fbpx

Cara Buat Iklan untuk Bisnis Kuliner

Untuk menjalankan bisnis tidak hanya sekedar menjalankan saja, kamu juga harus tahu bagaimana cara buat iklan agar bisnis yang kamu jalani bisa berjalan dengan lancar dan sesuai yang kamu inginkan.

Tanda dari iklan yang berhasil yaitu pendapatan bisnis meningkat drastis, sampai jumlah pesanan juga ikutan meningkat drastis.

Hanya saja cara buat iklan untuk setiap bisnis berbeda – beda, tidak ada yang sama. Adapun yang sama itupun hanya sebagian kecil saja, misalnya penerapan strateginya. Selebihnya berbeda.

Buat kamu yang ingin memulai berbisnis, lebih disarankan untuk berbisnis kuliner saja. Hal tersebut tentunya ada alasannya tersendiri.

Salah satu alasannya yaitu beriklan untuk bisnis kuliner cukup mudah dilakukan. Namun walaupun terbilang mudah, kamu perlu memahami berbagai hal untuk membuat iklannya.

Cara Buat Iklan
Ilustrasi Bisnis Kuliner | Sumber : Freepik

Pastinya ada strategi khusus untuk membuat iklan bisnis kuliner agar bisa memikat hati para target audiens.

Jadi walaupun terbilang mudah, sebenarnya tidak mudah banget kok. Apalagi sekarang ini sudah banyak berbagai macam bisnis kuliner yang bermunculan.

Hal tersebutlah yang menjadi tantangan bagi para pebisnis kuliner.

Namun kamu tenang saja, tantangan tersebut bisa kamu atasi dengan cara buat iklan yang menarik sehingga target audiens bisa tertarik untuk mencoba produk makanan yang kamu jual.

Tapi bagaimana ya cara buat iklan yang menarik tersebut? Nih, biar iklan bisnis kulinermu terlihat menarik dan berhasil memikat hati target audiens, kamu bisa simak cara buat iklan di pembahasan selanjutnya!

Baca Juga : Mau Buat Iklan? Lakukan 7 Cara Ini Sebelum Memilih Jasa Iklan !

Cara Buat Iklan Agar Bisnis Kuliner Makin Ramai Pembeli!

Dari sekian banyaknya bisnis, bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang penuh resiko. Ya, walaupun semua bisnis juga ada resikonya tersendiri, namun bisnis kuliner ini mudah sekali bangkrutnya lho!

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan bisnis kuliner bisa lebih cepat bangkrut, bisa dikarenakan faktor internal dan faktor eksternal.

Untuk faktor eksternalnya sendiri bisa disebabkan karena persaingan antar kompetitor. Seperti yang kamu tahu kalau bisnis kuliner ini banyak sekali kompetitornya.

Mau itu kulinernya sejenis ataupun berbeda jenis.

Maka dari itu, penting sekali untuk tetap terus melakukan riset kompetitor agar kamu bisa tahu apa saja kekurangan dari kompetitor yang bisa kamu kembangkan untuk menjadi keunggulan bagi bisnismu.

Nah, sedangkan untuk faktor internalnya bisa saja terjadi disebabkan tidak adanya inovasi sehingga membuat bisnis kulinermu tidak berkembang.

Cara Buat Iklan
Ilustasi Skeama Inovasi | Sumber : Pixabay

Tentunya hal tersebut menyebabkan bisnis jadi tertinggal dengan kompetitor lainnya, hal tersebutlah yang menyebabkan bisnis kuliner jadi lebih cepat bangkrut.

Nah, biar bisnis kuliner bisa tetap terus berjalan sampai buka cabang di mana – mana, kamu bisa memulai cara dengan membuat iklan.

Cara buat iklan untuk bisnis kuliner ini cukup mudah dilakukan, kamu hanya perlu menyusun strategi saja.

Dengan strategi tersebutlah kamu bisa langsung membuat iklan untuk bisnis kulinermu.

Baca Juga : Iklan Digital yang Bisa Kamu Jadikan Ide Buat Iklanin Brand Kamu!

Buat kamu yang ingin tahu bagaimana cara buat iklan yang benar untuk bisnis kuliner, simak caranya berikut ini ya : 

1. Menentukan Tujuan serta Target Audiens

Sudah seharusnya jika ingin beriklan harus memiliki tujuannya serta target audiensnya. Jika tidak menentukan keduanya, maka sia – sia konten iklan yang sudah dibuat.

Tidak hanya konten iklannya saja yang jadi sia – sia, biaya budget yang kamu keluarkan untuk beriklan juga jadi terbuang sia – sia.

Maka dari itulah penting sekali untuk menentukan tujuan beriklan dan target audiensnya.

Kamu bisa menentukan target audiensnya seperti apa, apakah kamu ingin audiensnya usia remaja, ibu rumah tangga, ataupun lansia.

Dari menentukan target audiens tersebutlah kamu bisa jadi memahami audiens, selain itu kamu juga bisa menentukan gaya serta bahasa seperti apa yang cocok untuk iklan bisnis kulinermu.

