fbpx

Cara Promosi di Media Sosial yang Benar dan Tepat

Kalau kamu punya bisnis, sudah seharusnya kamu melakukan promosi, terlebih lagi kamu juga harus tahu bagaimana cara promosi di media sosial.

Promosi melalui media sosial sangatlah mudah untuk dilakukan, hanya saja kamu harus menentukan strateginya terlebih dahulu agar bisa menjangkau target audiens yang relevan dengan bisnismu.

Jika target audiens yang dijangkau tidak relevan dengan bisnismu, yang ada nantinya jadi sia – sia kamu melakukan promosi di media sosial.

Maka dari itu, kamu perlu menyimak artikel Aidee Lab kali ini yang akan membahas tuntas bagaimana cara promosi di media sosial yang benar dan tepat.

Mempromosikan bisnis di media sosial dengan benar dan tepat bisa meningkatkan penjualanmu, sehingga bisnis yang kamu jalankan bisa mendapatkan pendapatan berkali – kali lipat.

Buat kamu yang ingin tahu bagaimana cara promosi di media sosial dengan cara yang benar dan tepat, kamu bisa simak artikel ini sampai habis.

Di artikel Aidee Lab kali akan membahas tuntas bagaimana caranya mempromosikan bisnis dengan benar dan tepat.

Selengkapnya simak pembahasannya di pembahasan selanjutnya.

Baca Juga : Rekomendasi Jasa Ads Google yang Murah dan Terpercaya

Ikuti Cara Promosi di Media Sosial Ini Biar Bisnismu Laku di Pasaran

Sekarang ini promosi bisnis dengan cara berpromosi melalui media konvensional seperti di billboard, televisi, radio, koran berita, dan media konvensional lainnya tidak terlalu manjur.

Walaupun cara tersebut masih sering digunakan, tetapi jika ingin lebih manjur lagi maka kamu bisa melakukan promosi melalui media sosial.

Cara promosi di media sosial cukup mudah, malahan lebih murah biaya promosi di media sosial daripada media konvensional.

Bagi kamu yang ingin menjangkau audiens lebih luas dan ingin menghemat biaya promosi, maka kamu bisa simak cara promosi melalui media sosial ini.

Caranya sangat mudah untuk kamu lakukan, lebih lengkapnya simak pembahasannya berikut ini.

1. Memilih Platform Media Sosial

Sebelum melakukan promosi, kamu harus memilih platform media sosial terlebih dahulu sebagai tempat promosi bisnismu.

Banyak platform media sosial yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai tempat promosi bisnismu seperti Instagram, Facebook, X, Whatsapp, dan media sosial lainnya.

Pilihlah platform media sosial yang tepat dan sesuai target pasaran, dengan begitu kamu bisa jadi lebih mudah untuk menjangkau audiens untuk mempromosikan bisnismu.

2. Menentukan Target Konsumen

Setelah tadi telah memilih dan menentukan platform media sosial mana yang ingin kamu gunakan sebagai tempat untuk melakukan promosi, maka langkah selanjutnya menentukan target konsumen.

Hal ini sangat penting dilakukan agar bisa mengetahui gaya bahasa seperti apa yang cocok digunakan, serta visualisasi seperti apa yang cocok untuk ditampilkan.

Selain itu, dengan kamu menentukan target konsumen, kamu bisa jadi tahu strategi penawaran seperti apa yang bisa kamu gunakan saat melakukan promosi nantinya.

Baca Juga : Blog Marketing : Panduan Belajar Marketing yang Efektif

3. Membuat Jadwal Konten

Terlihat sepele tetapi membuat jadwal konten sangat diperlukan, dengan adanya jadwal konten, kamu jadi lebih teratur jadwalnya dan konsisten untuk memposting konten promosi bisnismu.

Cara ini juga bisa membuat audiens lebih mudah mengingat kapan saja jadwal kontenmu diposting melalui media sosial.

Selain itu, dengan membuat jadwal konten juga bisa mempermudah kamu untuk menarik perhatian para audiens sehingga menjadi tertarik untuk mencoba produk atau layanan yang kamu promosikan.

4. Membuat Tampilan Media Sosial 

Tampilan media sosial yang menarik bisa menjadi peluang besar untuk menjangkau audiens lebih banyak lagi.

Maka dari itu, buatlah tampilan media sosial bisnismu semenarik mungkin sehingga bisa membuat bisnismu jadi memiliki ciri khas.

