Promosi Digital Vs Promosi Konvensional : Mana yang Paling Efektif?

Kalau dahulu para pebisnis hanya bisa mempromosikan bisnisnya melalui media konvensional, sekarang ini mereka sudah bisa melakukan promosi digital!

Dengan melakukan promosi digital, para pebisnis jadi lebih mudah untuk mempromosikan bisnisnya ke target audiens dalam negeri ataupun luar negeri.

Bisa dibilang dengan melakukan promosi digital mempermudah pebisnis untuk menjangkau target audiens yang berpotensial lebih luas.

Sebenarnya masih banyak lagi berbagai kemudahan yang bisa didapatkan oleh pebisnis jika melakukan promosi digital.

Walaupun promosi digital memberikan kemudahan bagi pebisnis, namun masih saja ada sebagian pebisnis yang masih melakukan promosi secara konvensional

Padahal dengan melakukan promosi secara konvensional, pebisnis harus mengeluarkan biaya serta tenaga yang banyak agar promosinya bisa sukses.

Berbanding terbalik jika melakukan promosi digital, pebisnis tidak perlu terlalu effort untuk melakukan promosi, yang paling penting pebisnis sudah tahu bagaimana strategi promosi secara digital.

Jadi bisa dibilang promosi melalui media digital tidak perlu mengeluarkan biaya serta tenaga yang banyak!

Bagi kamu yang merupakan seorang pebisnis dan ingin segera launching produk atau layanan terbaru, namun bingung ingin promosi secara digital atau konvensional, sepertinya kamu perlu simak artikel Aidee Lab kali ini!

Artikel Aidee Lab kali ini akan membahas kelebihan dan jenis dari kedua promosi tersebut.

Simak lebih lengkap di pembahasan selanjutnya!

Baca Juga: Apa Itu Platform Iklan Digital? Yuk Cari Tahu!

Kelebihan dan Jenis dari Promosi Digital dan Promosi Konvensional

Dalam berbisnis, promosi merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan.

Bayangkan saja jika kamu mengeluarkan produk atau layanan terbaru namun tidak melakukan promosi, yang ada nantinya orang – orang tidak tahu kehadiran produk atau layananmu.

Selain itu, jumlah penjualan produk atau layanan tidak akan mencapai target yang diinginkan!

Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan promosi walaupun harus mengeluarkan biaya dan tenaga yang cukup banyak.

Kamu bisa pilih ingin melakukan promosi digital atau promosi konvensional, semua tergantung pada tujuanmu dalam berbisnis.

Kalau kamu ingin mempromosikan produk atau layanan terbaru ke target audiens secara lebih luas, maka kamu bisa pilih promosi digital.

Namun kalau ingin mempromosikan produk atau layanan terbaru ke target audiens yang hanya di daerah tertentu, maka kamu bisa pilih media konvensional.

Tentunya kedua promosi tersebut memiliki kelebihannya masing – masing.

Kamu bisa simak kelebihan dari promosi digital dan promosi konvensional di pembahasan selanjutnya!

Baca Juga: Promosi Produk Secara Online dengan Cara Ini!

Kelebihan dan Jenis dari Promosi Digital

Promosi Digital
Kelebihan dan Jenis Promosi Secara Digital | Sumber: Freepik

Jika ingin melakukan promosi melalui media digital, berikut ini ada beberaoa kelebihan dan jenis dari promosi terseut.

Berikut ini beberapa kelebihan dan jenis dari promosi digital:

1. Kelebihan dari Promosi Digital

Ada beberapa kelebihan dari promosi melalui media digital yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum menggunakan promosi tersebut. Berikut ini beberapa kelebihannya:

a. Biaya Lebih Hemat

Jika punya budget yang minim namun ingin mempromosikan produk atau layanan ke target audiens lebih luas, maka kamu bisa pilih promosi secara digital!

Dengan memilih promosi  digital, kamu tidak perlu lagi keluar biaya yang banyak.

Di beberapa platform iklan, kamu bisa mengatur sendiri berapa biaya iklan yang harus dikeluarkan.

Berbeda dengan promosi konvensional, yang mana mengharuskan kamu untuk mengeluarkan biaya sesuai dengan ketentuan dari media yang kamu pilih.

b. Menjangkau Target Audiens Lebih Luas

Seperti yang kamu ketahui, promosi secara digital pastinya akan menggunakan media digital seperti sosial media, website, dan berbagai media digital lainnya.

Dengan menggunakan media digital dapat mempermudah kamu untuk menjangkau target audiens yang berpotensial lebih luas.

Terlebih lagi sekarang ini sudah memasuki era digital, yang mana kebanyakan orang lebih sering menggunakan media digital dibandingkan media konvensional.

Target audiens yang jangkauannya lebih luas tentunya memberikan peluang besar untuk mendapatkan pendapatan yang lebih banyak.

Terlebih lagi kalau produk atau layanan yang kamu jual berkualitas dan kehadirannya memang dibutuhkan oleh target audiens.

c. Proses Promosi Lebih Cepat

Dengan memilih promosi secara digital, bisa menarik perhatian target audiens dalam waktu yang singkat!

Perlu diingat! Untuk mempromosikan bisnis secara digital perlu sekali membuat konten yang menarik dan unik.

