fbpx

Cara Membuat Brand Identity untuk Bisnis Fashion

Satu hal yang sering dilupakan oleh para pebisnis ketika ingin menjalankan bisnis yang banyak saingannya, yaitu membuat brand identity. 

Padahal dengan membuat brand identity bisa membuat bisnis jadi terlihat berbeda dengan bisnis lainnya yang masih sama jenisnya.

Misalnya saja kamu ingin berbisnis minuman A, padahal minuman A sudah banyak yang jual dan rata – rata yang menjualkannya sudah memiliki ‘nama yang besar’. 

Tentunya hal tersebut terkesan mustahil bisa bersaing dengan kompetitor yang lain, apalagi kompetitornya sudah terkenal. 

Namun tantangan tersebut bisa ditangani dengan berbagai cara, salah satunya yaitu membuat identitas brand agar terlihat berbeda dan lebih menonjol dari kompetitor lainnya. 

Selain bisa menonjol dan terlihat berbeda dari kompetitor lainnya, membuat identitas brand juga bisa meningkatkan brand awareness

Brand awareness yang meningkat pertanda sudah banyak orang yang menyadari kalau brand yang kamu tawarkan berbeda dengan brand yang lainnya, sehingga mereka jadi penasaran dengan brand yang kamu tawarkan. 

Baca Juga : Membangun Branding yang Autentik Menggunakan Jasa Desain Company Profile

Membuat Brand Identity
Ilustrasi Konsumen yang Tertarik dengan Produk | Sumber : Freepik

Masih banyak lagi manfaat dari membuat identitas brand ini, untuk lebih lengkapnya kamu bisa langsung search di Google mengenai manfaat dari membuat identitas brand untuk bisnis. 

Bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis ataupun sedang menjalankan bisnis yang banyak saingannya, maka kamu bisa ikuti beberapa cara membuat brand identity di pembahasan selanjutnya. 

Simak lebih lengkap cara membuat brand identity di pembahasan selanjutnya! 

5 Cara Membuat Brand Identity yang Tepat

Biasanya bisnis yang kurang ‘laku’ dan sedikit pengunjungnya bisa disebabkan berbagai hal! Ya, salah satunya tidak membuat brand identity. 

Padahal membuat identitas brand sangat penting sekali lho, namun balik lagi masih ada pebisnis yang tidak membuat identitas brand. 

Untuk membuat brand identity tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak, yang perlu dilakukan yaitu riset dan berinovasi! 

Riset yang dimaksud yaitu riset kompetitor, dengan dilakukannya riset tersebut maka bisa jadi tahu apa saja kekurangan dan kelebihan dari brand kompetitor. 

Selain itu, perlu sekali untuk melakukan riset target pasar, yang mana penting juga agar mengetahui apa saja kebutuhan yang diperlukan oleh kebanyakan orang.

Nah, yang dimaksud berinovasi yaitu membuat brand yang unik dan menarik namun masih tetap relevan dengan kebutuhan banyak orang. 

Dengan berinovasi bisa membuat brand jadi berbeda dari brand lainnya, selain itu juga mampu  bersaing di pasaran. 

Semua jenis bisnis perlu sekali melakukan kedua hal tersebut, termasuk juga kalau kamu ingin menjalankan bisnis fashion. 

Seperti yang kamu ketahui kalau bisnis fashion juga sangat banyak kompetitornya, apalagi tiap brand pasti ada saja inovasinya. 

Maka dari itulah alasannya jika membuka bisnis fashion tidak boleh ketinggalan tren, perlu sekali untuk tetap up to date mengenai dunia fashion.

Baca Juga : Kurangnya Konsistensi Visual: Kesalahan Desain yang Harus dihindari dalam Branding di Instagram

Membuat Brand Identity
Ilustrasi Pebisnis Fashion yang Up to Date | Sumber : Freepik

Kamu juga harus tahu pakaian seperti apa yang sedang tren dan sedang digemari banyak orang. 

Oke, balik lagi terkait mengenai membuat brand identity. 

Walaupun kamu membuka usaha fashion penting juga untuk membuat idendtitas brand ya! Buat kamu yang merasa bingung bagaimana cara membuatnya, maka kamu bisa simak pembahasannya berikut ini. 

1. Menentukan Identitas Brand

Kamu bisa menentukan identitas brand dengan cara menonjolkan karakteristik yang unik dari brand fashionmu. 

Dengan menonjolkan karakteristik tersebut bisa mempermudah banyak orang untuk mengenal brand fashion yang kamu punya. 

Contohnya saja seperti kamu mempunyai brand fashion yang menggunakan kain lembut dan tidak bikin gatal – gatal. 

Nah, kamu bisa membranding fashionmu dengan menjelaskan bahwa semua pakaian yang dijual menggunakan kain yang lembut dan dijamin tidak gatal ketika digunakan. 

Tentunya sebagian orang yang mencari fashion dengan ciri khas tersebut akan langsung tertarik dan membeli pakaian dari brand fashionmu. 

