fbpx

Kelebihan TikTok Ads yang Bisa Dongkrak Penjualan

Masih banyak pebisnis yang tidak mengetahui kalau beriklan di TikTok sangat menguntungkan, terlebih lagi ada berbagai kelebihan TikTok Ads yang mempermudah pebisnis beriklan di sosial media tersebut.

Selama ini pebisnis hanya mengetahui dan menggunakan Meta Ads atau Google Ads dalam beriklan atau mempromosikan bisnis mereka.

Tentunya kelebihan TikTok Ads tidak kalah menguntungkan dari berbagai platform iklan digital lainnya seperti Meta Ads dan Google Ads.

Sebagai informasi, sekarang ini jumlah pengguna TikTok di Indonesia sudah setara dengan jumlah pengguna Instagram dan Facebook, yang mana jumlahnya sekitar 157,6 juta pada bulan Juli 2024.

Data jumlah pengguna TikTok tersebut dikutip dari Kompas, dan kemungkinan besar jumlah pengguna TikTok akan terus bertambah seiring waktu berjalan.

Dengan melihat jumlah pengguna TikTok yang bertambah semakin banyak, sudah seharusnya para pebisnis mulai mencoba beriklan di TikTok Ads!

Jangan ragu untuk memulai beriklan di TikTok Ads, karena di TikTok Ads memiliki berbagai jenis format iklan yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan keinginan serta tujuan dalam beriklan.

Selain memiliki berbagai jenis format iklan, beriklan di TikTok juga memiliki berbagai keuntungan yang pastinya sangat menguntungkan!

Penasaran apa saja jenis format iklan di TikTok Ads serta kelebihan TikTok Ads? Kamu bisa simak kedua pembahasan tersebut di pembahasan selanjutnya ya!

Baca Juga : Tren Promosi di TikTok, Ketahui Tips Ini Sebelum Mencobanya !

Jenis – Jenis Format Iklan di TikTok Ads

Sebelum beriklan di TikTok Ads, ada baiknya kamu harus tentukan terlebih dahulu ingin menggunakan jenis format iklan yang ingin digunakan.

Tentukan jenis format iklannya berdasarkan kebutuhan dan tujuan dalam beriklan ya! Jangan sampai salah pilih jenis format iklan, yang ada nantinya pesan iklan yang ingin disampaikan malah tidak tersampaikan ke target audiens.

Jangan takut untuk beriklan di TikTok Ads, karena di sosial media tersebut memiliki berbagai jenis format iklan yang bisa kammu pilih dan gunakan berdasarkan tujuanmu dalam beriklan.

Simak beberapa jenis format iklan TikTok Ads berikut ini:

1. Brand Takeover

Kelebihan TikTok Ads
Jenis Format Iklan Brand Takeover | Sumber: Dipstrategy

Jenis format iklan brand takover ini biasanya sering dijumpai saat kamu membuka aplikasi TikTok pertama kalinya, tampilan iklannya biasanya full screen.

Untuk konten dari jenis format iklan ini menggunakan foto, video, atau GIF. Selain itu, jenis format iklan brand takeover akan langsung terhubung ke link tautan produk atau layanan.

Dengan link tautan yang langsung terhubung bisa membuat target audiens lebih mudah untuk mengetahui detail produk atau layanannya.

Sebenarnya jenis format iklan ini tidak sekedar muncul di halaman pembuka saja, namun juga tampil di halaman ‘For You‘.

Tentunya hal tersebut juga bisa menjangkau target audiens lebih luas dan bisa meningkatkan engagement.

2. In-Feed Ads

Kelebihan TikTok Ads
Jenis Format Iklan In-Feed Ads | Sumber: Dipstrategi

Untuk jenis format iklan in-feed ads biasanya muncul di bagian feed TikTok. Kalau kamu menggunakan jenis format iklan ini, jangan lupa untuk menautkan link produk atau layanannya.

Dengan menggunakan jenis format iklan in-feed ads, memungkinkan kamu untuk mengajak target audiens melakukan sebuah tindakan seperti melakukan pembelian.

Nantinya target audiens akan diarahkan ke sebuah landing page atau ke situs website.

Jenis format iklan ini lebih cocok jika sekali digunakan untuk beriklan, karena efektif menimbulkan respons langsung dari target audiens.

Baca Juga : Cara Menjadi Konten Kreator Tiktok Buat Pemula

3. Playable Ads

Kelebihan TikTok Ads
Jenis Format Iklan Playable Ads | Sumber: Yateo

Konten yang digunakan dalam jenis format iklan playable ads biasanya menggunakan konten video interaktif, sehingga kamu bisa menampilkan pratinjau aplikasinya terlebih dahulu sebelum target audiens mengunduhnya.

Jenis format iklan ini memiliki keunikan, yaitu target audiens bisa mencoba menggunakan aplikasinya terlebih dahulu ketika sedang melihat iklannya.

Bisa dibilang jenis format iklan playable ads lebih menarik dan unik, sehingga bisa mengoptimalkan cost per result.

4. TopView

Kelebihan TikTok Ads
Jenis Format Iklan Topview | Sumber: Dipstrategy

Jenis format iklan topview hampir mirip dengan forma iklan brand takeover, yang menjadi perbedaannya yaitu format iklan topview biasanya muncul di feed dan hanya berdurasi 3 detik saja.

Untuk tampilan jenis format iklan tidak terlalu menggangu target audiens saat melihat tampilan iklannya.

Tidak hanya muncul di halaman pembuka saja, jenis format iklan ini juga muncul pada bagian atas ‘For Your Page’ pengguna TikTok. Durasinya hanya 60 detik saja, dan biasanya format iklan ini diputar otomatis.

