fbpx

Cara Membuat Email Marketing yang Menarik

Dari banyaknya strategi marketing, email marketing salah satu strategi marketing yang sangat ampuh untuk digunakan dalam berbisnis.

Terlebih lagi kalau kamu ingin meningkatkan brand awareness, menawarkan produk atau layanan, sampai meningkatkan penjualan juga bisa melalui email marketing.

Untuk membuat email marketing ini cukup mudah kok, namun ada beberapa cara yang perlu kamu perhatikan agar email yang kamu buat bisa lebih maksimal lagi isi pesannya.

Email yang dioptimalkan pastinya akan menghasilkan isi pesan yang lebih bagus dan menarik sehingga orang yang membaca pesan emailnya bisa tertarik untuk menggunakan produk atau layananmu.

Penasaran bagaimana cara membuat email yang benar untuk strategi marketing bisnismu? Simak beberapa caranya di pembahasan berikut ini!

Baca Juga : Manfaat Menggunakan Email Marketing Untuk Usaha Atau Bisnis

Membuat Email Marketing yang Menarik Agar Audiens Tertarik

Banyak pebisnis yang masih belum tahu kalau membuat email marketing sangat ampuh untuk menarik perhatian banyak orang.

Para pebisnis masih skeptis untuk menggunakan email sebagai strategi marketing mereka, kebanyakan pebisnis menganggap kalau membuat email pasti tidak ada yang membacanya.

Padahal kenyataannya masih banyak lho orang – orang yang membaca email di era sekarang ini.

Paling terpenting yaitu kamu perlu membuat isi pesan email yang bagus dan semenarik mungkin agar orang yang membacanya bisa tertarik untuk membaca email yang telah dikirimkan.

Kamu juga bisa membuat subjek yang menarik sehingga audiens yang melihatnya jadi tertarik untuk membuka isi pesan email yang telah kamu kirimkan.

Tidak hanya membuat isi pesan dan subjek email yang menarik saja, ada banyak cara lagi yang bisa kamu lakukan untuk membuat email marketing.

Penasaran bagaimana cara membuat email marketing yang menarik sehingga bisa membuat banyak orang tertarik untuk membacanya?

Simak pembahasannya berikut ini!

Baca Juga : Manfaat Digital Marketing untuk Pertumbuhan Bisnis

1. Cara Membuat Email Marketing yang Benar

Dua hal di atas tadi seperti membuat isi pesan dan membuat subjek, merupakan cara untuk membuat email marketing agar lebih bagus lagi.

Sebenarnya banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat email jadi lebih menarik dan lebih bagus.

Agar kamu bisa membuat email semenarik mungkin biar bisa dilirik oleh audiens, maka kamu bisa simak beberapa caranya berikut ini!

a. Menentukan Target Audiens

Sama seperti strategi marketing lainnya, untuk membuat email juga perlu menentukan target audiens.

Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa tahu mau mengirimkan email ke target audiens yang seperti apa.

Kamu bisa menentukan target audiens dengan cara menentukan lokasi tempat tinggal, ketertarikan, umur, jenis kelamin, dan lainnya.

Tentunya dengan menentukan target audiens ini bisa mempermudah kamu untuk meningkatkan brand awareness, penjualan, serta menjalin hubungan dengan audiens yang telah kamu targetkan.

b. Memastikan Email Aktif

Cara yang satu ini penting sekali untuk kamu lakukan, kamu perlu sekali untuk memeriksa kembali apakah email tujuan yang akan kamu kirimkan email masih aktif atau tidak.

Jika ada beberapa email yang tidak aktif bisa kamu hapus saja, namun sebelum menghapusnya kamu bisa menanyakan terlebih dahulu apakah masih mau dikirimkan email atau tidak.

c. Melakukan Segmentasi Daftar Email

Kalau sudah memastikan kembali email yang efektif, maka kamu bisa melakukan segmentasi daftar email yang aktif.

Perlu kamu tahu, kalau melakukan segmentasi daftar email bisa berpeluang besar untuk menarik perhatian audiens yang membaca email yang kamu kirimkan.

Kamu bisa melakukan segmentasi daftar email dengan cara menandai newsletter dengan berdasarkan kebiasaan mereka.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa orang yang pernah menggunakan produk atau layanan akan mendapatkan email yang berbeda dengan orang yang belum pernah menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Melakukan segmentasi daftar email juga bisa mempermudah kamu untuk mengetahui apa saja yang diinginkan oleh audiens.

Baca Juga : Maksimalkan Peluang Usaha dengan Digital Marketing

d. Menghindari Filter Spam

Sekarang filter spam sudah jauh lebih baik dibandingkan dahulu, filter spam bisa menyaring email yang masuk ke inbox.

Namun adanya filter tersebut bisa membuat email penting masuk ke dalam folder spam, yang mana bisa membuat beberapa email penting jadi tidak terbaca.

Nah, biar email marketing yang telah kamu buat tidak masuk ke folder spam, maka kamu harus menghindari filter spam ya.

e. Membuat Subjek yang Menarik

Seperti di pembahasan sebelumnya kalau membuat email harus membuat subjek semenarik mungkin.