Perlu kamu ketahui juga bahwasannya dengan menentukan identitas brand mampu meningkatkan loyalitas, serta membedakan brand fashionmu dari kompetitor lainnya. 

2. Riset Persaingan dan Proposisi

Selain harus melakukan riset kompetitor, kamu juga harus melakukan riset persaingan dan proposisi. 

Maksud dari kedua riset tersebut yaitu kamu harus memberikan value yang ada di brand fashionmu, serta hal apa saja yang membedakannya dengan kompetitor yang lain.

Misalnya saja sekarang ini banyak sekali brand fashion yang memberikan penawaran dengan kualitas pakaian yang baik serta harga yang terjangkau. 

Nah, melihat hal tersebut, kamu bisa jadi tahu proposisi seperti apa yang akan kamu buat. 

Contohnya seperti, kamu ingin membuat pakian yang berbahan berkualitas serta harga terjangkau. Namun kamu juga bisa tambahkan berbagai macam model pakaian yang kekinian.

Baca Juga : Mengapa Branding Dibutuhkan untuk Pelaku Usaha?

3. Menentukan Personality

Ketika membuka bisnis, perlu sekali untuk menentukan personality untuk brandmu. Caranya yaitu kamu bisa mengibaratkan brand tersebut sebagai ‘orang’. 

Kamu bisa memasukkan berbagai macam sifat yang ingin kamu masukan ke dalam personality brand fashionmu. 

Contohnya seperti kamu ingin menargetkan wanita dewasa dalam brand fashionmu, maka dari itu kamu bisa membuat personality yang bernuansa independen dan lebih elegan. 

Perlu kamu ketahui juga kalau personality ini ternyata juga mampu membantu pebisnis untuk menentukan target audiens yang lebih relevan dengan brand fashionmu. 

4. Membuat Desain Logo

Jika semua riset telah selesai, maka tahap selanjutnya yaitu membuat desain logo untuk bisnis fashionmu. 

Perlu kamu ketahui kalau logo merupakan bagian yang sangat penting dalam perbisnisan, kamu bisa menggunakan logo untuk website bisnis, toko online, dan lainnya. 

Untuk membuat logo tidak boleh asal buat saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pastikan saat membuat logo harus merefleksikan bisnis fashionmu dan sesuaikan dengan personality brand fashionmu. 

Tidak hanya itu saja, kamu juga perlu menggunakan warna yang colorfull serta mudah diingat oleh orang lain. Kalau bisa, untuk pembuatan logo dalam bentuk gambar maupun tulisan. 

Nah, jika kamu memilih logo yang dalam bentuk tulisan, maka gunakanlah font yang unik dan menarik. Jangan lupa juga untuk membuat tulisan yang menarik dan mudah diingat oleh banyak orang. 

Baca Juga : Cara Endorse Influencer untuk Mempromosikan Brand

5. Menggunakan Kata Sapaan

Masih ada sebagian pebisnis yang belum sadar kalau menggunakan kata sapaan ternyata berpengaruh dalam membangun identitas brand.

Perlu kamu ketahui juga kalau menggunakan kata sapaan bisa membangun hubungan lebih dekat dengan audiens lho.

Untuk menggunakan kata sapaan, kamu harus menentukan terlebih dahulu seperti apa gaya bahasa yang ingin kamu gunakan.

Jika kamu bingung bagaimana cara menentukan gaya bahasanya, maka kamu bisa menyesuaikan dengan target audiens.

Misalnya saja jika target audiens bisnis fashionmu usia remaja dan berjenis kelamin perempuan, maka kamu bisa menggunakan gaya bahasa yang lebih santai, ceria, dan bersahabat.

Contohnya saja seperti “Girls”, jadi saat mempromosikan brand fashionmu maka kamu bisa buat kalimat seperti ini :

Hai Girls! Sekarang kamu bisa check out melalui Shopee ya

Siapa yang ga sabar dengan model pakaian yang satu ini? Yuk, stay tune di live streaming sekarang juga ya Girls!

Biar lebih menarik kalimat kata sapaannya, kamu bisa meminta copywriter saja. Dengan menggunakan kalimat yang dibuat oleh copywriter, kalimat kata sapaan bisa jadi terlihat lebih menarik.

Baca Juga : Teknik membuat Nama Brand Agar Menarik dan Tidak Pasaran

Membuat Brand Identity dengan Menggunakan Jasa Ini!

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat brand identity jika ingin memulai bisnis fashion.

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara membuatnya, maka kamu bisa menggunakan jasa pembuatan brand identity saja.

Dengan menggunakan jasa pembuatan brand identity, kamu bakalan dibantu sampai akhir untuk pembuatan brand identity bisnis fashionmu.

Kamu bisa menggunakan jasa pembuatan brand identity dari Aidee Lab yang telah berpengalaman dalam membuat brand identity berbagai macam bidang bisnis. Salah satunya bisnis fashion!

Untuk lebih lengkapnya mengenai jasa tersebut, kamu bisa langsung hubungi tim Aidee Lab sekarang juga ya.

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.