Pengertian Digital Marketer yang Jarang Diketahui
Ternyata masih banyak orang yang belum tahu pengertian digital marketer, padahal digital marketer masih berhubungan dengan digital marketing.
Buat kamu yang belum tahu pengertian digital marketer, maka kamu bisa simak pembahasan singkat berikut ini.
Jadi, digital marketer merupakan seseorang yang menghandle platform digital untuk mempromosikan produk maupun jasa dari perusahaan atau milik klien.
Digital marketer memiliki tanggung jawab untuk membuat rancangan, menerapkan berbagai hal yang masih berhubungan dengan digital marketing.
Tidak hanya itu saja, tanggung jawab seorang digital marketer juga harus melakukan monitoring iklan yang telah ditayangkan di berbagai platform media digital.
Untuk tugas dari seorang digital marketer lebih dari sekedar mengiklankan produk maupun layanan.
Banyak sekali tugas yang dimiliki oleh digital marketer yang masih berhubungan dengan periklanan.
Untuk menjalani tugasnya, seorang digital marketer perlu sekali memiliki keahlian yang harus dikuasai.
Buat kamu yang penasaran apa saja tugas serta keahlian yang harus dimiliki seorang digital marketer, maka kamu bisa simak pembahasan selanjutnya.
Dijamin dengan menyimak pembahasan selanjutnya sampai habis bisa membuat kamu jadi lebih tahu pengertian digital marketer.
Simak lebih lanjutnya pembahasan selanjutnya!
Baca Juga : Apa itu Digital Marketer? Apakah sama dengan Digital Marketing
Mengenal Pengertian Digital Marketer yang Jarang Diketahui
Setiap profesi pastinya ada sebutannya tersendiri, salah satunya digital marketer yang mana merupakan sebutan seseorang yang ada ‘di balik layar’ digital marketing.
Seperti di pembahasan di atas tadi, kalau tugas seorang digital marketer lebih dari sekedar beriklan.
Pastinya kamu penasaran kan apa saja tugas seorang digital marketer? Apakah tugasnya sulit – sulit?
Terus keahlian seperti apa sih yang harus dimiliki seorang digital marketer?
Untuk lebih lengkapnya kamu bisa simak pembahasan selanjutnya agar kamu jadi tahu mengenai pengertian digital marketer yang sebenarnya.
Terlebih lagi kalau kamu berniat untuk bekerja di bidang periklanan, maka kamu bisa simak pembahasan artikel kali ini yang akan membahas tuntas pengertian digital marketer!
Agar lebih jelas mengenai kedua pembahasan tersebut, kamu bisa simak pembahasan selanjutnya.
Baca Juga : Digital Marketing Itu Apa? Simak Pembahasan Ini!
1. Tugas Seorang Digital Marketer
Mungkin kamu hanya tahu kalau tugas seorang digital marketer hanya sekedar mengiklankan produk atau jasa saja, kan?
Padahal tugas seorang digital marketer lebih dari itu, perlu kamu tahu kalau beriklan ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar iklan yang tayang bisa menghasilkan lebih maksimal.
Nah, beberapa hal tersebutlah yang juga termasuk ke dalam tugasnya digital marketer. Penasaran sama tugasnya apa saja? Berikut tugas seorang digital marketing :
a. Meningkatkan Jumlah Engagement
Tugas yang satu ini tidak hanya menjadi tugas seorang social media specialist saja, digital marketer juga ikut andil untuk meningkatkan jumlah engagement.
Perlu kamu ketahui, semakin meningkat jumlah engagement sebuah konten maka semakin berpeluang besar bagi perusahaan atau bisnis.
b. Membuat Rencana Mempromosikan Produk atau Jasa
Digital marketer tentunya tidak akan langsung mengiklankan produk atau jasa, harus melalui berbagai tahapan.
Salah satu tahapannya yaitu membuat rencana untuk mempromosikan produk atau jasa agar bisa menjual produk atau jasa lebih banyak.
Seorang digital marketer tentunya akan menentukan jenis kampanye iklan seperti apa yang akan digunakan, setelah itu mereka juga akan menentukan platform digital mana yang paling tepat untuk beriklan.
c. Mengelola Iklan Display
Kalau kamu tidak tahu seperti apa iklan display, maka kamu bisa lihat contohnya di website media nasional seperti Kompas maupun Detik.
Nantinya kamu bakalan menemukan berbagai iklan yang tampil disana, nah iklan tersebutlah yang disebut dengan iklan display.
Iklan display tersebut tentunya perlu sekali dikelola, yang mengelola iklan display merupakan tugas dari digital marketer.
Biasanya seorang digital marketer menggunakan beberapa teknik untuk mengelola iklan display. Salah satu teknik yang sering digunakan yaitu GDN (Google Display Network) yang mana masih bagian dari Google Ads.
