Cara Pasang Iklan di Youtube dengan Mudah
Beriklan di Instagram dan Facebook mungkin sudah biasa dan sudah banyak pebisnis yang melakukannya. Memasang iklan di Youtube masih jarang dilirik oleh pebisnis.
Padahal beriklan di Youtube peluang mendapat pelanggan baru sama besarnya dengan beriklan di Facebook maupun Instagram.
Ada beberapa alasan mengapa Youtube masih jarang dilirik oleh para pebisnis untuk beriklan di platform tersebut, beberapa alasannya seperti :
- Belum mengetahui kalau sekarang Youtube bisa dijadikan tempat beriklan
- Bingung bagaimana caranya memasang iklan di Youtube
- Tidak tahu berapa biaya beriklan di Youtube
- Masih meragukan keefektifan Youtube sebagai media iklan
Bagi kamu yang merupakan pebisnis dan merasa relate dengan keempat alasan tersebut tenang saja!
Semua pertanyaan kamu mengenai beriklan di Youtube akan dibahas tuntas di artikel kali ini.
Jadi kamu tidak perlu lagi ragu untuk beriklan di Youtube.
Simak lebih lanjut pembahasan berikut agar segala pertanyaanmu mengenai iklan di Youtube bisa terjawab tuntas!
Baca Juga : Menggali Lebih Dalam: Biaya Pasang Iklan di YouTube
Pasang Iklan Di Youtube? Emang Bisa?
Kalau dulu kamu hanya tahu Youtube merupakan platform untuk menonton video musik, video masak, dan video lainnya.
Sekarang ini Youtube sudah bisa menjadi tempat beriklan tanpa menghilangkan ciri khas identitas platformnya!
Kamu bisa menemukan berbagai macam iklan dari segala brand di Youtube, untuk jenis format iklan di Youtube terdapat 2 jenis.
Kedua, iklan Bumper merupakan jenis iklan yang lebih pendek durasinya yaitu sekitar 6 detik.
Ketiga, iklan TrueView Ads yang mana jenis iklan ini bisa diskip dan hanya berdurasi selama 30 detik saja.
Kamu bisa pilih jenis format iklan sesuai dengan iklan yang telah kamu buat.
Nah, sekarang yang menjadi permasalahannya yaitu bagaimana caranya memasang iklan di Youtube?
Sebenarnya memasang iklan di Youtube terbilang mudah kok, namun bagi para pebisnis awam yang baru pertama kali beriklan pastinya bakalan kebingungan.
Namun kamu tenang saja, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk beriklan di Youtube.
Kamu dapat melakukanny secara sendiri atau menggunakan jasa pasang iklan di Youtube.
Kalau kamu tidak mau repot, maka kamu bisa menggunakan jasa pasang iklan Youtube.
Namun kalau kamu ingin hemat biaya dan ingin memegang kendali penuh iklanmu di Youtube, maka kamu bisa pasang iklannya sendiri!
Bagi kamu yang ingin pasang iklan sendiri, simak pembahasan selanjutnya yang akan membahas cara beriklan di Youtube!
Baca Juga : 8 Tipe Jasa Iklan Ads Untuk Kaum Mendang Mending, Pilih Mana?
Cara Beriklan di Youtube dengan Mudah
Ingin memperluas jangkauan bisnismu? Maka kamu bisa pilih platform Youtube untuk beriklan!
Kalau kebingungan bagaimana caranya beriklan di Youtube, tenang saja karena di pembahasan kali ini akan membahas cara beriklan di Youtube dengan mudah.
Simak caranya berikut ini ya!
1. Posting Video ke Channel Youtube
Hal yang pertama kali harus kamu lakukan yaitu memposting konten video iklan ke channel Youtube yang sudah dibuat.
Buka channel Youtube, lalu pilih dan klik “Upload Video”.
Jangan lupa juga untuk membuat judul semenarik mungkin, dan jangan lupa juga untuk menyisipkan kata kunci di judulnya.
Isi juga deskripsi sedetail mungkin mengenai konten video iklannya.
2. Membuat Iklan dengan Akun Google Ads
Tahap selanjutnya yaitu membuat iklannya melalui Google Ads!
Nah, bagi kamu yang belum punya akun Google Ads bisa banget membuat akunnya terlebih dahulu ya.
Jika sudah memiliki akun Google Ads, maka langsung bisa login ke Google Ads.
Kalau sudah muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, maka kamu bisa langsung klik “Campaign” lalu klik “Ikon +” agar bisa membuat iklan baru.
Setelah itu, pilihlah tujuan kamu untuk beriklan di Youtube.
