fbpx

Cara Promosi Jualan di Facebook yang Benar

Berjualan di Facebook tentunya menguntungkan, terlebih lagi jika kamu tahu bagaimana caranya promosi jualan di Facebook. 

Untuk melakukan promosi jualan di Facebook ada caranya tersendiri, tidak bisa asal main promosi saja. 

Dengan mengikuti beberapa caranya dijamin bisa buat penjualanmu jadi meningkat, tentunya hal tersebut sangat menguntungkan, kan? 

Namun masih ada beberapa pebisnis yang salah cara dalam mempromosikan bisnisnya di Facebook. 

Sehingga ketika sudah melakukan promosi yang lebih maksimal malah tidak menghasilkan apa – apa. 

Promosi Jualan di Facebook
Ilustrasi Promosi di Facebook | Sumber : Pixabay

Tentunya hal tersebut menjadi sia – sia, kan? Sudah ngeluarin banyak tenaga, malah penjualan tidak meningkat juga.

Agar hal tersebut tidak terjadi di kamu, maka kamu perlu menyimak beberapa cara promosi jualan di Facebook ini! 

Beberapa cara ini sudah terbukti hasilnya, yang mana bisa meningkatkan penjualan dan lebih mudah menjangkau pelanggan baru. 

Simak beberapa caranya pada pembahasan selanjutnya.

Baca Juga : Jasa Iklan Facebook : Cara Menghasilkan Uang Dari Sosial Media

Cara Promosi Jualan di Facebook ini Bisa Larisin Jualanmu!

Siapa sih yang tidak mau jualannya laris manis? Pastinya semua pebisnis ingin jualannya laris manis setiap hari, kan?

Hanya saja untuk bisa laris manis penjualannya, kamu harus melakukan promosi agar para konsumen tahu produk atau jasamu dan buatlah promosi semenarik mungkin agar mereka tertarik untuk menggunakan produk atau jasamu.

Akan tetapi untuk melakukan promosi ada beberapa caranya tersendiri, bisa dibilang untuk melakukan promosi tidak bisa asal – asalan. 

Kalau asal – asalan yang ada nantinya promosi yang kamu lakukan tidak berjalan sesuai dengan keinginanmu. 

Promosi yang gagal tentunya juga bisa menggagalkan kamu untuk mencapai goals yang ingin kamu capai. 

Maka dari itu, ada baiknya kamu harus tahu terlebih dahulu caranya seperti apa. 

Nah, buat kamu yang ingin mempromosikan jualannya di Facebook, maka kamu bisa simak pembahasan berikut ini saja. 

Di pembahasan berikut ini akan membahas bagaimana cara promosi jualan di Facebook yang benar dan tentunya mudah untuk dilakukan. 

Tentunya cara tersebut sangat newbie friendly, jadi buat kamu yang baru terjun di dunia bisnis dan ingin mempromosikan jualanmu di Facebook bisa banget ikuti cara berikut ini! 

1. Mengoptimasi Akun Bisnis

Promosi Jualan di Facebook
Ilustrasi Optimasi Akun Bisnis Facebook | Sumber : Liputan6

Sebelum melakukan promosi, ada baiknya kamu harus membuat akun bisnis terlebih dahulu. 

Jika sudah dibuat, maka selanjutnya jangan lupa untuk mengoptimasi akun bisnis Facebook yang telah kamu buat.

Optimasi akun bisnis Facebook bisa seperti memastikan profil akun bisnis Facebookmu telah terisi lengkap dan terlihat menarik. 

Jangan lupa untuk menggunakan foto sampul yang kualitasnya bagus, menuliskan deskripsi bisnis yang jelas, serta mengisi informasi kontak yang bisa dihubungi. 

Perlu kamu tahu nih, ternyata akun bisnis Facebook kalau dioptimalkan bisa lebih muda dijangkau oleh konsumen. 

Kamu juga bisa menggunakan fitur yang disediakan oleh Facebook seperti fitur call to action yang tersedia di Book Now atau di Shop Now

Menggunakan fitur tersebut juga bisa meningkatkan konversi penjualanmu lho! 

2. Beriklan di Facebook

Promosi Jualan di Facebook
Ilustrasi Beriklan di Facebook | Sumber : Labiru Event

Jika tadi sudah membuat akun bisnis di Facebook, maka kamu sudah bisa untuk beriklan di Facebook. 

Namun sebelum beriklan, kamu harus membuat halaman Facebook khusus untuk bisnismu. Cara membuat halamannya mudah kok. 

Kamu pilih profil Facebook, lalu klik “buat” pada bagian atas, setelah itu klik “halaman“.

Jika sudah melakukan step di atas, maka selanjutnya kamu bisa memberikan nama bisnismu dan jangan lupa untuk mengisi detail lainnya. 

Kalau telah selesai membuat halaman Facebooknya, maka kamu bisa langsung memposting konten promosi atau berinteraksi dengan para audiens. 

