fbpx

Contoh User Generated Content yang Perlu Diketahui

Sebagian orang belum tahu apa saja contoh user generated content. Jangankan contohnya, pengertian dari user generated content saja masih ada yang belum tahu.

Padahal user generated content juga cukup penting dalam bidang digital marketing lho. 

Jadi buat kamu yang belum tahu apa itu user generated content, kamu bisa simak pembahasan singkatnya di bawah ini.

User generated content atau biasa disingkat sebagai USG merupakan konten yang dibuat oleh orang lain yang menampilkan produk atau layanan dari bisnis lainnya.

Kalau kamu pernah jumpa konten yang mana orang – orang memberikan ulasan ke produk atau jasa tertentu, nah itulah yang dimaksud dengan user generated content.

Biasanya user generated content ini berbentuk video, teks, gambar, serta ulasan dari orang lain. Konten – konten yang telah dibuat biasanya diposting ke sosial media.

Ciri khas dari user generated content ini yaitu mempunyai nuansa yang lebih personal, hal tersebutlah yang bisa membuat banyak orang jadi lebih tertarik dengan konten tersebut.

Seperti di pembahasan awal, kalau user generated content ini sangat berpengaruh dalam bidang digital marketing.

Buat kamu yang lagi belajar digital marketing, bisa simak pembahasan artikel kali ini.

Pembahasan artikel kali ini bakalan membahas tuntas mengenai contoh user generated content serta manfaatnya.

Selengkapnya simak pembahasan selanjutnya yang akan membahas contoh user generated content beserta manfaatnya.

Baca Juga : Menguasai Strategi Social Media Marketing Sebagai Sustainable Brand

Manfaat dan Contoh User Generated Content

Dalam bidang digital marketing banyak sekali berbagai macam konten yang bisa kamu ketahui, salah satunya yaitu user generated content.

Ternyata masih ada sebagian orang yang belum terlalu paham mengenai user generated content ini.

Namun kalau diberikan contoh user generated content pastinya langsung paham, hal tersebut dikarenakan sebagian orang tahu seperti apa kontennnya namun tidak tahu jenis kontennya.

Perlu kamu tahu, user generated content memiliki manfaatnya di bidang digital marketing lho!

Untuk lebih lengkapnya mengenai contoh user generated content beserta manfaatnya di bidang digital marketing, kamu bisa simak pembahasan berikut ini ya.

1. Contoh dari User Generated Content (USG)

Mungkin selama ini sebenarnya kamu tahu contoh dari user generated content itu seperti apa, hanya saja kamu tidak tahu kalau konten tersebut merupakan konten dari user generated content.

Nah, biar kamu jadi lebih paham lagi apa saja contoh dari user generated content. Kamu bisa simak pembahasan berikut ini!

Jadi ada beberapa contoh dari user generated content yang tersebar di beberapa sosial media. Misalnya seperti di Instagram, TikTok, YouTube, sampai di website juga ada.

Untuk selengkapnya, kamu bisa simak beberapa contohnya berikut ini.

a. Instagram

Biasanya kalau di Instagram, contoh dari user generated content ini penggunaan hashtag saat memposting video ataupun konten.

Hal tersebut ternyata bisa membuat banyak orang tertarik untuk melihat produk atau layanan yang tersedia.

Tidak hanya membuat tertarik saja, dengan menggunakan hashtag tersebut bisa membuat banyak orang jadi lebih mudah untuk menemukan produk atau layanan yang mereka cari.

Misalnya saja ada user generated content di Instagram yang menggunakan hashtag #RacunShopee.

Tentunya hal tersebut bisa memberi tahu orang – orang kalau ingin membeli produk atau layanan tersebut melalui Shopee.

b. TikTok

Sosial media TikTok sudah tidak perlu diragukan kembali, semua tren yang viral sumber asalnya dari sosial media tersebut.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan para pebisnis yang ingin membuat produk atau layanan mereka bisa dikenal banyak orang.

Kebanyakan pebisnis sekarang ini lebih sering mengendorse influencer TikTok karena cepat sekali viralnya.

Biasanya user generated content di TikTok bisa berupa video yang mana sang influencer bercerita sambil melakukan unboxing paket.

Baca Juga : Tips Jual Online di Berbagai Media Sosial!

c. YouTube

Sebenarnya user generated content di YouTube sama saja dengan USG di Instagram dan TikTok.

Hanya saja user generated content di YouTube lebih panjang durasi videonya, sehingga lebih cocok untuk membuat USG berupa review produk atau layanan.

Kalau kamu tahu GadgetIn yang sering mereview berbagai macam produk, salah satunya handphone.

Nah, video – video review yang ada di YouTube GadgetIn termasuk ke dalam user generated content.

