fbpx

Pentingnya Digital Marketing Organik untuk Bisnis Online

Mau beriklan tapi biaya untuk beriklan mahal banget? Tenang, sekarang ini sudah ada yang namanya digital marketing organik.

Buat kamu yang masih belum familiar sama digital marketing organik, kamu bisa simak pembahasan singkatnya berikut ini.

Jadi, digital marketing organik merupakan salah satu cara untuk beriklan tanpa harus mengeluarkan biaya.

Mungkin kamu bakalan ragu untuk menggunakan jenis marketing tersebut karena tidak mengeluarkan biaya untuk beriklan. 

Namun kamu harus tahu, walaupun tidak mengeluarkan biaya, kamu bisa tetap bebas membuat konten iklan semenarik dan seunik mungkin agar bisa menarik perhatian audiens.

Jadi, tidak ada hambatan untuk beriklan jika kamu menggunakan cara yang organik.

Mungkin kamu masih bingung dan belum paham secara detail mengenai jenis marketing yang satu ini.

Agar tidak bingung, kamu bisa simak di pembahasan selanjutnya.

Baca Juga : Pengertian Digital Marketing dan Perannya Dalam Bisnis

Mengenal Digital Marketing Organik yang Sangat Menguntungkan

Ingin melakukan promosi, tapi biaya beriklannya mahal banget?

Kamu bisa pilih opsi untuk beriklan dengan cara digital marketing organik.

Seperti di pembahasan sebelumnya, kalau menggunakan marketing secara organik, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya.

Kamu hanya tinggal membuat konten iklan yang menarik, unik, serta memberikan informasi ke para audiens.

Dijamin dengan konten tersebut bisa buat bisnismu dilirik oleh para audiens!

Kalau sudah dilirik pastinya kemungkinan besar para audiens akan mencoba untuk menggunakan produk atau layanan yang kamu promosikan.

Jadi, buat kamu yang sedang ingin beriklan tapi masih memusingkan biaya beriklan, kamu bisa simak lebih detail pembahasan selanjutnya ya.

Di pembahasan selanjutnya bakalan membahas beberapa contoh marketing yang organik, strateginya, serta betapa pentingnya jenis marketing tersebut buat bisnismu.

Untuk lebih lengkapnya, simak pembahasan berikut ini.

Baca Juga : Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

1. Contoh Digital Marketing yang Organik

Kamu bingung contoh marketing yang organik itu seperti apa saja?

Simak pembahasan ini saja, biar kamu tidak bingung lagi nantinya saat ingin beriklan dengan cara tersebut.

Lebih lanjut, berikut contoh dari marketing secara organik.

a. Youtube

Mungkin kamu hanya mengetahui kalau Youtube merupakan platform yang berfungsi sebagai media untuk melihat berbagai macam video.

Namun sekarang ini di Youtube, kamu bisa beriklan dengan cara membuat konten berupa video yang berisikan promosi mengenai bisnismu.

Hal tersebut tentunya bisa mempermudah kamu untuk mendapatkan pelanggan baru yang lebih banyak lagi.

Di Youtube, kamu juga bisa melakukan promosi bisnismu dengan membuat sebuah konten iklan seperti video tips dan trik, dan jenis video lainnya.

b. Instagram

Seperti yang kamu ketahui kalau sosial media Instagram merupakan sosial media yang paling banyak penggunanya.

Menggunakan Instagram, kamu bisa jadi lebih mudah mengupload konten iklan bisnismu.

Kamu bisa membuat berbagai macam jenis konten iklan untuk bisnismu seperti berupa feed Instagram atau Instagram stories.

Beriklan melalui Instagram ternyata lebih efektif daripada beriklan di tempat lain.

Melalui Instagram, kamu jadi lebih mudah meningkatkan brand awareness bisnismu.

Tidak hanya itu saja, kamu juga jadi lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan baru.

c. SEO Blog

Kalau kamu punya situs blog untuk menjalankan bisnis, maka kamu bisa menggunakan cara SEO agar situs blog yang kamu kelola bisa berada di peringkat teratas pada halaman pencarian seperti Google.

Kamu bisa melakukan pencarian kata kunci yang selalu dicari oleh banyak audiens, dengan menggunakan kata kunci tersebut nantinya blogmu bisa langsung muncul di halaman pertama di Google.

Itulah tiga contoh marketing secara organik yang biasanya digunakan oleh beberapa pebisnis untuk mempromosikan bisnis mereka.

