemasaran di bidang bisnis.

Itulah tadi beberapa blog marketing yang bisa kamu jadikan tempat untuk belajar marketing!

Di pembahasan selanjutnya akan membahas mengenai bagaimana caranya membuat blog marketing buat kamu yang ingin menyalurkan pengetahuan kamu mengenai bidang marketing.

Yuk, simak di pembahasan berikut ini!

Baca Juga : Cara Meningkatkan Pengunjung Website Berkali – kali Lipat!

2. Cara Buat Blog Khusus Marketing

Sebelum membuat blog marketing, kamu harus tahu terlebih dahulu beberapa cara untuk membuat blog yang memiliki niche marketing.

Berikut ini beberapa caranya membuat blog marketing!

a. Tentukan Tujuan dan Sasaran 

Sebelum membuat blog marketing, kamu harus cari tahu terlebih dahulu mengenai tujuan dibuatnya blogmu, apakah kamu ingin membahas tips dan trik marketing atau membahas tren bisnis dan pemasaran.

Selain menentukan tujuan, kamu juga harus menentukan sasaran juga ya! Kamu bisa membuat sasarannya ke para pebisnis atau orang – orang yang suka belajar marketing.

b. Pilih Platform Blog

Setelah menentukan tujuan serta sasaran, maka kamu bisa langsung memilih platform blog mana yang cocok untuk membahas marketing.

Kamu bisa pilih platform blog seperti Blogger, Wix, atau WordPress. Kebanyakan orang lebih sering memilih platform WordPress karena lebih fleksibel dan bisa mengoptimasi SEO dengan mudah.

Baca Juga : Rekomendasi Jasa SEO Web yang Tentunya Worth It!

c. Memilih Domain

Setelah memilih dan membuat blog marketing, kamu bisa memilih menggunakan domain yang seperti apa.

Ada dua jenis domain yaitu subdomain dan subfolder. Tentunya kedua jenis domain itu berbeda.

Cara membedakannya yaitu kalau subdomain berakhiran .com, sedangkan subfolder berakhiran .com/blog.

d. Desain Blog dan Riset Keyword

Jika sudah memilih ingin menggunakan jenis domain yang seperti apa, maka kamu bisa mendesain blogmu agar terlihat menarik dan bagus tampilannya.

Selain itu, kamu bisa melakukan riset keyword untuk artikel yang akan kamu tulis di blogmu.

Tulislah artikel yang relevan dengan tujuan dan sasaran dari blogmu yang bersifat informatif dan bermanfaat.

Jangan lupa untuk mengoptimalkan blog marketing milikmu dengan cara teknik SEO on page ya!

e. Pentingnya Melakukan Promosi Blog

Kamu bisa mempromosikan blogmu ke sosial media agar banyak orang yang jadi tahu mengenai blogmu, sehingga blog marketing yang kamu punya bisa terkenal dan banyak dikunjungi orang.

Hal tersebut bisa menaikkan traffic websitemu lho!

Baca Juga : Mau Buat Web? Berikut Rekomendasi Jasa Membuat Website

Belajar Marketing di Blog Marketing Mana Saja!

Beberapa blog marketing tadi bisa kamu jadikan tempat untuk belajar marketing. Selain blog marketing di atas tadi, di Aidee Lab juga bisa lho!

Di Aidee Lab juga membahas beberapa hal yang berkaitan dengan marketing, khususnya iklan online dan digital marketing.

Lebih lanjutnya, kamu bisa kunjungi website Aidee Lab dan pilih menu “informasi” untuk membaca beberapa artikel Aidee Lab.

Untuk kamu yang ingin beriklan secara online juga bisa lho pakai jasa iklan online dari Aidee Lab!

Kamu bisa hubungi nomor kontak  yang tertera di websitenya Aidee Lab ya.

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.