fbpx

Cara Membuat Instagram Ads dengan Mudah

Beriklan di Instagram cukup mudah untuk dilakukan, hanya saja beberapa pebinis masih belum mengetahui bagaimana cara membuat Instagram ads yang benar. 

Untuk membuat iklan di Instagram ada beberapa tahapannya, sama halnya seperti beriklan di Facebook. 

Dengan mengikuti beberapa tahapan membuat iklan di Instagram bisa mempermudah kamu beriklan di media sosial tersebut. 

Jika tahapan beriklan di Instagram dilakukan dengan benar maka bisa dijamin hasil iklannya akan memuaskan! 

Leads yang masuk banyak, orderan selalu bertambah terus, sampai omset pendapatanmu meningkat dua kali lipat. 

Siapa coba yang tidak mau seperti itu? Pastinya kamu mau, kan? Maka dari itulah alasannya mengapa kamu harus memperhatikan cara membuat Instagram ads dengan benar. 

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat Instagram ads dengan mudah dan benar, maka kamu bisa simak pembahasan selanjutnya! 

Baca Juga : Cara Membuat Konten di Facebook yang Benar

Ikuti Cara Membuat Instagram Ads Berikut Ini!

Sekarang ini Instagram tidak hanya menjadi tempat memposting foto maupun video saja, kamu juga bisa beriklan di sosial media tersebut lho! 

Pasti awalnya kamu terkejut mengapa sekarang Instagram bisa beriklan? Padahal dulu Instagram fungsinya hanya posting, like, dan comment saja. 

Tentunya hal tersebut ada alasannya tersendiri, salah satunya yaitu dikarenakan era sekarang ini sudah semakin maju dan sudah memasuki era digital! 

Di era digital sekarang ini kebanyakan audiens lebih suka berbelanja online, maka dari itulah alasannya mengapa berbagai sosial media sekarang ini menyediakan berbagai fitur untuk beriklan agar kamu bisa mengiklankan bisnismu. 

Jangan skeptis dulu! Beriklan di Instagram malah sangat manjur dibandingkan beriklan dengan menggunakan media konvensional. 

Malah beriklan di media sosial salah satunya di Instagram, lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan baru. 

Namun perlu kamu tahu, bahwa beriklan di Instagram tidak semudah itu! Kamu harus tahu cara membuat Instagram ads agar iklan yang ditayangkan bisa menghasilkan sesuai yang kamu inginkan. 

Penasaran bagaimana cara membuat Instagram ads yang benar dan mudah? Simak lebih lengkapnya di pembahasan berikut ini! 

Baca Juga : Cara Membuat Email Marketing yang Menarik

Cara Membuat Iklan di Instagram

Seperti di pembahasan sebelumnya, kalau beriklan di Instagram sebenarnya sangat menguntungkan. 

Hanya saja kamu juga harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara membuat iklan di Instagram agar bisa mencapai goals yang kamu inginkan! 

Berikut ini cara membuat iklan di Instagram yang benar :

1. Buka halaman pada Facebook Ads Manager

Cara Membuat Instagram Ads
Halaman Facebook Ads Manager | Sumber : RevoU

2. Selanjutnya, pilih dan klik “Buat Iklan”

Cara Membuat Instagram Ads
Klik “Buat Iklan” Pada Halaman Facebook Ads Manager | Sumber : Whello

3. Menentukan Tujuan Beriklan

Setelah tadi sudah mengklik “Buat Iklan”, maka selanjutnya kamu harus menentukan tujuan iklan yang ingin kamu gunakan. Ada 3 pilihan yang bisa kamu pilih untuk menentukan tujuan dalam beriklan, diantaranya yaitu : 

  • Awareness, yang mana di pilihan ini kamu bisa menggunakan brand awareness serta juga bisa menjangkau audiens
  • Konversi, kamu bisa menggunakan pilihan ini jika ingin mendapatkan konversi dalam penjualan
  • Pertimbangan, jika kamu ingin menaikkan traffic, berinteraksi dengan audiens, memberi pesan ke audiens, dan lainnya maka kamu bisa menggunakan pilihan ini

Contohnya seperti gambar di bawah ini yang mana tujuan beriklannya yaitu untuk meningkatkan interaksi, jika sudah dipilih maka selanjutnya pilih dan klik “Lanjutkan”.

Cara Membuat Instagram Ads
Menentukan Tujuan Beriklan | Sumber : Whello

4. Isi nama kampanyenya

Cara Membuat Instagram Ads
Isi Nama Kampanye | Sumber : Whello

5. Setting Nama Iklan

Jika sudah mengisi nama kampanyenya, maka selanjutnya kamu bisa lanjut setting nama iklannya. Selain mensetting nama iklan, kamu perlu menentuka biaya iklan yang perlu kamu keluarkan

Kalau sudah setting nama iklan dan sudah menentukan biaya beriklan, maka selanjutnya kamu bisa menentukan kapan jadwal tayang iklannya. Selebihnya bisa kamu lihat gambar di bawah ini.

Cara Membuat Instagram Ads
Tentukan Jadwal Tayang Iklan | Sumber : Whello

6. Menentukan Target Audiens

Dalam beriklan menentukan target audiens sangatlah penting, maka dari itu jangan sampai kelupaan pada step yang satu ini ya!

Kamu bisa tentukan target audiensnya mulai dari umur, jenis kelamin, bahasa, lokasi, perilaku, serta minat mereka.

Cara Membuat Instagram Ads
Tentukan Target Audiens | Sumber : Whello

7. Menentukan Tempat Beriklan

Ada 2 pilihan yang bisa kamu pilih untuk menentukan tempat beriklan diantaranya penempatan secara otomatis dan secara manual.