Subjek yang menarik bisa membuat orang jadi tertarik sehingga bisa meningkatkan open rate email marketing yang telah kamu buat.

Kamu bisa menggunakan kalimat yang singkat dan menarik, sehingga para pembaca bisa tertarik untuk membaca isi pesan email yang telah kamu buat.

f. Membuat Call To Action

Buatlah isi pesan email yang menggunakan call to action yang jelas, selain itu buatlah call to action yang menarik.

Dengan membuat call to action bisa membuat orang yang membacanya bisa jadi tahu tindakan selanjutnya sehabis membaca isi pesan email yang kamu kirim.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat email marketing yang benar, jadi jangan sampai salah lagi untuk membuat email ya kalau ingin mendapatkan banyak pelanggan!

Mungkin kamu bertanya – tanya, “apa saja manfaat dari email marketing untuk berbisnis?“.

Nah, biar kamu tidak bingung lagi manfaat dari membuat email untuk berbisnis. Kamu bisa simak pembahasannya berikut ini!

Baca Juga : Pentingnya Menggunakan Digital Marketing Perusahaan

2. Manfaat Membuat Email Marketing

Manfaat membuat email untuk berbisnis lebih dari sekedar untuk meningkatkan penjualan.

Biar kamu tahu apa saja manfaat dari membuat email untuk berbisnis, maka kamu bisa simak pembahasan berikut ini!

a. Dapat Meningkatkan ROI

Ternyata membuat email memiliki peluang yang lebih besar untuk meningkatkan ROI daripada strategi marketing lainnya.

Cara biar ROI bisa tinggi dengan membuat email yaitu kamu bisa menggunakan gabungan dari beberapa teknik seperti double opt-in, A/B test, serta mengatur jadwal pengiriman email.

Kalau kamu ingin memonitoring ROI dari hasil membuat email, maka kamu bisa menggunakan rumus berikut : 

Keuntungan bersih (keuntungan kotor dari membuat email – biaya membuat email) : Biaya pembuatan email.

b. Target Audiens Lebih Tertarget

Agar email yang kamu buat bisa lebih tepat sasaran lagi, maka kamu bisa menggunakan data email dari pelanggan.

Dengan menggunakan data tersebut, kamu bisa membuat isi pesan email yang lebih relevan serta bisa menarik perhatian audiens yang telah ditargetkan.

Menggunakan data pelanggan ditambah lagi menggunakan email untuk strategi marketingnya, bisa berpeluang besar untuk meningkatkan penjualanmu.

c. Lebih Hemat Biaya dan Waktu

Bisa dibilang membuat email merupakan strategi marketing yang paling efektif dan efisien. 

Hal ini dikarenakan email yang telah dibuat bisa dikirim secara langsung ataupun disetting jadwal pengirimannya.

Sehingga kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk melakukan promosi saja, kamu juga bisa berfokus pada penjualanmu.

Biayanya juga tidak terlalu mahal, malah biaya untuk strategi marketing ini lebih murah biayanya daripada strategi marketing lainnya.

d. Dapat Meningkatkan Penjualan

Sebenarnya semua strategi marketing bisa meningkatkan penjualan, hanya saja dengan menggunakan email lebih maksimal lagi penjualannya.

Kamu bisa membuat isi pesan email berupa penawaran khusus, potongan harga, maupun mempromosikan produk terbaru kamu.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa membuat isi pesan email yang berisikan upselling ke pelanggan setiamu.

Jangan lupa optimalkan isi pesan email dengan menggunakan call to action ya!

e. Menjalin Hubungan dengan Pelanggan

Selain mempromosikan produk atau layanan, dengan email juga bisa menjalin hubungan yang harmonis dengan pelanggan lho.

Kamu bisa memberikan berbagai macam informasi ke para pelanggan dengan menggunakan email sehingga hubungan kamu dengan pelanggan bisa tetap terjalin.

Itulah beberapa manfaat dari membuat email marketing yang perlu kamu ketahui. Sebenarnya masih banyak lagi strategi marketing yang bisa kamu coba.

Salah satunya yaitu menggunakan jasa iklan online!

Buat kamu yang ingin menggunakan strategi marketing jasa iklan online, maka kamu bisa menggunakan penyedia jasa berikut ini.

Simak pembahasan berikut ini untuk lebih lanjutnya ya.

Baca Juga : Digital Marketing Itu Apa? Simak Pembahasan Ini!

Mau Melakukan Promosi? Bisa Pakai Email Marketing atau Iklan Online Saja!

Selain menggunakan strategi marketing seperti email marketing, kamu juga bisa menggunakan jasa iklan online juga lho.

Kamu bisa menggunakan jasa iklan online dari Aidee Lab saja!

Aidee Lab menyediakan berbagai jenis jasa iklan online yang bisa kamu pilih, mulai dari jasa iklan meta, jasa iklan google, dan jasa iklan tiktok.

Untuk lebih lengkapnya mengenai benefit dari ketiga jasa iklan online tersebut, kamu bisa langsung hubungi  0813-6209-8990  sekarang juga!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.