Sebenarnya masih banyak lagi contoh marketing organik yang bisa kamu gunakan sebagai tempat melakukan promosi iklan bisnismu.

Misalnya saja seperti Facebook, TikTok, dan lainnya.

Jika tadi kamu sudah mengetahui tiga contoh dari marketing yang organik.

Maka di pembahasan selanjutnya, kamu menerapkan beberapa strateginya.

Lebih lanjut, simak di pembahasan selanjutnya.

Baca Juga : Mau Buat Iklan? Lakukan 7 Cara Ini Sebelum Memilih Jasa Iklan !

2. Strategi Digital Marketing yang Organik

Kalau bisnismu tidak mengalami perkembangan seperti pendapatan omset yang stuck atau menurun, maka kamu bisa menggunakan strategi dari marketing yang organik.

Ada beberapa strategi marketing secara organik yang bisa kamu terapkan untuk bisnismu biar bisa berkembang pesat.

Simak strateginya berikut ini :

a. Menggunakan Cara SEO

Strategi yang satu ini cocok sekali diterapkan jika kamu memiliki website bisnis. Kamu bisa mengoptimalkan website bisnismu dengan menggunakan cara SEO.

Jika website bisnismu sudah dioptimalkan dengan menggunakan cara SEO, kemungkinan besar peluang website bisnismu bisa menduduki peringkat teratas di halaman pencarian Google.

Agar website bisnismu bisa berada di peringkat teratas di halaman pencarian Google, kamu harus meriset keyword agar bisa membuat bisnismu jadi memiliki peluang besar untuk mendapatkan pelanggan baru.

Jika bisnismu sudah terkenal dan memiliki domain website yang bagus, maka disarankan untuk menggunakan keyword yang memiliki volume pencarian yang tinggi.

b. Membuat Konten Evergreen

Dalam berstrategi menggunakan marketing yang organik, penting sekali membuat konten evergreen.

Jenis konten yang satu ini ternyata cukup ampuh untuk beriklan, karena konten evergreen ini bisa dioptimalkan suatu waktu.

Selain itu, konten evergreen juga sangat SEO friendly. Tentunya hal ini sangat cocok buat kamu yang menginginkan beriklan dalam waktu jangka panjang.

c. Membuat Berbagai Macam Konten

Kamu bebas ingin menggunakan konten yang seperti apa untuk beriklan.

Membuat konten yang berkualitas diperlukan konten yang isinya relevan dengan bisnis yang sedang kamu jalankan.

Kamu bisa membuat iklan yang jenis kontennya seperti edukasi dan menarik.

Beberapa strategi marketing organik tersebut bisa kamu ikuti untuk mengiklankan bisnismu.

Simak pembahasan selanjutnya yang akan membahas pentingnya menggunakan marketing secara organik.

Baca Juga : Pentingnya Digital Marketing Restoran untuk Bisnis Kuliner

3. Pentingnya Menggunakan Digital Marketing yang Organik

Mungkin kamu bertanya – tanya mengapa menggunakan marketing yang organik ini sangat penting untuk beriklan.

Jadi, jawabannya dengan menggunakan marketing yang organik ini, kamu bisa lebih hemat pengeluaran.

Buat kamu yang masih memiliki usaha kecil, cocok sekali untuk menggunakan marketing yang organik.

Kamu hanya perlu membangun kepercayaan pelanggan saja sehingga bisnismu bisa memiliki kredibilitas di mata pelanggan.

Jangan lupa juga untuk membuat konten yang menarik, unik, memberikan informasi, serta relevan dengan bisnismu.

Baca Juga : Contoh Iklan Online Ini Berhasil Menarik Perhatian Banyak Orang!

Penyedia Jasa Ini Sediakan Jasa Digital Marketing Organik

Bagaimana? Sudah tahukan betapa pentingnya menggunakan marketing yang organik untuk bisnismu.

Kalau sudah tahu, kamu bisa langsung menerapkan beberapa strategi marketing yang organik di pembahasan sebelumnya tadi.

Kamu juga bisa menggunakan jasa digital marketing organik dari Aidee Lab, tentunya tim Aidee Lab menggunakan berbagai macam strategi agar iklanmu bisa menjangkau banyak audiens yang sebelumnya sudah ditentukan targetnya.

Untuk soal biaya tenang saja, Aidee Lab menawarkan harga yang menyesuaikan budget yang kamu punya.

Kamu bisa langsung hubungi tim Aidee Lab melalui nomor kontak yang tersedia di websitenya Aidee Lab sekarang juga.

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.