2. Membuat Cerita yang Menarik

Mungkin kamu bakalan bingung, emangnya apa hubungannya beriklan dengan membuat cerita?

Tentunya beriklan dan membuat cerita masih berhubungan satu sama lain ya. Iklan yang punya cerita menarik dan unik bisa menambah nilai lho!

Salah satu nilai tambahnya yaitu para audiens yang awalnya tidak tertarik untuk membeli jualanmu, ketika melihat iklanmu yang sambil bercerita malah jadi penasaran dan tertarik untuk membelinya.

Kamu bisa menceritakan keunggulan kulinermu yang tidak dimiliki oleh bisnis kuliner lainnya. Pastikan cerita yang dibuat unik dan menarik ya.

Contohnya saja seperti membuat video ketika sedang memproduksi sebuah makanan, di video tersebut kamu bisa ceritakan langkah – langkahnya.

Untuk membuat cerita yang menarik ini pastikan ditulis langsung oleh seorang copywriter ya! Biasanya seorang copywriter sangat ahli untuk memikat hati audiens hanya lewat kata – kata.

Baca Juga : Beberapa Platform Iklan Buat yang Ingin Beriklan

3. Menampilkan Visual yang Menarik

Tidak hanya membuat cerita yang menarik saja, kamu juga harus menampilkan visual semenarik mungkin agar audiens bisa tertarik untuk mencobanya.

Ambil foto atau video sebagus mungkin, dan pastikan hasilnya HD atau berkualitas tinggi dan resolusinya tidak pecah.

Lebih disarankan untuk mengambil foto atau videonya di tempat yang memiliki pencahayaan yang bagus ya.

Selain itu, untuk mengambil foto atau video tidak boleh asal ambil saja. Kamu juga harus memperhitungkan tata letaknya serta color gradingnya.

Pastikan juga color gradingnya sesuai dengan warna makanannya agar serasi dan terlihat menarik di mata audiens.

Tentunya dengan memperhitungkan tata letak, pencahayaan, serta color grading bisa membuat makanan maupun minuman jadi terlihat lebih menarik dan menggiurkan.

4. Menggunakan Musik Pendukung

Sekarang ini di berbagai media sosial sudah bisa menggunakan musik sebagai pendukung konten iklan.

Kamu bisa memilih musik yang sesuai dengan konten iklan bisnis kulinermu. Kalau bisa gunakanlah musik yang ceria, malah lebih disarankan menggunakan musik yang sedang viral.

Kalau kamu membuat konten iklan yang sedang makan atau minum, pastikan suara ketika makan atau minumnya terdengar ya.

Biasanya suara seperti tersebut mampu menggugah selera para audiens.

Baca Juga : Kursus Pemasaran Online Buat yang Ingin Belajar Beriklan

5. Membuat Konten Video Singkat

Sekarang ini banyak orang yang lebih menyukai konten video berdurasi singkat, hal tersebut bisa kamu jadikan ide saat ingin membuat konten iklan.

Akan tetapi yang menjadi permasalahan dalam membuat konten video berdurasi singkat yaitu konten tersebut haruslah mencakup semua informasi mengenai bisnis kuliner.

Maka dari itu, usahakanlah konten iklan tersebut dibuat semenarik mungkin dengan informasi yang ringkas namun mencakup keseluruhan informasi mengenai bisnis kulinermu.

6. Membuat Call To Action

Tidak sah rasanya sebuah iklan kalau tidak membuat call to action, maka dari itu usahakan untuk membuat call to action ya.

Ketika membuat call to action usahakan menaruhnya di akhir agar para audiens bisa mengetahui tindakan seperti apa yang akan dilakukan untuk selanjutnya.

Contohnya saja, kamu ingin membuat call to action yang berisikan mengajak audiens mengunjungi cafe atau memesan makanan maupun minuman secara online.

Untuk membuat call to action, kamu bisa meminta bantuan dari copywriter yang mana hal tersebut sudah termasuk jobdesk mereka.

Baca Juga : Cara Membuat Business Manager Bantu Efektifkan Iklan Bisnis Mu!

Cara Buat Iklan dengan Mudah Untuk Bisnis Kuliner

Cara buat iklan yang satu ini terbilang mudah untuk sebuah bisnis kuliner, caranya yaitu dengan menggunakan jasa iklan online.

Menggunakan jasa iklan online, kamu bakalan dibantu oleh tim jasa untuk menyusun strategi yang cocok untuk mengiklankan bisnis kulinermu sehingga bisa menarik lebih banyak pelanggan.

Buat kamu yang ingin beriklan online, maka kamu bisa menggunakan jasa iklan online dari Aidee Lab saja!

Aidee Lab telah berpengalaman dan terpercaya dalam menghandle iklan dari berbagai bidang bisnis.

For more info mengenai jasanya, kamu bisa hubungi langsung tim Aidee Lab sekarang juga!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.