Dengan beriklan di Facebook membuat kamu berpeluang besar untuk membuat target audiens yang lebih spesifik. 

Iklan yang tertarget tentunya akan muncul di audiens yang memang memiliki ketertarikan maupun minat pada produk atau jasamu. 

Kamu bisa membuat campaign iklan di Facebook semenarik mungkin dengan menggunakan video, foto, maupun lainnya yang tentunya berisikan mengenai kelebihan dari produk atau jasamu. 

Untuk mengevaluasi iklannya, ada baiknya kamu bisa coba strategi A/B testing agar tahu apakah konten iklannya efektif atau tidak. 

Baca Juga : Cara Membuat Iklan di Facebook yang Benar

3. Melakukan Live di Facebook

Promosi Jualan di Facebook
Ilustrasi Live Streaming di Facebook | Sumber : Neil Patel

Walaupun sudah mencoba beriklan si Facebook, ada baiknya kamu juga perlu melakukan live streaming di Facebook. 

Dengan melakukan live streaming di Facebook tentunya bisa membuka peluang besar untuk bisnismu agar meningkatkan penjualan. 

Melalui live streaming, kamu bisa : 

  • Mempromosikan produk atau jasa yang kamu miliki
  • Menjawab beberapa pertanyaan para konsumen secara langsung
  • Menyelenggarakan acara launching secara virtual

Perlu kamu ketahui juga, dengan live streaming bisa membangun hubungan dengan para konsumen agar lebih dekat. 

Jika sudah selesai melakukan live streaming di Facebook jangan lupa juga untuk melakukan analisis feedback dan interaksi. 

Dengan analisis tersebut, kamu bisa identifikasi apakah dengan melakukan live streaming di Facebook hasilnya bagus atau ada yang perlu diperbaiki. 

Kalau hasilnya bagus, maka kamu bisa melanjuti live streaming di kemudian hari. 

Namun kalau ada yang perlu diperbaiki, maka perbaiki dulu apa yang kurang. Sehingga saat live streaming berikutnya bisa lebih efektif. 

4. Membuat Konten Promosi yang Menarik

Promosi Jualan di Facebook
Ilustrasi Konten Promosi di Facebook | Sumber : Merchant.id

Agar promosinya berhasil, maka sebaiknya kamu membuat konten promosi yang menarik.

Selain menarik, buatlah konten promosi yang berisi informasi, mengedukasi, menghibur, serta sesuai dengan produk atau jasamu. 

Konten promosi yang dibuat seperti itu bisa memperluas jangkau target audiens, dan tentunya jangkauannya organik.

Kamu bisa membuat konten promosi berupa foto, video, infografis, dan lainnya. 

Pada umumnya audiens lebih menyukai jenis konten visual, makanya untuk mempromosikan produk atau jasa lebih cocok melalui Facebook. 

Baca Juga : Rekomendasi Jasa Iklan Facebook Ads Dijamin Worth It!

5. Menggunakan Fitur Marketplace

Promosi Jualan di Facebook
Ilustrasi Marketplace Facebook : Sumber : Pixabay

Facebook memiliki fitur berupa marketplace yang mana di fitur tersebut bisa melakukan promosi produk atau jasa. 

Fitur marketplace juga bisa menjangkau audiens yang memang sedang mencari produk atau jasa yang sesuai dengan produk atau jasa yang sedang kamu promosikan.

Jika kamu menggunakan marketplace Facebook jangan lupa untuk mengisi informasi produk atau jasa, serta gunakanlah foto yang menarik sehingga audiens yang melihatnya bisa tertarik menggunakannya. 

Kamu bisa gunakan fitur rating dan review yang ada di marketplace agar bisa membuat konsumen percaya dengan produk atau jasamu. 

Baca Juga : Rekomendasi Jasa Facebook Ads Terbaik dan Terjangkau

Promosi Jualan di Facebook? Pakai Jasa Facebook Ads Saja!

Kamu bisa mengikuti beberapa cara di atas tadi untuk mempromosikan produk atau jasamu. 

Namun, kamu juga bisa menggunakan jasa Facebook ads kalau tidak mau repot! 

Sekarang ini sudah banyak berbagai digital agency yang menyediakan jasa Facebook ads, salah satunya Aidee Lab.

Aidee Lab menyediakan jasa Facebook ads yang bisa kamu gunakan untuk membantu mempromosikan produk atau jasamu. 

Sebenarnya tidak hanya menyediakan jasa Facebook ads saja, Aidee Lab juga menyediakan jasa Instagram ads. 

Kedua jasa tersebut digabung ke dalam jasa Meta ads, tentunya dengan menggunakan jasa Meta ads jauh lebih hemat. 

Kamu bisa dapatkan jasa Facebook ads dan Instagram ads secara bersamaan dengan harga yang kompetitif. 

Jika tertarik untuk menggunakan jasa Meta ads dari Aidee Lab, kamu bisa langsung hubungi tim Aidee Lab sekarang juga ya!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.