fbpx

Mengenal Strategi Marketing Mix untuk Berbisnis

Sebenarnya untuk menjalankan bisnis cukup mudah dilakukan asal kamu tahu strategi marketing apa yang akan digunakan.

Banyak sekali strategi yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan bisnismu kepada audiens.

Salah satu strategi yang bisa kamu gunakan yaitu strategi marketing mix!

Mungkin kamu masih belum paham dan belum mengetahui apa itu strategi marketing mix? Dan seberapa pengaruhnya sih strategi tersebut untuk menjalankan bisnis?

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai strategi tersebut, kamu bisa simak pembahasannya di artikel Aidee Lab kali ini!

Pada pembahasan selanjutnya akan membahas tuntas mengenai jenis strategi tersebut sehingga kamu bisa jadi tahu seberapa pentingnya menggunakan strategi tersebut.

Simak lebih lanjut di pembahasan selanjutnya!

Baca Juga : Susun Strategi Pemasaran Biar Bisnis Makin Cuan!

Mengenal Lebih Detail Strategi Marketing Mix

Ketika ingin menjalankan bisnis penting sekali menggunakan strategi marketing agar bisnismu bisa berjalan dengan lancar sehingga mendapatkan pelanggan yang lebih banyak lagi.

Banyak sekali berbagai strategi yang bisa kamu gunakan, salah satunya yaitu menggunakan marketing mix.

Masih banyak orang yang belum tahu apa itu strategi marketing mix, apakah sama dengan strategi pada umumnya? Selengkapnya simak pembahasan singkatnya berikut ini.

Jadi strategi ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang mengkombinasikan berbagai macam elemen agar bisa mencapai goals yang sudah ditargetkan sebelumnya.

Strategi yang satu ini memiliki dua konsep yang salah satunya bisa digunakan untuk menjalankan bisnis.

Konsepnya yaitu ada konsep marketing mix 4P dan marketing mix 7P. Penasaran dengan dua konsep tersebut?

Simak lebih lanjut pembahasan berikut ini sampai tuntas ya!

Baca Juga : Strategi Pemasaran Produk Buat Bisnis Jadi Laris

1. Strategi Marketing Mix 4P

Marketing mix 4P merupakan salah satu konsep dari strategi marketing mix yang dikemukakan oleh Jerome McCarthy pada tahun 1960.

Dikatakan bahwa marketing mix 4P tidak hadir secara tiba – tiba dari satu individu. Ada beberapa elemen penting yang ada di marketing mix 4P, diantaranya yaitu : 

a. Produk

Strategi Marketing
Sumber : Pixabay

Elemen yang satu ini mencakup segala aspek yang masih berkaitan dengan produk maupun jasa yang disediakan oleh pebisnis kepada para audiens yang berpotensial.

Perlu kamu ketahui juga bahwa ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan di elemen produk ini, diantaranya yaitu : 

  • Fitur, suatu produk maupun jasa perlu sekali memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri sehingga bisa berbeda dari para kompetitor. Adanya fitur ini bisa mempermudah audiens dan pelanggan untuk mengingat terus bisnismu
  • Kualitas, tentunya setiap produk maupun jasa harus memiliki kualitas yang bagus agar bisa memenuhi kebutuhan para pelanggan. Kualitas yang bagus juga sangat disenangi para pelanggan sehingga membuat mereka repurchase
  • Desain Visual, masih banyak para pebisnis yang masih menyepelekan desain visual dari sebuah produk atau jasa. Perlu kamu tahu kalau dengan desain visual yang menarik dan unik bisa mempengaruhi persepsi para audiens serta pelanggan
  • Kemasan Produk, buat para pebisnis yang berfokus menjual produk penting sekali menggunakan kemasan produk yang menarik dan berfungsi
  • Merek Brand, perlu sekali untuk membuat merek brand agar bisa membangun identitas serta citra brand yang positif
  • Pelayanan, tidak hanya memberikan kualitas produk ataupun jasa saja yang harus ditingkatkan kualitasnya. Untuk pelayanan perlu juga tingkatkan kualitasnya sehingga para pelanggan bisa merasa terkesan dan repurchase

b. Harga

Strategi Marketing 2
Sumber : Pixabay

Pada elemen harga ini penting sekali untuk menetapkan harga produk atau jasa yang kamu sediakan. Ada beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan sebelum menetapkan harganya, diantaranya yaitu :

  • Membuat strategi penetapan harga, untuk menentukan harga produk atau jasa perlu sekali memperhatikan strategi harga pasaran, harga diskon, maupun harga premiumnya
  • Range harga, perlu sekali untuk mengetahui berapa kisaran harga yang diberikan kepada para audiens dan pelanggan
  • Memberikan penawaran, dalam berbisnis tidak sah rasanya kalau tidak memberikan penawaran. Maka dari itu penting sekali untuk memberikan penawaran kepada para audiens maupun pelanggan agar mereka bisa semangat untuk berbelanja
  • Menghitung keuntungan, jangan sampai lupa untuk menghitung keuntungan dalam berbisnis. Harus tahu juga ingin mendapatkan keuntungan berapa yang ingin didapatkan

c. Tempat

Strategi Marketing 3
Sumber : Pixabay

Elemen yang satu ini berisikan mengenai bagaimana caranya mendistribusikan produk maupun jasa yang disediakan sehingga para audiens dan pelanggan bisa menjangkau produk atau jasa yang kamu sediakan.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan pada elemen tempat ini, diantaranya yaitu : 

