fbpx

Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing Apa Saja?

Pastinya kamu pernah bertanya – tanya, memangnya kelebihan dari digital marketing apa saja?

Mengingat sekarang ini sudah banyak para pebisnis yang menggunakan cara ini untuk beriklan.

Ditambah lagi sekarang ini sudah memasuki era digital yang mana mengharuskan para pebisnis untuk bisa memahami cara kerjanya.

Namun di balik kelebihannya, pastinya kamu juga bertanya – tanya, mengenai kekurangan digital marketing apa saja?

Dikarenakan pastinya di setiap kelebihan sesuatu hal pasti ada kekurangannya.

Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan digital marketing apa saja, kamu bisa simak pembahasan lebih lengkapnya di pembahasan selanjutnya.

Baca Juga : Teknik Memasarkan Produk Ini Dijamin Naikin Omset Bisnis

Kekurangan dan Kelebihan Digital Marketing Apa Saja? Simak Pembahasan Berikut!

Di pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan bahwa para pebisnis sekarang ini sudah memulai beralih menggunakan cara digital marketing untuk melancarkan bisnis.

Tentunya ada alasan tersendiri mengapa para pebisnis beralih menggunakan cara ini untuk berbisnis.

Diantaranya karena sekarang ini perkembangan jaman sudah ‘bergeser’ ke era digital.

Selain itu, dengan menggunakan cara ini mampu menjangkau audiens lebih luas lagi sehingga bisa berpeluang besar untuk mendapatkan pelanggan baru lebih banyak lagi.

Sebenarnya masih banyak lagi alasan mengapa para pebisnis sekarang lebih memilih menggunakan cara ini.

Hal tersebut tentunya menunjukkan kalau cara ini ada kelebihannya tersendiri.

Namun di balik kelebihan tersebut pastinya ada kekurangannya.

Kira – kira kekurangan dari digital marketing apa saja ya?

Yuk, lebih lengkapnya simak pembahasan berikut ini.

Baca Juga : Beberapa Platform Iklan Buat yang Ingin Beriklan

1. Kelebihan dari Digital Marketing

Sebelum membahas kekurangan dari digital marketing, terlebih dahulu kamu harus tahu apa saja kelebihannya yang bisa membuat para pebisnis jadi beralih menggunakan cara marketing tersebut.

Simak kelebihannya berikut ini :

a. Mudah untuk Melakukan Evaluasi

Menggunakan digital marketing mempermudah kamu untuk melakukan evaluasi.

Melalui evaluasi tersebut kamu jadi tahu bagaimana performa iklanmu yang sedang tayang.

Kamu juga bisa cek iklan secara berkala untuk tahu profil dari para audiens.

Selain mengetahui profil para audiens, kamu juga bisa jadi tahu berapa lama iklanmu dilihat banyak audiens.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa jadi tahu berapa jumlah penjualan di setiap iklan yang sudah ditayangkan.

Mudahnya melakukan evaluasi juga bisa mempermudah kamu untuk menyusun kembali strategi pemasaran yang tepat untuk campaign iklan selanjutnya.

b. Lebih Efisien dalam Beriklan

Berbeda dengan beriklan melalui media konvensional yang mana untuk biaya iklannya sudah ditetapkan dan tidak bisa ditawar.

Kalau kamu menggunakan cara ini, kamu bisa secara bebas mengatur barapa jumlah biaya yang ingin kamu keluarkan untuk beriklan.

Sudah dipastikan dengan cara ini bisa mempermudah kamu untuk beriklan, terlebih lagi jika kamu hanya mempunyai budget iklan yang pas – pasan.

Melalui cara ini, kamu juga bisa mengarahkan semua kegiatan promosimu ke berbagai platform digital.

Sehingga kamu bisa langsung memantau perkembangan iklan yang sedang tayang dan bagaimana penjualanmu setelah iklan ditayangkan.

Tentunya beriklan dengan cara ini lebih efisien daripada beriklan melalui media konvensional.

Baca Juga : Kursus Pemasaran Online Buat yang Ingin Belajar Beriklan

c. Hemat Waktu dan Biaya

Kelebihan inilah yang menjadi alasan mengapa para pebisnis sekarang ini lebih suka menggunakan digital marketing.

Menggunakan cara ini bisa membuat kamu jadi lebih hemat dari segi waktu dan biaya.

Perlu kamu tahu, kalau beriklan dengan cara ini ada dua jenis promosinya.

