fbpx

Cara Memasarkan Produk Elektronik Agar Cepat Laku!

Dibanding jenis produk lainnya yang mudah untuk dipasarkan, produk elektronik merupakan jenis produk yang paling sulit untuk memasarkan produk tersebut.

Tentunya ada beberapa alasan mengapa produk elektronik sulit untuk dipasarkan, diantaranya pemakaian produk elektronik yang tahan lama, dan tidak semua orang membutuhkan produk elektronik setiap harinya.

Berbeda dengan jenis produk lainnya, misalnya produk makanan yang mana pastinya produk tersebut dibutuhkan banyak orang setiap harinya. Kalau produk elektronik biasanya dibutuhkan ketika sudah urgent saja.

Contohnya jika laptop kerja sudah mengalami kerusakan yang parah sampai tidak bisa lagi diservice, tentunya hal tersebut mengharuskan kamu membeli laptop baru.

Untuk membeli produk elektronik baru tentunya memerlukan banyak pertimbangan, mengingat harga produk elektronik yang tidak semurah jenis produk lainnya.

Biasanya orang – orang akan mempertimbangkan soal biaya dan spesifikasi produk elektroniknya, kalau biayanya mahal namun spesifikasinya kurang tentunya orang – orang akan berpikir dua kali untuk membelinya.

Memasarkan Produk
Ilustrasi Pelanggan Membeli Produk Elektronik | Sumber : marinaghanis98/Freepik

Kebanyakan orang mencari produk elektronik yang biayanya terjangkau namun spesifikasinya lengkap.

Kalaupun tidak menemukan produk elektronik yang seperti itu biasanya orang – orang akan mencari produk elektronik yang diskon.

Bagi kamu yang merupakan pebisnis atau head marketing dari sebuah brand elektronik, sepertinya perlu mengikuti beberapa cara pemasaran produk khusus untuk memasarkan produk elektronik.

Kamu bisa simak cara memasarkan produk elektronik lebih lengkap pada pembahasan selanjutnya ya!

Baca Juga : Strategi Pemasaran UMKM yang Efektif

Produk Elektronik Laris dengan Cara Memasarkan Produk Ini!

Setiap produk tentunya perlu sekali dipasarkan, jika tidak dipasarkan kapan lakunya? Maka dari itu, penting sekali untuk memasarkan produk.

Hanya saja untuk melakukan pemasaran produk ada beberapa cara yang perlu dilakukan agar bisa cepat laris manis.

Misalnya saja kamu punya bisnis makanan, tentunya kamu bisa memasarkan produkmu secara online seperti berjualan di media sosial. 

Atau kamu juga bisa memasarkannya secara offline dengan cara menitipkan produk makananmu di warung atau kantin sekolah.

Tentunya terlihat mudah untuk menjual produk makanan, kan? Namun berbanding terbalik jika kamu memasarkan produk elektronik.

Untuk menjual produk elektronik, kamu perlu berbagai macam cara untuk memasarkan produk elektronik tersebut. Hal tersebut dilakukan karena produk elektronik merupakan barang yang cukup sulit untuk terjual.

Biasanya produk elektronik terjual karena ada beberapa hal, bisa karena ada promo diskon, benefit yang didapatkan, dan spesifikasi yang memenuhi kebutuhan orang – orang.

Memasarkan Produk
Ilustrasi Etalase Produk Elektronik | Sumber : evsergreev36/Freepik

Buat kamu yang ingin memasarkan produk elektronik bisa banget buat ikuti ketiga cara tersebut tadi, yaitu memberikan penawaran menarik seperti promo diskon dan benefit kalau membelinya.

Serta juga bisa menjual produk elektronik yang memang spesifikasinya lengkap dan sesuai dengan kebutuhan orang – orang.

Dijamin dengan mengikuti ketiga cara tersebut saja, kamu bisa berpeluang besar menjual beberapa unit produk elektronik.

Apalagi kalau kamu mengikuti beberapa cara pemasaran produk berikut ini, dijamin produk elektronik yang kamu jual cepat lakunya!

Untuk selengkapnya mengenai cara memasarkan produk elektronik, kamu bisa simak pembahasannya berikut ini.

Baca Juga : Wajib Tau! Ini 10 Strategi Pemasaran Media Sosial Yang Ampuh

1. Menggunakan E-Commerce

Sekarang ini kebanyakan orang lebih menyukai berbelanja melalui e-commerce, melihat fenomena tersebut kamu bisa menggunakan e-commerce untuk memasarkan produk elektronik.

Kamu juga bisa pilih ingin menggunakan e-commerce yang mana, apakah Shopee, Tokopedia, BliBli, atau Lazada.

Pilihlah e-commerce yang memang bisa menjual produk elektronik, jangan lupa juga untuk mengecek syarat dan ketentuan berlakunya jika menjual produk elektronik di e-commerce tertentu.

Ketika kamu memilih menggunakan e-commerce untuk menjual produk elektronik jangan lupa untuk menerapkan beberapa strategi berikut ini : 

a. Melakukan Optimasi Toko Online

Jarang ada pebisnis yang mengetahui kalau mengoptimasi toko online sangat berpengaruh untuk meningkatkan penjualan produk secara online.

Kamu bisa melakukan optimasi toko online dengan cara membuat deskripsi produk elektronik yang kamu jual, gunakanlah foto produk yang HD dan menarik, serta rutin mengecek testimoni pelanggan.

b. Memberikan Berbagai Penawaran Menarik

Siapa sih yang tidak suka denga penawaran menarik yang diberikan oleh brand tertentu? Tentunya semua orang pasti suka. 

Maka dari itu, kamu bisa gunakan fitur penawaran menarik seperti diskon atau promosi di platform e-commerce tertentu agar bisa menarik lebih banyak orang untuk membeli produk elektronik.

