fbpx

Pengertian Digital Marketing dan Perannya Dalam Bisnis

Di era sekarang yang sudah serba digital, masih banyak yang belum mengetahui pengertian digital marketing, terutama para pebisnis.

Padahal untuk mengetahui pengertian digital marketing sangatlah penting untuk diketahui karena hal tersebut sangat berkaitan dengan dunia bisnis.

Buat kamu yang merupakan seorang pebisnis dan engga tahu apa pengertian digital marketing, berarti kamu harus simak artikel Aidee Lab kali ini!

Di artikel Aidee Lab kali ini akan membahas tuntas mengenai pengertian digital marketing serta peranannya dalam dunia bisnis.

Untuk lebih lanjut, simak di pembahasan selanjutnya ya!

Baca Juga : Blog Marketing : Panduan Belajar Marketing yang Efektif

Pengertian Digital Marketing Serta Perannya di Bidang Bisnis

Di jaman sekarang ini jika kamu ingin berbisnis tetapi tidak melibatkan peran dari digital marketing sepertinya kurang manjur.

Di era sekarang ini kebanyakan orang lebih sering menggunakan digital, jadi kamu harus bisa menyusun strategi yang efektif agar bisa tepat sasaran.

Bagi kamu yang ingin bisnisnya bisa tepat sasaran, maka kamu bisa memulai belajar digital marketing.

Untuk memulai belajar digital marketing cukup mudah kok, kamu bisa ikuti beberapa workshop atau kursus mengenai digital marketing.

Atau kamu bisa mencari beberapa blog yang membahas digital marketing.

Kamu bisa simak pembahasan berikut ini yang akan membahas mengenai pengertian digital marketing beserta peranannya dalam bidang bisnis.

Dengan pembahasan kali ini akan menambah wawasan kamu mengenai dunia digital marketing!

Simak lebih lanjut di pembahasan berikut ini.

Baca Juga : Cara Optimasi Media Sosial yang Benar

1. Memahami Digital Marketing

Selama ini mungkin kamu hanya tahu kalau memasarkan produk atau jasa melalui media konvensional seperti televisi, koran, radio, dan media konvensional lainnya.

Tetapi dengan seiring perkembangan jaman sekarang ini, untuk memasarkan produk sudah beralih dengan menggunakan cara digital.

Dengan cara digital, produk atau jasa yang dipasarkan bisa menjangkau audiens lebih luas dan tertarget.

Tentunya dengan cara tersebut juga memiliki peluang besar mendapatkan konsumen yang berpotensial dan bisa meningkatkan konversi pada bisnismu.

Maka dari itu, sekarang ini banyak para pebisnis yang mulai belajar digital marketing agar bisa memasarkan produk atau jasa mereka sendiri tanpa harus menggunakan jasa digital marketing.

Buat kamu yang belum tahu pengertian digital marketing, bisa simak pembahasannya berikut ini!

Digital marketing merupakan sebuah kegiatan untuk memasarkan produk atau jasa dengan menggunakan media yang berbasis digital.

Dengan menggunakan media yang berbasis digital lebih berpeluang besar untuk menjangkau audiens yang relevan dengan bisnismu.

Untuk kontennya sendiri engga jauh beda dengan konten pemasaran melalui media konvensional. 

Perbedaannya yaitu untuk media konvensional bisa berinteraksi langsung dengan audiens dan lebih mudah untuk meningkatkan penjualan.

Untuk memasarkan produk atau jasa dengan cara menggunakan media digital harus menyusun berbagai macam strategi yang efektif agar tepat sasaran.

Strategi yang bisa digunakan untuk memasarkan produk dengan media digital ini yaitu dengan cara membuat kampanye iklan online.

Alasan mengapa strategi sangatlah penting digunakan ketika ingin melakukan pemasaran produk atau jasa karena dengan cara tersebut kamu jadi tahu bagaimana perilaku konsumen.

Engga hanya itu saja, kamu jadi tahu bagaimana caranya berinteraksi dengan para konsumen.

Biasanya media yang sering digunakan untuk memasarkan produk atau jasa ketika ingin memasarkan secara digital yaitu dengan cara : 

  • Sosial media
  • Website
  • Email
  • E-commerce

Dan berbagai macam media digital lainnya.

Bagaimana? Apakah kamu sudah paham mengenai pengertian digital marketing? 

Kalau sudah paham, kamu bisa simak pembahasan selanjutnya yang akan bahas peran dari digital marketing!

