fbpx

Cara Endorse Influencer untuk Mempromosikan Brand

Jika kamu punya brand dan ingin brandmu bisa dikenal banyak orang, maka kamu bisa mempromosikannya dengan cara endorse influencer!

Di era digital seperti sekarang ini, mengendorse influencer lebih manjur ketimbang mempromosikan brand melalui iklan di televisi maupun di radio.

Ada beberapa alasan mengapa mengendorse influencer lebih manjur daripada menggunakan teknik promosi lainnya.

Pertama, sekarang ini kebanyakan orang lebih sering mengakses media sosial daripada media lainnya.

Dengan melihat hal tersebut, tentunya membuat peluang besar bagi kedua belah pihak yaitu pebisnis dan influencer!

Dari segi para pebisnis lebih mudah menjangkau audiens secara luas hanya dengan menggunakan media sosial.

Apalagi melalui media sosial tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk mempromosikan sebuah brand.

Sedangkan dari segi para influencer, hal ini menguntungkan mereka untuk mendapatkan cuan dari endorse-an!

Dari hasil endorse-an tentunya seorang influencer akan mendapatkan bayaran!

Cara Endorse
Ilustrasi Influencer Mendapatkan Cuan | Sumber : Pixabay

Apalagi kalau influencer tersebut memiliki jumlah pengikut yang banyak, pastinya tarif endorsenya mahal.

Alasan yang kedua yaitu seorang influencer mampu mempengaruhi pengikutnya dengan cara mereka sendiri.

Misalnya saja seorang influencer sedang mempromosikan makanan basreng dari merek A, influencer tersebut mengatakan kalau basreng tersebut enak dan harganya juga murah.

Tentunya para pengikut akun sosial medianya pasti merasa penasaran dan tergerak untuk membeli basreng tersebut.

Dari dua alasan tersebutlah mengapa mengendorse seorang influencer sangat manjur dan ampuh sekali untuk meningkatkan penjualan.

Namun bagi kamu yang ingin mengendorse influencer harus menyiapkan biaya ya! Hal tersebut dikarenakan perlu membayar jasa influencer yang telah mempromosikan brandmu.

Ya, bisa dikatakan mengendorse influencer sama seperti kamu menggunakan jasa iklan online.

Untuk biayanya sendiri tergantung tarif dari influencernya ya, tarifnya sendiri bervariasi. Semuanya tergantung berapa banyak jumlah followers di akun media sosial influencer.

Jika kamu ingin mengendorse, ada beberapa cara endorse influencer yang bisa kamu ikuti caranya.

Ingin tahu bagaimana cara endorse influencer? Simak caranya di pembahasan selanjutnya!

Baca Juga : Perbedaan Advertising dan Endorsement dalam Pemasaran Online

Cara Endorse Influencer ini Dijamin Berhasil!

Untuk cara endorse seorang influencer ada caranya tersendiri, kamu tidak bisa asal ajak seorang influencer untuk mengendorse brand yang kamu punya.

Bisa dibilang tidak semua influencer yang mau menerima segala macam brand, tentunya seorang influencer akan menerima endorse sesuai dengan niche konten mereka.

Bayangkan saja jika niche konten seorang influencer tersebut berupa make up & skincare, namun kamu ingin mengendorse brandmu yang berniche peralatan kantor.

Cara Endorse
Ilustrasi Influencer Make Up & Skincare | Sumber : Freepik

Pastinya tidak nyambung, kan? Maka dari itulah alasannya mengapa seorang influencer juga tidak bisa menerima asal endorse-an.

Namun lain cerita kalau niche konten si influencer dengan niche brandmu sama, tapi ajakan endorse-an kamu ditolak.

Pasti ada beberapa hal atau alasan mengapa endorse-an tersebut ditolak, bisa saja dari segi cara endorse si influencer.

Nah, biar endorse-an kamu diterima sama si influencer, berikut ini beberapa cara endorse influencer yang benar dan dijamin diterima ajakannya!

Simak cara endorse influencer berikut ini.

Baca Juga : Wajib Tau! Ini 10 Strategi Pemasaran Media Sosial Yang Ampuh

1. Memilih Influencer yang Sesuai dengan Brand

Seperti di pembahasan sebelumnya, penting sekali untuk memilih influencer yang se-niche dengan brandmu.

Influencer yang se-niche dengan brandmu memiliki peluang besar untuk meningkatkan penjualan brandmu lho!

Tidak hanya itu, kamu juga perlu memilih influencer yang sesuai dengan brandmu. Perhatikan juga bagaimana gaya hidup influencer, cara berpakaiannya, dan lainnya.

Pada intinya pastikan si influencer tersebut mencerminkan brand yang kamu miliki.

2. Pilih Influencer yang Berkepribadian Positif

Memilih influencer tidak hanya sesuai dengan niche brandmu saja, namun kamu juga harus memilih influencer yang memiliki kepribadian yang positif!

Salah dalam memilih influencer bisa buat kamu jadi ‘rugi’ lho.

Misalnya saja si influencer tersebut memiliki reputasi yang kurang bagus, namun kamu mengendorse dia.

Hal ini dikarenakan sudah tidak ada lagi yang mempercayai si influencer tersebut, sehingga brand yang diendorse oleh influencer tersebut dianggap ‘angin’ lalu saja.

