fbpx

Cara Membuat Iklan di Facebook yang Benar

Masih banyak orang yang belum tahu kalau cara membuat iklan di Facebook sangat mudah untuk dilakukan.

Terlebih lagi beriklan di Facebook tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak seperti beriklan di media konvensional.

Buat kamu yang ingin tahu bagaimana cara membuat iklan Facebook yang benar, maka kamu bisa simak pembahasan kali ini!

Pembahasan kali ini akan membahas cara membuat iklan Facebook dengan mudah.

Buat kamu yang baru pertama kali ingin membuat iklan di Facebook dan tidak tahu apa saja yang perlu diperhatikan, tenang saja.

Di pembahasan kali ini juga akan membahas beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin membuat iklan di Facebook biar tidak ada kesalahan dalam membuat iklannya.

Untuk lebih lengkapnya, simak pembahasannya di pembahasan selanjutnya.

Baca Juga : Cara Membuat Business Manager Bantu Efektifkan Iklan Bisnis Mu!

Cara Membuat Iklan di Facebook dengan Mudah

Masih banyak para pebisnis yang ragu untuk beriklan di Facebook, mereka pastinya mengira kalau beriklan di Facebook bakalan ribet prosesnya.

Padahal kenyataannya tidak seperti itu lho! Malah beriklan di Facebook terbilang paling mudah daripada beriklan melalui media lainnya.

Namun ada beberapa hal nih yang perlu kamu perhatikan saat ingin membuat iklan di Facebook biar kamu tidak salah membuat iklannya.

Nah, buat kamu yang ingin beriklan di Facebook dan tidak tahu bagaimana cara membuat iklan Facebook serta tidak tahu apa saja yang perlu diperhatikan saat beriklan di Facebook.

Maka merupakan pilihan yang tepat kalau kamu membaca artikel yang satu ini!

Hal tersebut dikarenakan pembahasan artikel kali ini akan membahas beberapa cara membuat iklan di Facebook yang benar dan mudah untuk dilakukan.

Selain itu, akan membahas beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin beriklan di Facebook.

Lebih lanjut simak kedua pembahasan tersebut di pembahasan berikut ini!

Baca Juga : Cara Mengundang Admin Fanspage di Facebook yang Benar

1. Cara Membuat Iklan di Facebook dengan Mudah

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat iklan di Facebook, salah satu caranya yaitu dengan membuat iklan secara sendiri.

Cara membuatnya mudah kok, kamu bisa simak beberapa cara pembuatannya berikut ini : 

a. Buat Akun Bisnis di Facebook

Cara pertama yang tidak boleh kamu lewatkan untuk beriklan di Facebook yaitu membuat akun bisnis di Facebook.

Pertama, kamu bisa buka situs Facebook lalu pilih “Buat Halaman” yang letaknya ada di bagian bawah kolom login.

Cara Membuat Iklan
Sumber : Facebook

Kedua, nantinya bakalan terlihat pilihan untuk memilih kategori halaman, kamu bisa memilih “Bisnis atau Merek”. Setelah itu, isilah secara detail nama bisnismu, alamat emailnya, serta kata sandi.

Pastikan untuk membuat kata sandi harus strong agar tidak mudah dihack ya!

Cara Membuat Iklan 2
Sumber : Facebook

Ketiga, kalau sudah selesai mengisi formulir pendaftaran, kamu akan mendapatkan akun binismu yang sudah otomatis terhubung dengan akun Facebook pribadimu.

b. Login ke Facebook Ads Manager

Kalau sudah selesai membuat akun bisnis di Facebook, maka cara selanjutnya yaitu kamu perlu login ke Facebook Ads Manager.

Cara Membuat Iklan 3
Sumber : Sasana Digital

Kalau sudah selesai membuat akun bisnis di Facebook, maka cara selanjutnya yaitu kamu perlu login ke Facebook Ads Manager.

Nah, perlu diingat juga sebelum login ke Facebook Ads Manager penting sekali menentukan tujuan kamu untuk beriklan ya!

Kamu bisa tentukan tujuannya mau meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan, atau ingin mendapatkan jumlah pengikut Facebook.