Untuk memberikan penawaran menarik, jangan lupa juga untuk menghitung keuntungannya. Jangan nantinya sering memberikan penawaran menarik malah berujung jadi rugi.

Kalau bisa buatlah penawaran khusus untuk hari – hari tertentu saja, misalnya hari belanja nasional atau flash sale.

c. Memberikan Pelayanan Terbaik

Jangan hanya memberikan berbagai penawaran menarik saja, kamu juga harus memberikan pelayanan terbaik.

Usahakanlah untuk tetap responsif serta bersikap profesional ke pelanggan, tampung dan jawab semua pertanyaan serta keluhan dari para pelanggan.

Jangan lupa untuk menjawabnya dengan fast respon agar bisa membangun kepercayaan serta loyalitas pelanggan.

Baca Juga : Tujuan Pemasaran Digital yang Perlu Diketahui

2. Menggunakan Sosial Media Marketing

Kalau sebelumnya tadi sudah menggunakan e-commerce, maka jangan lupa untuk menggunakan sosial media marketing juga.

Seperti yang kamu ketahui kalau sosial media sangatlah luas jangkauannya, maka dari itulah alasannya perlu sekali menggunakan sosial media untuk memasarkan produk elektronik.

Jika ingin menggunakan sosial media untuk memasarkan produk elektronik, kamu bisa menerapkan beberapa strategi berikut ini : 

a. Memilih Platform Sosial Media

Sosial media banyak jenisnya, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan masih banyak lainnya.

Kamu bisa memilih platform yang sesuai dengan target audiensmu dimana, misalnya target audiensmu usia dewasa yang menggunakan platform Instagram.

Maka kamu bisa memilih Instagram sebagai sosial media untuk memasarkan produk elektronik yang kamu jual.

b. Membuat Konten Visual yang Menarik

Kalau ingin memasarkan produk elektronik di sosial media, jangan lupa juga untuk membuat konten visual yang menarik.

Konten dengan visual yang menarik tentunya dijamin bisa membuat banyak orang jadi penasaran dan tertarik untuk membeli produk elektronik yang kamu jual.

Buatlah konten yang berjenis video atau gambar berkualitas HD, kamu bisa tentukan ingin membuat konten yang seperti apa.

Apakah kontennya dalam bentuk testimoni produk yang dikolase, video unboxing produk elektronik, atau video tutorial menggunakan produk elektronik.

Pastikan kontennya dibuat secara menarik dan unik namun juga memberikan informasi ya!

c. Menggunakan Iklan Berbayar

Opsi yang satu ini sudah dipastikan mampu menjangkau target audiens yang telah kamu buat, untuk cara menggunakan iklan berbayar cukup mudah.

Kamu bisa menggunakan fitur iklan berbayar yang sudah tersedia di berbagai sosial media.

Ketika menggunakan fitur iklan tersebut, jangan lupa untuk setting minat, perilaku konsumen, serta demografi sesuai dengan target marketmu.

Baca Juga : Mengenal Berbagai Jenis Pemasaran Produk

3. Membuat Website Bisnis

Jarang dilakukan banyak pebisnis, namun cara yang satu ini ampuh sekali untuk memasarkan produk elektronik yang kamu jual!

Caranya yaitu dengan membuat website bisnis yang sudah teroptimasi SEO.

Buat kamu yang belum tahu apa itu SEO, jadi SEO merupakan cara untuk mengoptimalkan website bisnis agar bisa tampil di mesin pencari seperti Google.

Dengan menggunakan SEO tidak menutup kemungkinan juga bisa membuat website bisnis jadi lebih sering dikunjungi banyak orang karena website bisnis tampil di halaman pertama pada mesin pencari.

Untuk mengoptimasi website dengan SEO ada beberapa strategi yang perlu kamu lakukan, diantaranya :

a. Melakukan Riset Keyword

Untuk membuat website jangan lupa juga untuk melakukan riset keyword yang sesuai dengan produk elektronik yang kamu jual.

Kamu bisa gunakan tools seperti Google Keyword Planner untuk meriset keyword dengan search volume yang rendah dan tinggi persaingannya.

b. Membuat Konten yang Berkualitas

Sama halnya dengan sosial media, di website juga perlu membuat konten yang berkualitas. Hanya saja untuk konten yang dibuat jenisnya berbeda dengan konten di sosial media.

Di website biasanya jenis kontennya berupa artikel, tutorial memesan produk, sampai testimoni mengenai produk.

Buatlah konten yang berkualitas agar website bisnis bisa menempati peringkat teratas di mesin pencari seperti Google.

c. Optimasi On Page

Setiap website perlu sekali untuk mengoptimasi secara on page, kamu bisa menggunakan keyword pada judul, header, konten utama, dan meta description.

Tidak hanya itu saja, pastikan juga website bisnis harus responsif serta memiliki loading yang cepat saat membuka halaman website.

Baca Juga : Susun Strategi Pemasaran Biar Bisnis Makin Cuan!

Cara yang Benar Untuk Memasarkan Produk Elektronik

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk elektronik sehingga produk yang kamu jual bisa cepat lakunya.

Kamu juga bisa menggunakan cara khusus yang satu ini! Yaitu dengan cara menggunakan jasa iklan online. 

Dengan menggunakan jasa iklan online, kamu bisa beriklan di berbagai media seperti Meta Ads, TikTok Ads, dan Google Ads.

Kamu bisa menemukan jasa iklan online tersebut hanya di Aidee Lab! Aidee Lab menyediakan ketiga jenis jasa iklan online tersebut.

Untuk lebih lengkapnya mengenai jasa iklan online tersebut, kamu bisa langsung hubungi tim Aidee Lab sekarang juga ya!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.