Maka dari itulah cara endorse ini harus dilakukan, ada baiknya kamu harus mengecek terlebih dahulu bagaimana reputasi sang influencer. Apakah reputasinya bagus atau tidak bagus.

Baca Juga : Mengoptimalkan Jasa Influencer Meningkatkan Brand Awareness

3. Menghubungi Si Influencer

Jika sudah mendapatkan beberapa list influencer yang sudah memenuhi syarat dan sesuai dengan brandmu.

Maka cara endorse selanjutnya kamu bisa langsung menghubungi si influencer tersebut! 

Kamu bisa menghubungi nomor kontak yang bisa dihubungi yang tersedia di bio akun media sosial mereka, saat menghubungi influencer kalau bisa menggunakan akun bisnis ya.

Menghubungi influencer dengan menggunakan akun bisnis agar terlihat lebih profesional. Selain menghubungi nomor kontak, kamu juga bisa menghubungi influencer dari berbagai cara. 

Seperti menghubungi melalui : 

  • Direct Message (DM) Instagram

Kalau dulu para influencer biasanya menerima endorse-an dari direct message (DM), sekarang ini sudah jarang influencer yang menerima endorse dari direct message (DM).

Hal tersebut dikarenakan pesan endorse yang masuk tertumpuk dengan pesan random dari para followers.

Maka dari itulah alasannya mengapa para influencer mengarahkan para pebisnis untuk hubungi langsung melalui nomor kontak yang disediakan.

  • Mendatangi Event yang Dihadiri Influencer

Biasanya para influencer akan menghadiri event, disinilah kesempatan kamu untuk mendatangi event yang didatangi oleh influencer yang kamu incar!

Cara ini memang lebih banyak menghabiskan waktu dan biaya, namun dengan cara ini juga kamu bisa langsung mengajak kerjasama dengan si influencer.

Dengan mengajak kerjasama secara langsung, berpeluang besar ajakan kerjasama diterima langsung lho.

  • Menghubungi Kembali Influencer

Kalau kamu sebelumnya pernah menggunakan influencer, dan hasil menggunakan influencer tersebut memuaskan.

Maka kamu bisa menghubungi kembali si influencer tersebut ya! 

Cara yang satu ini tentunya mempermudah kamu untuk menghubungi influencer karena kamu sudah memiliki nomor kontaknya.

4. Menanyakan Rate Card & Engagement Rate

Jika sudah bisa menghubungi si influencer, jangan lupa untuk menanyakan rate card dan engagement rate ya!

Dengan mengetahui rate card dan engagement rate, kamu bisa tahu apakah biaya yang kamu persiapkan sesuai dengan rate card dan engagement rate si influencer atau tidak.

Perlu kamu ingat, semakin banyak followers influencer tersebut maka semakin mahal biayanya.

Sebaliknya, semakin sedikit jumlah followers influencer maka lebih murah biayanya.

Perlu kamu ketahui juga, jumlah followers yang banyak tidak menjamin penjualanmu jadi meningkat.

Hal tersebut tergantung pada kualitas kontennya ya! Maka dari itu, ada baiknya kamu juga harus memilih influencer yang memang memiliki konten yang berkualitas dan bagus.

Baca Juga : Contoh Influencer yang Bisa Bantu Brand Kamu Makin Terkenal

5. Membuat Perbandingan dengan Influencer Lain

Seperti di pembahasan sebelumnya, kamu perlu sekali membuat list influencer mana saja yang ingin kamu endorse.

Jadi kalau nantinya influencer A tidak sesuai dengan brandmu, maka kamu bisa langsung hubungi influencer B.

Begitu seterusnya sampai kamu menemukan influencer yang benar – benar sesuai dengan brandmu.

6. Membuat Perjanjian

Kalau sudah menemukan influencer yang sesuai dengan brandmu, maka kamu bisa langsung membuat perjanjian antara brandmu dengan si influencer.

Kamu bisa membuat kontrak perjanjian berupa jadwal posting endorse-annya, dan cara endorse ini menghindari hal – hal yang merugikan.

7. Menyiapkan Brief Konten Endorse

Jika sudah membuat kontrak perjanjian, maka kamu bisa langsung menyiapkan brief konten endorse yang nantinya akan direview lagi oleh si influencer.

Biasanya brief konten endorse ini berisi mengenai brand yang akan dipromosikan oleh influencer.

Baca Juga : Apa Itu Influencer Marketing dan Bagaimana Tips Mendapatkan Uang Sebagai Influencer Marketer?

Cara Endorse Influencer yang Tepat

Itulah tadi beberapa cara endorse influencer yang benar dan tepat, tentunya dengan cara tersebut dijamin langsung bisa diterima ajakan endorse-mu.

Cara endorse tersebut juga sering digunakan oleh para KOL (key opinion leader) untuk bekerja sama dengan para influencer.

Buat kamu yang ingin mempromosikan brandmu selain dengan cara endorse influencer, kamu bisa menggunakan jasa iklan online saja.

Perbedaannya hanyalah, iklan online diiklankan oleh agency atau kamu sendiri juga bisa.

Sedangkan untuk cara endorse memerlukan seorang influencer yang mampu mempengaruhi followersnya.

Buat kamu yang ingin menggunakan iklan online untuk mempromosikan brandmu, maka kamu bisa menggunakan jasa iklan online dari Aidee Lab saja!

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa hubungi langsung tim Aidee Lab (0813-6209-8990) sekarang juga ya!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.