Konten yang dibuat oleh GadgetIn tentunya bisa mempermudah orang – orang yang kebingungan ingin membeli handphone yang seperti apa.

Selain itu, para produsen handphone juga jadi tahu apa minat dan ketertarikan orang – orang sehingga bisa membuat inovasi yang baru lagi.

d. Website

Jangan salah sangka, di website juga bisa lho membuat user generated content! Akan tetapi bentuk kontennya bukan video, tetapi berupa teks serta gambar.

Misalnya saja seperti website coursereport.com yang membuat website khusus sebagai tempat review bagi orang – orang yang telah menggunakan layanan atau mengikuti program kursus dari RevoU.

Dari hasil review tersebut para pengunjung website yang belum pernah menggunakan layanan dari RevoU atau ingin menggunakan layanan RevoU jadi bisa bisa tahu apakah worth it menggunakan layanan dari RevoU atau tidak.

Itu dia tadi beberapa contoh user generated content yang perlu kamu tahu, jadi kamu tidak perlu lagi bingung jika ditanya mengenai contoh dari user generated content (USG).

Nah, untuk manfaat dari user generated content bisa kamu simak di pembahasan selanjutnya ya!

Baca Juga : Cara Promosi di Media Sosial yang Benar dan Tepat

2. Manfaat User Generated Content

Ternyata user generated content bermanfaat sekali di bidang digital marketing lho. Kamu bisa simak pembahasan berikut ini yang bakalan membahas beberapa manfaat user generated content.

a. Bisa Meningkatkan Kepercayaan

Sekarang ini kebanyakan orang sudah tidak percaya lagi dengan konten yang dibuat oleh perusahaan atau pebisnis.

Kebanyakan orang lebih percaya dengan user generated content yang dibuat oleh bukan orang dari perusahaan.

Alasan mengapa kebanyakan orang lebih percaya dengan user generated content dikarenakan orang yang membuat konten tersebut telah mencoba produk atau layanan tersebut secara langsung.

b. Jangkauan yang Lebih Luas

Menggunakan user generated content ternyata bisa membuat jangkauan bisnis jadi lebih luas lagi.

Tentu hal tersebut bisa membuat produk atau layanan yang sedang kamu tawarkan jadi lebih dikenal banyak orang.

Terlebih lagi user generated content ini diposting melalui sosial media yang mana penggunanya sangat banyak sekali.

Jangkauan yang lebih luas bisa meningkatkan omset pendapatan bisnismu.

Maka dari itulah alasannya mengapa sekarang ini para pebisnis gencar – gencarnya berpromosi dengan cara menggunakan user generated content.

Baca Juga : Kupas Tentang Strategi Pemasaran Media Sosial

c. Peringkat Website Lebih Mudah Naik

Jarang ada orang yang tahu kalau membuat user generated content ternyata bisa mempermudah website naik ke peringkat teratas pada halaman pencarian seperti Google.

Sebelumnya kamu harus tahu kalau peringkat merupakan hal yang sangat penting di bidang digital marketing.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menaikkan peringkat di halaman pencarian seperti Google yaitu dengan cara menggunakan user generated content.

Kamu bisa menggunakan kata kunci yang sesuai dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Tidak hanya itu saja, user generated content juga dapat membantu meningkatkan jumlah klik pada link tautan ke situs website bisnismu.

Tentunya hal tersebut bisa membuat peringkat situs website bisnismu bisa naik ke peringkat teratas pada halaman pencarian di Google.

d. Meningkatkan Jumlah Impresi

Menggunakan cara user generated content bisa meningkatkan jumlah impresi serta interaksi pada akun bisnismu.

User generated content mempermudah kamu untuk memperkenalkan produk atau layanan ke banyak orang.

Itulah tadi beberapa manfaat menggunakan user generated content dalam mempromosikan bisnismu.

Sebenarnya kalau ingin hasilnya lebih maksimal lagi, kamu bisa menggunakan bantuan dari jasa digital marketing saja.

Baca Juga : Wajib Tau! Ini 10 Strategi Pemasaran Media Sosial Yang Ampuh

Terapkan Contoh User Generated Content ke Bisnismu

Kamu bisa menerapkan beberapa contoh user generated content untuk mempromosikan bisnismu sehingga lebih banyak orang yang tertarik dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Seperti di pembahasan sebelumnya, kamu bisa memaksimalkan bisnismu dengan menggunakan jasa digital marketing yang digabungkan dengan cara user generated content.

Kamu bisa menggunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab saja, dengan menggunakan Aidee Lab, kamu bisa request ingin membuat konten promosi bisnismu mau seperti apa.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa hubungi langsung nomor kontak tim Aidee Lab yang tersedia di website Aidee Lab.

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.