Tidak hanya menarik dan unik saja, kamu juga perlu membuat konten yang mengunggulkan kelebihan dari produk atau layananmu.

Jangan lupa juga untuk menggunakan teknik copywriting yang menarik, sehingga bisa membuat target audiens jadi tertarik untuk membeli produk atau menggunakan layananmu.

2. Jenis Promosi Digital

Kalau sebelumnya telah membahas mengenai kelebihan dari promosi melalui digital, maka kali ini akan membahas beberapa jenisnya.

Bagi kamu yang telah memiliki minat promosi secara digital, berikut ini ada beberapa jenisnya:

a. Social Media Marketing

Jenis promosi digital yang satu ini menggunakan media sosial media sebagai tempat promosinya.

Sekarang ini, sudah ada sebagian media sosial yang menyediakan berbagai fitur yang mendukung pebisnis untuk mempromosikan produk atau layanannya.

Kamu bebas ingin menggunakan iklan berbayar atau melakukan promosi secara organik dengan membuat konten yang menarik.

b. Digital Advertising

Digital advertising merupakan salah satu jenis promosi yang tidak hanya digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan secara digital saja, namun juga bisa digunakan untuk promosi konvensional.

Bentuk dari digital advertising ini dalam bentuk iklan pop-up, iklan di mesin pencari, serta iklan pay per click.

Baca Juga: Cara Promosi Jualan di Facebook yang Benar

Kelebihan dan Jenis dari Promosi Konvensional

Promosi Digital
Kelebihan dan Jenis Promosi Secara Konvensional | Sumber: Freepik

Setelah sebelumnya membahas kelebihan dan jenis dari promosi secara digital, maka di pembahasan kali ini akan membahas mengenai kelebihan serta jenis dari promosi konvensional.

Berikut ini beberapa kelebihan dan jenis dari promosi konvensional:

1. Kelebihan dari Promosi Konvensional

Jika kamu sedang mempertimbangkan ingin menggunakan promosi konvensional, berikut ini ada beberapa kelebihan dari promosi tersebut sebagai pertimbanganmu nantinya:

a. Menjangkau Target Audiens Lokal

Kalau kamu hanya ingin mengjangkau target audiens lokal saja, maka kamu bisa memilih promosi konvensional!

Ada berbagai macam media konvensional yang bisa digunakan seperti radio lokal atau koran berita lokal.

Sebenarnya promosi konvensional sangat cocok digunakan untuk bisnis kecil ataupun bisnis UKM yang ingin meningkatkan brand awareness di pasaran lokal.

b. Bukti yang Nyata

Promosi konvensional memungkinkan pebisnis langsung berinteraksi dengan target audiensnya.

Target audiens juga bisa lihat langsung seperti apa bentuk produk atau layanan yang kamu tawarkan, apakah sudah seusai dengan yang diharapkan atau tidak.

Selain itu, target audiens juga bisa bertanya langsung mengenai keunggulan dan informasi produk atau layanannya ke pebisnis.

c. Membangun Kepercayaan Target Audiens

Pada umumnya target audiens lebih percaya dengan promosi produk atau layanan yang tampil di media konvensional.

Hal tersebut dikarenakan untuk mempromosikan produk atau layanan di media konvensional seperti radio atau televisi perlu memenuhi persyaratan yang ketat.

Sehingga target audiens lebih percaya menggunakan produk yang dipromosikan di media konvensional.

Baca Juga: Catat ! 6 Tips Jitu Ini Untuk Promosi Akun IG yang Efektif

2. Jenis Promosi Konvensional

Bagi kamu yang tertarik untuk mempromosikan produk atau layanan secara konvensional, berikut ini ada beberapa jenis yang perlu kamu ketahui:

a. Billboard

Kamu pastinya sudah tidak asing dengan jenis promosi konvensional yang satu ini, pasalnya billboard sering sekali dijumpai di jalanan dengan gambar iklan yang sangat besar.

Dengan menggunakan jenis promosi ini bisa dipastikan berpeluang besar membuat target audiens mengenali produk atau layanan yang dipromosikan.

b. Iklan Televisi

Kamu pastinya tahu kalau beriklan di televisi sangat besar pengaruhnya untuk mempromosikan produk atau layananmu.

Hanya saja, untuk beriklan di televisi memerlukan biaya yang besar dan harus cepat untuk mengambil slotnya agar tidak kehabisan.

Baca Juga: Cara Promosi Makanan di Sosial Media

Promosi Digital dengan Bantuan Jasa Digital Marketing Ini!

Bagi kamu yang ingin mempromosukan bisnismu secara digital, maka kamu bisa gunakan bantuan dari jasa digital marketing saja!

Kamu bisa gunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab, yang tentunya telah berpengalaman, terjamin, dan terpercaya.

Jadi bagi kamu yang ingin melakukan promosi digital, kamu bisa langsung hubungi tim Aidee Lab melalui nomor berikut ini:

Jika berminat ingin melakukan promosi digital, maka kamu bisa langsung menghubungi tim Aidee Lab melalui nomor berikut ini:

0813-6209-8990

Segera hubungi tim Aidee Lab sekarang juga, serta dapatkan berbagai penawaran yang menarik!

Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.