Diantaranya ada paid marketing dan organic marketing, kamu bisa memilih salah satu jenis dari kedua jenis promosi tersebut dengan menyesuaikan target sasaran.

Untuk biayanya sangat terjangkau dibandingkan kamu beriklan dengan menggunakan media konvensional seperti melalui televisi, koran berita, dan lainnya.

Menayangkan iklannya pun tidaklah terlalu susah, kamu hanya perlu membuat akun saja.

Tentunya hal tersebut bisa menghemat waktu kamu untuk beriklan, dibandingkan menggunakan media konvensional kamu harus membuat balihonya terlebih dahulu yang membutuhkan waktu yang lama.

d. Menjangkau Audiens Lebih Luas

Seperti di pembahasan sebelumnya, kalau menggunakan cara ini jadi lebih mudah menjangkau audiens lebih luas dari berbagai daerah.

Kamu bisa menjangkau audiens dengan menentukan target audiensnya dengan cara menentukan jenis kelamin, usia, lokasi tempat tinggal, serta produk atau layanan yang sering dicari audiens.

Iklan akan selalu muncul jika audiens pernah mencari, melakukan transaksi, atau memiliki minat pada produk atau layanan tersebut.

Tentunya sistem tersebut lebih memudahkan para pebisnis untuk beriklan.

Berbeda dengan beriklan melalui media konvensional yang mana kamu perlu melakukan survey lokasi terlebih dahulu sebelum memasang iklan di papan baliho.

Bagaimana? Sudah paham mengenai kelebihannya?

Kalau sudah paham, simak pembahasan selanjutnya yang akan membahas kekurangannya.

Simak kekurangannya di pembahasan berikut ini.

Baca Juga : Cara Promosi di Media Sosial yang Benar dan Tepat

2. Kekurangan dari Digital Marketing

Setiap kelebihan pastinya ada kekurangan, begitu juga dengan digital marketing yang memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Buat kamu yang penasaran apa saja kekurangannya, simak pembahasannya berikut ini.

a. Keamanan dan Privasi yang Lemah

Beriklan di digital tentunya beriklan melalui platform digital yang mana memiliki resiko besar untuk terkena serangan virus atau malware.

Biasanya virus atau malware sering meretas di website atau aplikasi, yang mana hal tersebut bisa menyebabkan kebocoran data.

Maka dari itulah, penting sekali untuk menggunakan proteksi yang kuat agar terhindar dari virus atau malware tersebut.

b. Lebih Mudah Mendapatkan Feedback Negatif

Perlu kamu ketahui, kalau menggunakan digital marketing bisa menjadi ‘ancaman’ bagi tiap pebisnis.

Semua audiens bisa dengan mudah memberikan feedback yang positif dan negatif, terlebih lagi kalau bisnis tersebut mendapatkan feedback yang negatif.

Hal tersebut bisa menyebabkan reputasi bisnismu bisa ‘anjlok’ dan jadi jelek di mata audiens lainnya.

Maka dari itu, para pebisnis disarankan untuk selalu memberikan pelayanan sebaik mungkin agar pelanggan tidak memberikan feedback negatif.

c. Harus Dihandle Orang yang Ahli

Untuk menghandlenya tidak boleh sembarangan orang, harus ada orang yang ahli untuk menghandle iklan bisnismu.

Salah dalam memilih orang, maka bisa berpengaruh pada iklan bisnismu, yang seharusnya dari iklan tersebut bisa menambah pelanggan baru malah jadi tidak ada pelanggan.

d. Ketatnya Persaingan Digital

Tidak hanya bisnis saja yang semakin ketat persaingannya, dalam dunia digital juga ketat sekali persaingannya.

Banyak sekarang penyedia jasa yang menyediakan jasa digital marketing, namun kamu harus berhati – hati dalam memilih jasanya agar tidak salah pilih.

Baca Juga : Cara Memasarkan Produk Secara Online dengan Mudah!

Jasa Digital Marketing Apa Saja Ya?

Untuk mengiklankan bisnismu, kamu bisa menggunakan jasa digital marketing.

Namun yang menjadi pertanyaan, jasa mana ya yang paling bagus?

Jawabannya, kamu bisa menggunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab!

Aidee Lab sudah berpengalaman dalam menghandle berbagai macam pebisnis dari segala bidang bisnis.

Kamu bisa langsung hubungi nomor kontaknya Aidee Lab yang tertera di websitenya Aidee Lab biar tahu pebisnis apa saja yang pernah mempercayakan iklan bisnis mereka ke Aidee Lab!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.