Kamu bisa pilih beberapa tujuan yang tersedia di Google Ads, berikut tujuan yang tersedia di Google Ads :
- Leads
- Sales
- Brand Awareness
- Promosi Apps
- Traffic Website
- Product & Brand Consideration
- Local Store Visits & Promotions
Jika sudah pilih tujuannya, selanjutnya klik “Continue“. Setelah itu, nantinya akan muncul tampilan seperti di bawah ini :
Baca Juga : Mau Buat Iklan? Lakukan 7 Cara Ini Sebelum Memilih Jasa Iklan !
3. Melengkapi Parameter Iklan
Jika sudah menyelesaikan step sebelumnya, selanjutnya kamu harus mengisi parameter iklan.
Berikut ini beberapa hal yang harus diisi di parameter iklan :
- Nama Campaign
Isi nama campaign iklanmu yang sudah dibuat dan siap untuk diiklankan.
- Bid Strategy
Bid Strategy merupakan strategi bidding iklan yang terbagi ke beberapa lagi, yaitu ada CPM yang mana kamu harus bayar jika sudah 1000 views.
Maksimum CPV mengharuskan kamu untuk membayar iklannya sesuai dengan jumlah tayang, dan ada target CPA yang mana kamu hanya membayar jika penonton mengklik iklannya.
- Budget
Sudah seharusnya jika beriklan harus menyiapkan budget, begitu juga beriklan di Youtube.
Kamu harus memasukkan jumlah budget untuk beriklan di Youtube ya!
- Networks
Untuk yang satu ini, kamu bisa memilih ingin tampil dimana iklanmu. Ada berbagai pilihan networks, diantaranya Discovery Only yang hanya muncul pada halaman pencarian.
Selain itu, ada All of Youtube biasanya muncul di halaman pencarian, homepage serta channel.
Terakhir ada Display Network yang mana iklan akan muncul di display network serta Youtube affiliate website.
- Lokasi
Kamu bisa memilih lokasi mana saja yang akan tayang iklanmu.
Misalnya ingin tampil di seluruh negara atau hanya di Indonesia saja.
- Bahasa
Jangan lupa juga untuk memilih bahasa yang akan digunakan untuk iklannya.
- Inventory Type
Nah, yang satu ini merupakan isi parameter iklan yang dikhususkan untuk konten yang dikecualikan. Kamu bisa pilih standard jika tidak butuh pengaturan khusus.
4. Menentukan Target Audiens
Jika sudah mengisi parameter iklan, maka selanjutnya kamu bisa menentukan target audiensnya.
Kamu bisa mengatur target audiensnya dengan mengatur demografi, jenis kelamin, usia, sampai pendapatan audiens juga bisa.
Setelah itu, tentukan keywords yang ingin kamu gunakan. Gunakanlah keywords yang sesuai dengan topik dan target audiensmu.
Kamu juga bisa mencantumkan website yang juga relate dengan iklanmu.
Jika sudah menentukan keywordsnya, pilih beberapa topik yang masih berhubungan dengan iklanmu.
Nantinya iklanmu akan muncul di beberapa topik yang kamu pilih.
Baca Juga : Beberapa Platform Iklan Buat yang Ingin Beriklan
5. Menghubungkan Google Ads dengan Channel Youtube
Kalau step sebelumnya sudah selesai semua, maka tahap akhirnya kamu harus menghubungkan Google Ads dengan Channel Youtube.
Caranya masukkan link video iklanmu yang ada di Youtube, nantinya akan muncul preview iklan seperti gambar di bawah.
Ada beberapa kolom yang perlu kamu isi, misalnya URL, display URL, serta centang pada bagian call to action.
Kalau sudah semua, scroll ke bawah lalu pilih dan klik “Create Campaign”.
Baca Juga : Ketahui 2 Rekomendasi Jasa Iklan Ads Agar Bisnismu Tahan Lama
Pasang Iklan di Youtube, Emang Efektif?
Itulah tadi cara yang bisa kamu lakukan untuk memasang iklan di Youtube! Mudah sekali, kan?
Beriklan di Youtube sebenarnya cukup efektif, sama saja kok efektifnya seperti beriklan di Facebook maupun Instagram.
Dengan beriklan di Youtube bisa menjangkau audiens secara lebih luas dan sesuai target, lebih hemat biaya, dan lebih terukur hasilnya.
Kamu juga bisa bebas membuat konten iklan yang seperti apa, jadi kalau bisa buatlah iklan yang semenarik mungkin ya!
Nah, buat kamu yang ingin beriklan selain di Youtube. Maka kamu bisa beriklan di Instagram, Facebook, dan TikTok saja.
Kamu bisa menggunakan jasa iklan online yang disediakan oleh Aidee Lab!
Untuk lebih lanjut, kamu bisa langsung hubungi tim Aidee Lab (0813-6209-8990) sekarang juga.