fbpx

Cara Meningkatkan Algoritma Tiktok Untuk Menaikkan Engagement

Cara Meningkatkan Algoritma Tiktok Untuk Menaikkan Engagement – Aplikasi Tiktok mendunia, tidak hanya dikenal dan digunakan di Indonesia, tetapi juga banyak digunakan di negara-negara maju lainnya.

Pasalnya tiktok adalah aplikasi hiburan yang berupa video audio yang banyak menampilkan berbagai cerita dan kegunaan. 

Nah, jika ingin tau selengkapnya mengenai cara meningkatkan algoritma TikTok, yuk simak disini!

Baca Juga : Manfaat Digital Marketing Yang Bisa Buat Bisnis Makin Laris

Apa itu algoritma tiktok

Algoritma tiktok adalah sistem komputer yang kompleks yang digunakan oleh platform tiktok untuk menyusun dan menyajikan konten kepada pengguna.

Tujuannya untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih personal dan relevan dengan menampilkan video-video tiktok. 

Algoritma tiktok bekerja berdasarkan minat dan ketertarikan pengguna, sehingga FYP yang Anda miliki tidak akan sama dengan orang lain yang memiliki ketertarikan yang berbeda.

Fitur “For You Page” dalam TikTok menarik pengguna karena menampilkan video yang sesuai dengan minat mereka.

Bagaimana cara kerja algoritma tiktok

1. Pengumpulan data 

Tiktok mengumpulkan data dari setiap pengguna, seperti video yang ditonton, like yang diberikan, komentar yang ditinggalkan, dan profil pengguna.

2. Analisis preferensi 

Algoritma mengumpulkan data untuk menganalisis preferensi pengguna.

Hal ini melibatkan pengidentifikasian pola dalam video yang mereka tonton, seperti jenis konten, durasi konten, durasi musik yang digunakan dan bahasa yang digunakan.

Baca Juga : Rekomendasi Jasa Iklan Google Ads Buat Bisnis Makin Untung

3. Peringkat dan rekomendasi 

Algoritma tiktok kemudian memberikan peringkat pada video berdasarkan preferensi pengguna. Video dengan peringkat tinggi akan ditampilkan lebih sering dalam aliran pengguna.

Algoritma juga memberikan rekomendasi video lain yang mungkin diminati oleh pengguna berdasarkan preferensi mereka. 

4. Pembelajaran mesin 

Algoritma tiktok terus belajar dari interaksi pengguna sering memberikan like pada video dengan konten tertentu.

Algoritma akan mengidentifikasi pola tersebut dan menampilkan lebih banyak video serupa di masa depan. 

5. Konten pengguna 

Tiktok juga memberikan kontrol pengguna yang memungkinkan pengguna mengatur preferensi mereka sendiri.

Pengguna dapat menyesuaikan jenis konten yang ingin mereka lihat, mengikuti atau memblokir pengguna tertentu, dan memberikan feedback pada video yang mereka anggap tidak relevan atau tidak diinginkan.

Baca Juga : Cara Belajar Digital Marketing Biar Makin Jago!

Cara meningkatkan algoritma tiktok 

1. Konten yang menarik 

Buatlah konten yang menarik dan unik agar bisa menarik perhatian pengguna. Gunakan konsep yang kreatif, cerita yang menarik, atau teknik editing yang menonjol.

2. Menggunakan musik populer 

Tiktok adalah platform yang sangat populer atau trending dalam video Anda. Algoritma tiktok cenderung memprioritaskan video yang menggunakan musik populer.

Sehingga meningkatkan peluang video Anda untuk ditampilkan di beranda pengguna . 

3. Gunakan hashtag yang relevan 

Gunakan yang relevan dengan konten video Anda. Pengguna yang tertarik dengan topik yang sama lebih mudah menemukan video Anda dengan bantuan hashtag.

Pilihlah hashtag yang populer namun tetap relevan dengan konten Anda. 

Baca Juga : Siap – Siap Jualan Kamu Laku, Cobain 9 Tips Fotografi Produk ini !

4. Interaksi dengan pengguna 

Aktiflah dalam berinteraksi dengan pengguna lain di tiktok. tinggalkan komentar yang bernilai, beri like, dan ikuti pengguna lain yang memiliki konten yang Anda sukai.

Algoritma tiktok cenderung memprioritaskan video dari pengguna yang aktif dan berinteraksi dengan komunitas. 

5. Kirimkan video yang relevan 

Jika Anda melihat video yang mirip dengan konten Anda. kirimkan video tersebut untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Algoritma Tiktok juga memperhatikan video yang dibagikan atau disukai oleh pengguna lain, sehingga dapat meningkatkan eksposur video Anda.

6. Konsistensi postingan 

Tetap konsisten dalam mengunggah konten. Buat jadwal posting yang konsisten sehingga pengguna yang menikmati konten Anda tahu kapan mereka bisa mengharapkan video baru dari Anda.

Posting secara teratur juga membantu meningkatkan kehadiran Anda di aliran pengguna. 

7. Gunakan fitur tiktok 

Memanfaatkan fitur tiktok seperti live streaming, duet atau stitches untuk meningkatkan keterlibatan dengan pengguna.

Fitur ini dapat memberikan lebih banyak kesempatan bagi video Anda untuk mendapatkan perhatian dan meningkatkan eksposur 

Baca Juga : Mau Produk Laku? Coba 8 Cara Jualan Online Ini!

Nah, tips tadi dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi dan menampilkan video Anda kepada lebih banyak pengguna di TikTok.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara meningkatkan algoritma akun tiktok Anda, percayakan kepada kami jasa video marketing medan yang akan membantu Anda menciptakan video yang dapat menarik minat audiens. 

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.