Bisnis yang memiliki ciri khas bisa mempermudah para audiens untuk mengingat bisnismu, dan membuka peluang besar bagi bisnismu untuk mendapatkan pelanggan lebih mudah.

5. Media Sosial Harus Responsif

Tidak jarang ada media sosial bisnis yang sering memposting konten setiap hari tetapi jarang membalas komentar atau direct message (DM). 

Hal tersebut bisa membuat peluang mendapatkan pelanggan jadi lebih kecil, maka dari itu kamu harus responsif dalam menggunakan media sosial.

Jika ada audiens yang bertanya mengenai produk atau layanan yang kamu tawarkan, maka balaslah secepat mungkin agar audiens jadi tahu mengenai bisnismu.

Audiens juga jadi lebih percaya dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan, sehingga mereka jadi tertarik untuk menggunakan produk atau layanan dari bisnismu.

Baca Juga : Mau Akun Dijangkau Lebih Luas Lagi? Simak Tipsnya Berikut ini!

6. Membuat Hashtag yang Menarik

Banyak para pebisnis yang menyepelekan cara ini, padahal membuat hashtag sangat penting untuk mempromosikan bisnismu di media sosial.

Membuat hashtag ternyata sangat berpengaruh untuk menjalankan promosi bisnismu, hal tersebut bisa mengidentifikasi konten yang kamu buat.

Selain itu, dengan membuat hashtag bisa mempermudah audiens untuk mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan.

Tidak hanya itu saja, dengan membuat hashtag juga bisa menjangkau audiens lebih luas sehingga bisnis yang kamu jalankan bisa mendapatkan pendapatan berkali – kali lipat.

Maka dari itu, buatlah hashtag semenarik dan seunik mungkin agar audiens jadi penasaran dan tertarik menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Adanya hashtag yang kamu buat juga bisa membuat bisnismu jadi lebih mudah untuk dikenal banyak orang.

7. Menggunakan Gambar yang Menarik

Menggunakan gambar saat ingin melakukan promosi sangatlah penting untuk dilakukan, apalagi jika kamu menggunakan gambar yang menarik dan unik.

Promosi menggunakan gambar yang menarik dan unik lebih mudah menarik perhatian para audiens daripada kamu menggunakan teks saja.

Disarankan jika kamu ingin membuat gambar usahakan menggunakan warna yang eye catching dan tidak sakit jika dilihat audiens.

Selain itu, kamu juga harus membuat gambar yang memuat berbagai macam informasi mengenai produk atau layanan yang sedang kamu promosikan.

Hal tersebut dilakukan agar para audiens jadi penasaran dan tertarik untuk menggunakan produk atau layanan dari bisnismu.

Kalau bisa buatlah gambar yang sederhana saja tetapi memuat segala informasi mengenai produk atau layanan yang sedang kamu promosikan

Namun, ketika ingin memposting konten tersebut jangan gambar saja yang kamu posting, tetapi kamu juga membuat caption semenarik mungkin.

Di caption tersebutlah kamu harus menggunakan teknik copywriting agar konten yang kamu posting akan semakin menarik untuk dilihat.

8. Membuat Konten yang Up To Date

Buatlah konten yang up to date agar konten media sosialmu selalu fresh dan audiens tidak merasa bosan dengan konten yang kamu posting.

Tentunya dengan konten media sosial yang selalu up to date bisa meningkatkan brand awareness bagi bisnismu, hal ini bisa membuat bisnismu jadi lebih banyak dikenal audiens.

Kamu bisa membuat konten seperti tips dan trik, konten for your information (fyi), dan jenis konten up to date lainnya.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Pengunjung Website Berkali – kali Lipat!

Cara Promosi di Media Sosial Ini Lebih Maksimal Lagi Hasilnya

Jika kamu ingin lebih maksimal lagi untuk mempromosikan bisnismu di media sosial, maka kamu bisa ikuti cara promosi di media sosial yang satu ini.

Caranya yaitu kamu bisa memilih menggunakan jasa kelola media sosial dari Aidee Lab yang sudah berpengalaman dalam mengelola sosial media bisnis klien.

Untuk mengetahui apa saja kelebihan dari Aidee Lab, maka kamu bisa langsung hubungi nomor kontak yang tersedia di websitenya Aidee Lab sekarang juga!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.