Nah, itu dia tadi beberapa jenis format iklan TikTok Ads yang perlu kamu ketahui sebelum beriklan di TikTok Ads.

Kalau sudah menentukan ingin menggunakan jenis format iklan yang seperti apa, maka kamu bisa langsung membuat konten iklannya.

Jika bingung cara membuat konten iklan di TikTok yang benar seperti apa, maka kamu bisa menggunakan jasa pembuatan konten dari Aidee Lab saja!

Aidee Lab cukup berpengalaman dalam pembuatan konten iklan untuk berbagai platform iklan digital, jadi tidak perlu lagi ragu untuk menggunakan jasanya.

Balik lagi ke pembahasan sebelumnya, kalau tadi sudah tahu beberapa jenis format TikTok Ads, maka di pembahasan selanjutnya akan membahas beberapa kelebihan TikTok Ads!

Simak beberapa kelebihan tiktok ads di pembahasan selanjutnya!

Baca Juga : 9 Cara Menjadi Kreator TikTok, Auto Switch Career

Kelebihan TikTok Ads yang Sangat Menguntungkan Bagi Pebisnis

Kelebihan TikTok Ads
Kelebihan TikTok Ads | Sumber: pikisuperstar/Freepik

Mungkin selama ini kamu hanya tahu kalau TikTok merupakan aplikasi yang isinya hanya hiburan saja, padahal aplikasi tersebut juga bisa dijadikan sebagai tempat beriklan.

Ada banyak kelebihan TikTok Ads yang tentunya sangat menguntungkan para pebisnis dan tidak kalah menguntungkan dari berbagai platform iklan digital lainnya.

Penasara apa saja kelebihan TikTok Ads? Simak beberapa kelebihannya berikut ini:

1. Penargetan Audiens Lebih Tepat

Kelebihan TikTok Ads yang pertama yaitu membuat kamu jadi lebih mudah untuk menargetkan audiens dengan lebih tepat, kamu bisa sesuaikan kriteria target audiensnya sesuai dengan bisnismu.

Biasanya kriteria target audiens berdasarkan demografis, sehingga iklannya bisa mucul di target audiens yang berpotensial.

Selain berdasarkan demografis, juga bisa menentukannya berdasarkan minat dan perilaku target audiens.

2. Jangkauan Target Audiens Lebih Luas

Seperti di pembahasan sebelumnya, kalau TikTok memiliki jumlah pengguna yang banyak. Tentunya hal tersebut mempermudah kamu untuk menjangkau target audiens lebih luas.

Kalau terlalu luas, kamu bisa mempersempit jangkauannya dengan berdasarkan minat, usia, dan latar belakang target audiens.

Bisa disimpulkan, dengan menggunakan TikTok Ads tidak perlu lagi susah payah dan tidak perlu mengeluarkan biaya beriklan yang banyak hanya untuk menjangkau target audiens.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Algoritma Tiktok Untuk Menaikkan Engagement

3. Kinerja Iklan Terukur Lebih Akurat

TikTok Ads memiliki berbagai alat metrik yang fungsinya untuk mengukur kinerja iklan, sehingga hasil iklannya lebih akurat. Misalnya jumlah tayang iklan, jumlah interaksi, sampai jumlah konversinya.

Dengan menggunakan alat metrik, TikTok Ads bisa memberikan hasil kinerja iklan yang lebih detail.

Tentunya hal tersebut membantu kamu untuk menentukan serta membuat sebuah keputusan untuk campign iklan kedepannya.

4. Custom Kategori Untuk Konten Iklan

Untuk membuat sebuah konten iklan di TikTok Ads, kamu bisa sesuaikan konten iklannya dengan tema yang sudah ditentukan sebelumnya.

Sehingga nantinya konten iklan tersebut bisa menghasilkan engagement yang lebih detail serta memiliki kesan personal dengan target audiens.

Kamu bisa custom konten iklan berdasarkan kategori hiburan yang sering viral atau menggunakan hashtag yang sedang tren.

Sebagi gambaran buat kamu yang bingung bagaimana membuat konten iklan, kamu bisa membuat konten iklan yang berisikan tips DIY dengan menggunakan produk atau layanan yang diiklankan.

5. Membuat Promosi Jadi Lebih Menarik

Kamu bisa buat promosi jadi lebih menarik dengan menggunakan berbagai jenis format iklan seperti in-feed ads, brand takeover, topview, dan lainnya.

Dengan menggunakan salah satu jenis format iklan tersebut, kamu bisa membuat promosi produk atau layananmu jadi lebih menarik.

Target audiens pastinya akan tertarik melihat iklannya dan berpeluang besar menggunakan produk atau layanannya.

Baca Juga : Sosial Media Marketing: Mengulik Cara live tiktok Bagi Pemula

Maksimalkan Kelebihan TikTok Ads dengan Jasa TikTok Ads

Itulah tadi beberapa jenis format iklan di TikTok Ads, serta kelebihan TikTok Ads yang perlu kamu ketahui jika ingin beriklan di TikTok Ads.

Agar iklan bisa berjalan dengan lancar serta hasilnya lebih maksimal, maka kamu bisa menggunakan jasa TikTok Ads!

Jika ingin menggunakan jasa TikTok Ads, kamu bisa menggunakan jasa dari Aidee Lab saja.

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan jasa TikTok Ads nya, maka kamu bisa hubungi tim Aidee Lab melalui nomor di bawah ini:

Bagi kamu yang tertarik ingin menggunakan jasa TikTok Adsnya, maka kamu bisa hubungi segera tim Aidee Lab melalui nomor di bawah ini:

0813-6209-8990

Ayo! Segera hubungi tim Aidee Lab sekarang juga dan dapatkan berbagai penawaran menarik lainnya!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.