  • Saluran pendistribusian, perlu sekali memastikan saluran seperti apa yang harus digunakan untuk mendistribusikan produk ataupun jasa yang disediakan. Bisa menggunakan saluran langsung ataupun saluran tidak langsung, kamu juga bisa menggabungkan keduanya
  • Menentukan Lokasi, lokasi offline perlu sekali dipertimbangkan jika bisnis telah memiliki nama yang besar. Pilihlah lokasi yang mudah dijangkau oleh para audiens maupun pelanggan
  • Distribusi secara online, jika ingin menjangkau audiens lebih luas lagi maka bisa mendistribusikan produk atau jasa dengan cara online melalui e-commerce
  • Manajemen pasokan produk, perlu sekali memastikan pasokan produk tetap terjaga dengan memantau dari awal sampai akhirnya produk sampai ke pelanggan

d. Promosi

Strategi Marketing 4
Sumber : Pixabay

Tidak sah rasanya kalau berbisnis tidak melakukan promosi, elemen promosi ini sangat penting dilakukan agar para pelanggan mengenal produk atau jasa yang disediakan.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan pada elemen promosi ini, diantaranya yaitu :

  • Iklan, penting sekali membuat iklan agar seluruh audiens yang tertarget bisa mengetahui bisnismu lebih detail. Kamu bisa beriklan dengan cara menggunakan media cetak, media elektronik, sosial media, dan berbagai macam media iklan lainnya
  • Public relation atau Humas, jika ingin membuat bisnismu memiliki citra yang positif maka kamu bisa menggunakan jasa public relation ataupun humas
  • Menjual secara pribadi, kamu bisa mempromosikan bisnismu dengan cara berinteraksi langsung dengan para audiens atau pelanggan melalui penjualan secara langsung
  • Mempromosikan penjualan, buatlah promosi secara khusus seperti membuat diskon, event, ataupun potongan harga agar para audiens maupun pelanggan tertarik membeli atau menggunakannya
  • Memasarkan secara langsung, seperti di pembahasan sebelumnya bahwa kamu bisa melakukan pemasaran secara langsung dengan para audiens atau pelanggan melalui email marketing, dan cara lainnya

Baca Juga : Cara Agar Jualan Laris, Apakah Harus Melihat Trend Pasar?

Itulah beberapa elemen dalam marketing mix 4P yang perlu kamu ketahui.Untuk contoh dari marketing mix 4P ini diantaranya yaitu : 

  • Membuat inovasi dari berbagai produk ataupun jasa yang kamu tawarkan
  • Memberikan penawaran harga yang normal dengan mempertimbangkan kembali kualitas dari produk maupun jasa yang kamu sediakan
  • Memasarkan produk dengan cara mendistribusikan secara online melalui e-commerce ataupun website
  • Mempromosikan penjualan dengan cara memberikan diskon, voucher, paket bundling, dan lainnya

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan Produk Agar Meningkat

2. Strategi Marketing Mix 7P

Jika tadi sudah membahas strategi marketing mix 4P, maka kali ini akan membahas marketing mix 7P.

Sama halnya dengan mix marketing 4P yaitu sama – sama memiliki berbagai macam elemen yang hampir sama. Elemen yang sama yaitu : 

  • Produk
  • Harga
  • Tempat
  • Promosi

Nah, untuk perbedaannya yaitu mix marketing 7P memiliki 3 tambahan elemen baru, diantaranya yaitu : 

a. Orang

Strategi Marketing 5
Sumber : Gadjian

Sebuah bisnis pastinya perlu sekali membutuhkan sumber daya manusia untuk membuat bisnis bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

Untuk menggunakan sumber daya manusia perlu sekali memperhatikan kualitasnya sehingga bisa membuat citra bisnismu menjadi positif.

b. Proses

Strategi Marketing 6
Sumber : Pixabay

Dalam elemen proses ini masih berhubungan dengan pelayanan diberikan kepada para pelanggan. Mulai dari saat pemesanan sampai produk atau jasa digunakan oleh pelanggan.

c. Tampilan Fisik

Strategi Marketing 7
Sumber : Pixabay

Elemen tampilan fisik ini masih berhubungan dengan citra dari bisnismu, misalnya saja seperti kemasan dari produknya, lokasi usahanya, dan lainnya.

Untuk contoh dari ketiga elemen tersebut yaitu seperti :

  • Staff karyawan yang sangat pandai dalam membuat serta menyajikan makanan atau minuman, terlebih lagi staff karyawan juga ramah dan memberikan pelayanan terbaik dengan para pelanggan
  • Untuk memproses makanan atau minumannya sangat teliti dan detail sehingga tidak ada yang kelupaan
  • Suasana restorannya memiliki desain yang membuat suasana restoran jadi terasa nyaman bagi para pelanggan yang mengunjunginya

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan yang Menurun dengan Cara ini!

Strategi Marketing Mix Lebih Maksimal dengan Jasa Iklan Online

Itulah tadi beberapa konsep mengenai strategi marketing mix yang ternyata masih bisa dimaksimalkan dengan menggunakan jasa iklan online.

Kamu bisa memaksimalkan strategi marketing dengan menggunakan jasa iklan online dari Aidee Lab!

Aidee Lab menyediakan jasa iklan online untuk kamu yang merupakan seorang pebisnis dan ingin mempromosikan bisnismu kepada audiens secara lebih luas lagi.

Untuk masalah pengalaman, Aidee Lab tentunya berpengalaman dalam menghandle iklan berbagai macam bisnis.

Kamu bisa langsung cek website Aidee Lab atau kalau ingin bertanya lebih detailnya mengenai benefit dan biayanya bisa hubungi 0813-6209-8990 sekarang juga!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.