Baca Juga : Perusahaan Agency di Indonesia ini Siap Bantu Iklanin Bisnismu

2. Peranan Digital Marketing

Kamu harus tahu kalau peran dari digital marketing ini sangat besar peranannya dalam bisnismu!

Lebih besar peranan digital marketing daripada media konvensional dalam memasarkan produk atau jasamu.

Jika kamu penasaran dengan peran digital marketing, bisa simak pembahasan berikut ini!

a. Membangun Brand Awareness

Dalam berbisnis, brand awareness merupakan hal yang sangat penting. Adanya brand awareness ini bisa membuat produk atau jasamu jadi lebih dikenal banyak orang.

Maka dari itu, kamu perlu membuat konten bisnis yang berkualitas dan semenarik mungkin.

b. Target Audiens yang Tepat

Digital marketing bisa mendapatkan beberapa data berupa data demografis, data preferensi konsumen, dan data lainnya yang bisa menargetkan audiens yang lebih relevan dengan bisnismu.

Kamu juga bisa setting iklan kampanye bisnismu dan memilih audiens seperti apa yang bisa melihat iklannya.

c. Bisa Langsung Melihat Hasil Iklan

Kamu bisa langsung melihat hasil iklan yang telah tayang. Ada beberapa hal yang bisa kamu lihat dari hasil iklan kampanyemu, yaitu : 

  • Jumlah yang mengklik iklan bisnismu
  • Jumlah yang melihat iklan bisnismu
  • Jumlah orang yang melakukan pembelian

Kamu juga bisa melihat insight yang lebih detail mengenai iklan kampanyemu. 

Jika kamu bisa langsung melihat hasil iklannya, maka kamu langsung bisa mengevaluasi dan mengidentifikasi apa saja yang perlu ditingkatkan lagi dalam bisnismu.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan yang Menurun dengan Cara ini!

d. Biaya yang Lebih Murah

Daripada biaya beriklan di media konvensional, biaya iklan di digital marketing lebih murah.

Kamu bisa atur sendiri berapa jumlah biaya yang ingin kamu keluarkan untuk beriklan.

Engga hanya itu saja, kamu bisa lakukan targeting biar bisa bantu kamu untuk mengatur pengeluaran biaya beriklan.

e. Menjangkau Audiens Lebih Luas

Seperti di pembahasan sebelumnya, kalau sekarang ini kebanyakan orang lebih sering menggunakan sosial media.

Maka dari itu, kamu bisa memulai beralih untuk menggunakan cara digital marketing dalam memasarkan bisnismu.

Dengan cara tersebut bisa lebih besar jangkauannya untuk menjangkau audiens.

f. Dapat Meningkatkan Penjualan

Memasarkan produk atau jasa melalui digital marketing dapat menjangkau audiens yang lebih berpotensial.

Jika kamu menggunakan strategi yang tepat, maka bisa berpeluang besar untuk membuat pelangganmu menjadi pelanggan setia.

Perlu kamu ketahui, dengan cara digital marketing engga hanya meningkatkan penjualan saja tetapi kamu juga bisa meningkatkan konversi.

g. Lebih Fleksibel

Kamu jadi lebih fleksibel dalam memasarkan produk atau jasa kalau pakai cara digital marketing.

Engga hanya lebih fleksibel saja, dengan cara digital marketing juga bisa membuat strategi pemasaran jadi lebih efektif dan bisa mencapai target pasar.

h. Lebih Dekat dengan Pelanggan

Dikarenakan digital marketing menggunakan digital sehingga bisa lebih dekat dengan para pelanggan.

Kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan para pelanggan yang ingin bertanya, memberikan feedback, serta mendengarkan komplain para pelanggan.

Jadi, ketika ada permasalahan mengenai produk atau jasamu bisa segera ditangani.

Itulah beberapa peran dari digital marketing yang sangat penting dan berhubungan dengan dunia bisnis.

Baca Juga : Kursus Digital Marketing Gratis buat Kamu yang Pengen Belajar!

Memahami Pengertian Digital Marketing dengan Mudah!

Gimana? Apakah kamu sudah memahami mengenai pengertian digital marketing?

Kalau sudah paham, maka kamu bisa memulai bisnismu dengan menggunakan cara digital marketing!

Jika kamu belum paham juga, maka kamu bisa menggunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab untuk memasarkan produk atau jasamu ya.

Lebih lanjutnya, kamu bisa hubungi nomor kontak yang tertera di websitenya Aidee Lab ya!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.