Dengan adanya tujuan yang sudah ditentukan semuanya akan jadi jelas serta bisa mempermudah kamu untuk menyusun strategi pemasaran sehingga iklan yang sudah tayang bisa lebih efektif.

c. Memilih Tujuan Iklan

Seperti di cara yang sebelumnya, kamu harus menentukan terlebih dahulu tujuan iklan dengan menyesuaikan kebutuhan bisnismu.

Jika sudah menentukan tujuannya, maka kamu bisa langsung memilihnya di Facebook Ads Manager.

Caranya yaitu pertama pilihlah buttonBuat” yang berada di bagian sebelah kiri pada menu utama.

Cara Membuat Iklan 4
Sumber : Sribu

Kedua, nantinya bakalan terlihat menu “Tujuan Iklan”, setelah itu kamu bisa pilih tujuan iklan dengan menyesuaikan kebutuhan bisnismu.

Cara Membuat Iklan 5
Sumber : Sribu

Ada berbagai kategori tujuan iklan di Facebook, diantaranya yaitu : 

  • Traffic, kategori ini memiliki tujuan untuk meningkatkan traffic ke situs website bisnis
  • Prospek, kategori yang satu ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan pelanggan baru
  • Penjualan, kategori tujuan iklan ini bertujuan untuk mendapatkan penjualan yang lebih banyak lagi
  • Awareness, kategori ini memiliki tujuan agar bisa meningkatkan kesadaran merek
  • Interaksi, untuk kategori ini bertujuan sebagai menambah interaksi seperti komentar, like, maupun jumlah pengikut
  • Promosi, kategori ini memiliki tujuan untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan

Itulah beberapa kategori dari tujuan iklan di Facebook yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan bisnismu.

d. Menentukan Target Audiens

Cara Membuat Iklan 6
Sumber : Sribu

Cara selanjutnya yaitu menentukan target audiens yang harus relevan dengan bisnismu. 

Selain harus relevan dengan bisnismu, perlu juga untuk setting umur, lokasi, perilaku audiens, serta bahasa.

Baca Juga : Cara Promosi di Instagram yang Benar, Auto Cuan!

Untuk yang belum tahu apa itu target audiens, jadi target audiens merupakan audiens yang nantinya melihat iklan yang kamu tayangkan di Facebook.

e. Menentukan Biaya dan Jadwal Tayang Iklan

Cara Membuat Iklan 7
Sumber : Sribu

Jika sebelumnya sudah menentukan target audiens yang sesuai dengan bisnismu, maka selanjutnya kamu bisa langsung menentukan biaya serta jadwal untuk menayangkan iklan.

Kamu bisa memilih 2 pilihan metode pembayaran yaitu pembayaran harian dan pembayaran secara rutin (berlangganan).

Pilihlah sesuai dengan kebutuhan bisnismu ya!

f. Mengatur Desain Iklan

Iklan sudah tayang di Facebook bukan berarti sudah selesai ya! Ada beberapa cara yang perlu kamu lakukan.

Salah satunya yaitu mengatur desain isi konten iklan yang diiklan. Cara mengaturnya mudah kok, pertama pilihlah “Nama Iklan” yang sebelumnya sudah dibuat. Kedua, pilih “Edit”.

Cara Membuat Iklan 8
Sumber : Sribu

Ketiga, nantinya terlihat tampilan page untuk atur desain iklan. Kamu bisa atur desain iklan dengan menyesuaikan kebutuhan promosi bisnismu.

Cara Membuat Iklan 9
Sumber : Sribu

Keempat, setelah itu pilih “Format Iklan” dengan menyesuaikan kebutuhan iklanmu. Kamu bisa pilih ingin menggunakan format seperti apa.

Cara Membuat Iklan 10
Sumber : Sribu

Kamu bisa pilih format gambar, foto, iklan koleksi atau carousel. Kalau sudah memilih format iklannya, maka kamu bisa posting konten iklan yang sudah dibuat.

g. Menentukan Destinasi Iklan

Cara Membuat Iklan 11
Sumber : Sribu

Cara selanjutnya yaitu menentukan destinasi iklan yang merupakan tempat para audiens untuk singgah ketika sudah mengunjungi iklan Facebook.