Kalau kamu pilih penempatan secara otomatis, maka iklanmu juga akan ditayangkan di Facebook dan semua sosial media yang telah bekerjasama dengan Facebook.

Jika kamu pilih penempatan secara manual, maka iklan akan ditampilkan hanya ditayangkan di Instagram saja.

Cara Membuat Instagram Ads
Menentukan Tempat Beriklan | Sumber : Whello

8. Mengoptimasi Iklan

Ada 3 pilihan yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimasi iklan yang telah tayang, diantaranya :

  • Menayangkan halaman tujuan facebook yang akan ditayangkan kepada audiens yang sudah ditargetkan, sehingga kemungkinan besar iklanmu akan diklik
  • Impresi Facebook bakalan menayangkan iklannya
  • Dengan jangkauan unik harian di Facebook akan membuat iklanmu tayang kepada audiens satu kali dalam sehari

Kamu juga bisa menentukan biaya iklan, nantinya Facebook akan membelanjakan seluruh biaya yang sudah kamu tentukan sehingga iklanmu akan mendapatkan tayangan halaman tujuan yang banyak dengan menggunakan strategi tawaran biaya iklan terendah.

Cara Membuat Instagram Ads
Mengoptimasi Iklan | Sumber : Whello

9. Lalu pilih dan klik “Selanjutnya” pada bagian pojok kanan bawah

Baca Juga : Cara Membuat Iklan di Facebook yang Benar

10. Kembali masukkan nama iklan, halaman Facebook serta akun Instagrammu

Cara Membuat Instagram Ads
Masukkan Nama Iklan, Halaman Facebook, dan Akun Instagram | Sumber : Whello

11. Pilihlah Format Iklan

Kalau beriklan jangan lupa juga untuk memilih format iklan, ada 4 jenis format iklan yang bisa kamu gunakan, diantaranya :

  • Carousel,  merupakan format iklan yang memiliki tampilan lebih dari 2 gambar atau video yang bisa dislide
  • Collage, format iklan ini mampu menampilkan gambar atau video dengan cara digabung
  • Tayangan Slide, jenis format iklan ini menampilkan video atau gambar yang bisa dislide sampai 10 gambar atau video
  • Gambar atau Video, untuk jenis format iklan ini kamu hanya bisa menggunakan 1 gambar dan 1 video saja

Instagram akan menayangkan format iklan yang kamu pilih sesuai dengan tujuan iklan yang kamu inginkan.

Cara Membuat Instagram Ads
Pilih Format Iklan | Sumber : Whello

12. Isi Materi Iklan

Kamu bisa mengisi beberapa informasi seperti di bawah ini : 

  • Media yang ingin digunakan
  • Tempat tayang iklannya
  • Teks atau deskripsi iklan
  • URL situs websitemu
  • Isi call to action (CTA)
Cara Membuat Instagram Ads
Isi Materi Iklan | Sumber : Whello

13. Memilih bahasa yang ingin digunakan

Cara Membuat Instagram Ads
Pilih Bahasa | Sumber : Whello

Baca Juga : Cara Membuat Website Perusahaan dengan Mudah

14. Membuat Tracking

Facebook menyediakan fitur tracking yang bisa kamu gunakan untuk merekam data audiens yang mengunjungi websitemu. Fitur tersebut bernama Facebook Pixel!

Cara kerja dari Facebook Pixel ini sama seperti Google Analytics, Site Meter, dan tracking online lainnya.

Rekaman data yang masuk ke Facebook Pixel bisa kamu gunakan untuk : 

  • Sebagai bahan evaluasi untuk menyusun strategi bisnis selanjutnya
  • Mengoptimalkan halaman pada website
  • Melakukan remarketing
  • Bisa mengetahui halaman yang sering dan jarang dikunjungi oleh audiens

Jangan lupa untuk mencentang “Peristiwa Situs Web” agar bisa menghubungkan iklan dengan Facebook Pixel.

Cara Membuat Instagram Ads
Membuat Tracking | Sumber : Whello

15. Meninjau Kembali Iklan

Sebelum ditayangkan, penting sekali meninjau iklan yang telah kamu buat dengan cara mengklik bagian tab “Tinjau” di sudut kanan atas.

Cara Membuat Instagram Ads
Meninjau Kembali Iklan | Sumber : Whello

16. Terbitkan Iklan

Jika dirasa sudah benar semua, maka kamu bisa lanjut pilih dan klik “Terbitkan” untuk menayangkan iklan

17. Melakukan Pembayaran

Jangan lupa melakukan pembayaran ya, kamu bisa melakukan pembayaran pada halaman pembayaran. Pembayaran iklan bisa menggunakan credit card, transfer, E-wallet, dan lainnya.

Cara Membuat Instagram Ads
Lakukan Pembayaran | Sumber : Whello

Jika sudah melakukan pembayaran nantinya Facebook akan review iklanmu. Kalau iklanmu telah memenuhi persyaratan maka iklanmu akan tayang di Instagram!

Baca Juga : Cara Membuat Business Manager Bantu Efektifkan Iklan Bisnis Mu!

Cara Membuat Instagram Ads Tanpa Ribet!

Itulah beberapa cara membuat Instagram Ads yang benar dan mudah untuk dilakukan. Kalau kamu tidak punya waktu dan sibuk mengurus bisnismu, maka kamu bisa gunakan jasa iklan online saja.

Kamu bisa menggunakan jasa iklan online dari Aidee Lab! Tentunya tidak hanya bisa handle iklan Instagram saja, Aidee Lab juga bisa handle iklan Facebook, Google, dan TikTok.

Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi tim Aidee Lab 0813-6209-8990 sekarang juga ya!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.