Bagi kamu yang pernah melihat iklan display pastinya risih karena banyak sekali iklan yang bermunculan. Namun sebagian orang ada yang tertarik dengan salah satu iklan display.
Nah, itulah tujuan dari iklan display yaitu menarik perhatian audiens agar bisa tertarik dengan produk atau jasa yang diiklankan.
Ternyata iklan display tidak hanya sekedar menarik perhatian audiens saja, tetapi juga bisa membangun brand awareness lho.
Baca Juga : Cara Belajar Digital Marketing Biar Makin Jago!
d. Mengelola SEM
Mungkin kamu mengira kalau SEM ini sama dengan SEO, padahal kenyataannya tidak ya!
SEM (Search Engine Machine) merupakan salah satu cara beriklan yang paling mudah dilakukan agar bisa tampil di halaman pertama pada pencarian Google.
Tentunya menggunakan cara SEM lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan baru. Hal ini dikarenakan untuk beriklan dengan cara SEM memerlukan biaya.
Selain bisa mendapatkan pelanggan, dengan SEM juga bisa membuat situs website bisnismu lebih mudah untuk ditemukan sehingga traffic website bisa meningkat.
Kalau ingin berhasil menggunakan cara SEM ini untuk beriklan, maka kamu bisa andalkan digital marketer untuk mengelola SEM.
e. Mengelola Situs Website Bisnis
Selain mengelola iklan display dan SEM, digital marketer juga bertugas untuk mengelola situs website bisnis.
Di tahap inilah para digital marketer menggunakan cara SEO agar situs website bisnis bisa mencapai peringkat teratas di Google.
Digital marketer harus punya keahlian dalam bidang SEO agar situs website bisnis bisa menjadi media marketing dan mendatangkan banyak pengunjung.
Mungkin kamu bingung mengapa digital marketer harus punya keahlian di bidang SEO maupun website, hal ini dikarenakan banyak sekali elemen website yang perlu dikelola.
Ada banyak keahlian yang perlu dimiliki digital marketer untuk mengelola situs website bisnis diantaranya menganalisis perilaku audiens, sampai membuat tampilan website agar bisa mudah diakses.
Itulah beberapa tugas dari seorang digital marketer yang perlu kamu ketahui. Sebenarnya masih banyak lagi tugas digital marketer, kamu bisa cari lebih lengkap melalui Google saja ya!
Pembahasan selanjutnya akan membahas beberapa keahlian yang perlu dimiliki seorang digital marketer.
Tentunya dengan menyimak pembahasan selanjutnya, kamu bisa lebih mengenal pengertian digital marketer dengan lebih detail.
Simak pembahasannya berikut ini!
Baca Juga : Pengertian Digital Marketing dan Perannya Dalam Bisnis
2. Keahlian yang Dibutuhkan Digital Marketer
Setiap profesi pastinya membutuhkan keahlian, begitu juga dengan menjadi seorang digital marketer perlu sekali membutuhkan keahlian.
Berikut ini beberapa keahlian yang sangat dibutuhkan seorang digital marketer :
a. Menganalisis Data
Keahlian yang satu ini penting sekali dimiliki oleh seorang digital marketer, yaitu melakukan analisis data.
Analisis data merupakan keahlian yang sangat dasar bagi seorang digital marketer. Untuk menganalisis data, seorang digital marketer memerlukan bantuan dari tim sales.
b. Membuat Strategi Konten
Beriklan dengan menggunakan digital marketing tentunya penting sekali menggunakan berbagai macam konten mau itu foto, video, maupun infografis.
Maka dari itulah alasannya mengapa seorang digital marketer memerlukan keahlian dalam membuat strategi konten.
c. Pandai Menggunakan Google Analytics
Seorang digital marketer sangat berkaitan erat dengan penggunaan Google Analytics karena dengan tool tersebut bisa mempermudah pekerjaan digital marketer.
Hal tersebutlah yang mengharuskan digital marketer harus paham menggunakan Google Analytics.
Itulah beberapa keahlian yang perlu dikuasai oleh digital marketer. Bagaimana? Sudah paham mengenai pengertian digital marketer?
Baca Juga : Digital Marketing Itu Apa? Simak Pembahasan Ini!
Mengenal Pengertian Digital Marketer yang Bantu Iklanin Bisnismu
Dari beberapa pembahasan di atas tadi, kamu bisa jadi tahu lebih detail mengenai pengertian digital marketer yang selama ini hanya kamu tahu tugasnya mengiklankan produk atau jasa saja.
Nah, buat kamu yang ingin beriklan dan ingin menggunakan bantuan digital marketer. Maka kamu bisa menggunakan jasa digital marketing dari Aidee lab saja!
Di Aidee Lab memiliki tim digital marketer yang kompeten dan tentunya sudah berpengalaman dalam mengiklankan berbagai produk maupun jasa.
Untuk kamu yang tertarik untuk menggunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab, bisa hubungi tim Aidee Lab 0813-6209-8990 sekarang juga!