Ada 3 destinasi iklan yang bisa kamu pilih, diantaranya yaitu : 

  • Whatsapp, bisa menuntun para audiens untuk mengunjungi nomor Whatsapp bisnismu
  • Situs website, akan menuntun para audiens untuk mengunjungi situs website bisnismu
  • Instant experience, untuk destinasi yang satu ini nantinya para audiens akan dituntun ke halaman Facebook bisnismu

h. Menyiapkan Pembayaran

Cara Membuat Iklan 12
Sumber : Facebook

Jika cara sebelumnya sudah selesai semua kamu lakukan, maka kamu bisa melanjutkan step selanjutnya yaitu menyiapkan pembayaran untuk beriklan.

Kamu bisa memilih berbagai metode pembayaran dengan menyesuaikan kebutuhan bisnismu, lalu kamu bisa memilih “Lanjutkan”.

Baca Juga : Cara Promosi Secara Online yang Benar Biar Tidak Salah!

Ada beberapa pilihan metode pembayaran yang bisa kamu gunakan, salah satunya yaitu menggunakan kartu kredit agar proses pembayaran iklan biar lebih mudah.

i. Melakukan Uji Coba A/B Testing

Cara Membuat Iklan 13
Sumber : Sribu

Jika sudah selesai semua cara – cara sebelumnya, maka kamu bisa melanjutkan uji coba A/B testing sehingga kamu bisa menyusun strategi iklan yang efektif.

Kamu bisa mencoba beberapa elemen seperti konten, gambar, call to action, target audiens, dan melihat iklan mana yang hasilnya bagus.

Kalau kamu bingung bagaimana cara melakukan uji coba A/B testing, simak caranya berikut ini : 

  • Menentukan variabel yang mau diuji coba
  • Membuat dua versi iklan untuk diiklankan
  • Membuat dua kelompok target audiens yang berbeda
  • Mengatur waktu dan biaya secara bersamaan
  • Memonitoring iklan
  • Menganalisis iklan yang telah tayang selama beberapa minggu
  • Melakukan evaluasi
  • Mengoptimasi iklan agar hasilnya lebih maksimal

Perlu kamu ingat, dengan melakukan uji coba A/B testing serta rutin melakukan optimal iklan bisa membuat iklanmu jadi lebih efektif dan tepat sasaran.

j. Melakukan Retargeting Iklan

Cara Membuat Iklan 14
Sumber : Sribu

Cara yang terakhir yaitu melakukan retargeting iklan agar audiens yang pernah berinteraksi dengan konten iklanmu bisa terikat kembali.

Kamu bisa menggunakan fitur retargeting yang disediakan oleh Facebook Ads Manager, caranya mudah kok.

Pertama, buatlah “Tayangan Iklan” dengan target audiens yang sama sebelumnya. Lalu kalau iklan sudah tayang, kamu bisa “Melakukan Analisis” untuk mengetahui apakah iklanmu efektif atau tidak.

Itulah beberapa cara membuat iklan di Facebook yang benar dan mudah untuk dilakukan. 

Namun perlu kamu ketahui juga kalau beriklan di Facebook ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Simak pembahasan berikut ini yang akan membahas beberapa hal yang perlu diperhatikan saat beriklan di Facebook.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan Produk Agar Meningkat

2. Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Buat Iklan di Facebook

Kalau kamu ingin membuat iklan di Facebook ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya ada objek kampanye, targeting dan kreatif.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin membuat iklan di Facebook.

Cara Membuat Iklan di Facebook dengan Mudah Pakai Jasa!

Buat kamu yang ingin membuat iklan di Facebook, namun masih bingung bagaimana cara membuat iklan di Facebook, maka kamu bisa menggunakan jasa Facebook ads saja!

Aidee Lab salah satu penyedia jasa yang menyediakan jasa beriklan di Facebook. Tentunya Aidee Lab bisa mengiklankan berbagai macam bisnis lho.

Mulai dari bisnis kecantikan, makanan, dan bisnis lainnya.

Untuk lebih lanjutnya, kamu bisa hubungi 0813-6209-8990 sekarang juga!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.