Seberapa Penting Media Sosial untuk Bisnis?
Di jaman seperti sekarang ini, kamu bisa menggunakan media sosial untuk bisnis. Tentunya hal tersebut dikarenakan sekarang ini sudah masuk ke era digital.
Seperti yang kamu tahu, di era digital sekarang ini bisa mempermudah kamu melakukan berbagai macam hal. Salah satunya yaitu berbisnis.
Kalau dahulu menjalankan bisnis dengan cara offline seperti membuka toko, maka di era sekarang ini kamu bisa membuka bisnis dengan cara online.
Untuk berbisnis dengan cara online, kamu bisa menggunakan media sosial untuk bisnis.
Selain mempermudah kamu untuk berbisnis, menggunakan media sosial untuk bisnis juga bisa memperluas jangkauan bisnismu lho.
Tentunya dengan jangkauan yang lebih luas bisa membuat bisnis kamu berpeluang besar untuk mendapatkan pelanggan baru.
Sebenarnya masih banyak lagi keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan sosial media untuk menjalankan bisnismu.
Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak pembahasan selanjutnya ya.
Baca Juga : Sosial Media Commerce : Tips Mengembangkan Bisnis
Keuntungan Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis
Di jaman sekarang yang mana teknologi sudah lebih maju, bisa mempermudah kamu untuk berbisnis.
Kalau dahulu berbisnis hanya dilakukan dengan tatap muka satu sama lain, sekarang ini kamu bisa berbisnis tanpa harus melakukan tatap muka satu sama lain.
Kamu juga bisa berinteraksi dengan pelangganmu kapanpun dan dimanapun kamu berada.
Jadi kamu tidak perlu lagi khawatir kalau bisnismu terancam bangkrut karena perkembangannya stuck atau tidak berkembang sama sekali.
Kamu bisa menggunakan sosial media untuk berbisnis agar bisa membuat bisnismu jadi lebih berkembang dan bisa mendapatkan pelanggan baru lebih mudah.
Sebenarnya banyak lagi keuntungan menggunakan media sosial untuk bisnis tersebut, kamu bisa simak keuntungannya berikut ini!
1. Lebih Mudah Mendapatkan Pelanggan
Seperti di pembahasan sebelumnya, kalau menggunakan sosial media untuk berbisnis bisa mempermudah kamu untuk mendapatkan pelanggan baru.
Hal ini tentunya dikarenakan tiap sosial media memiliki fitur pencarian, sehingga bisa membuat para audiens lebih mudah untuk mencari akun bisnismu.
Selain itu di sosial media juga ada yang namanya fitur lokasi, menggunakan fitur lokasi bisa mempermudah para audiens untuk mencari produk atau layanan yang dekat dengan lokasi tempat tinggal mereka.
Tidak hanya fitur tersebut saja, kamu juga bisa menggunakan fitur hashtag untuk mempromosikan bisnismu melalui sosial media.
Perlu kamu tahu kalau menggunakan fitur hashtag juga bisa mempermudah para audiens buat menjangkau bisnismu.
2. Lebih Mudah untuk Menganalisis Audiens
Kalau kamu berbisnis menggunakan sosial media, kamu bisa lebih mudah untuk menganalisis audiens.
Analisis yang kamu dapatkan bisa kamu jadikan data, sehingga kamu bisa menentukan target audiens yang seperti apa untuk memasarkan bisnismu.
Selain itu, kamu juga bisa jadi tahu apa saja kebutuhan para audiens, jadi kamu bisa menyediakan produk atau layanan yang bisa memenuhi kebutuhan audiens.
3. Lebih Cepat Memberikan dan Mendapatkan Feedback
Feedback sangat dibutuhkan oleh para pebisnis, dengan mengetahui feedback dari para pelanggan, kamu bisa tahu apa saja kekurangan yang perlu diperbaiki dan kelebihan apa yang harus dipertahankan serta dikembangkan.
Perlu kamu tahu kalau dahulu untuk memberikan dan mendapatkan feedback sangat sulit, namun sekarang ini kamu bisa lebih cepat untuk memberikan serta mendapatkan feedback dari para pelanggan.
Semakin sering kamu membalas feedback dari para pelanggan, maka kemungkinan besar reputasi bisnismu bisa jadi lebih bagus lagi.
Baca Juga : Membangun Bisnis Dengan Teknik Pemasaran Online
4. Dapat Menarik Minat Audiens
Menggunakan sosial media lebih mudah untuk menarik minat audiens, kamu bisa menarik minat audiens dengan cara membuat berbagai macam konten yang menarik dan bersifat informasi.
Melalui sosial media, para audiens juga jadi lebih mudah untuk membuat keputusan apakah akan membeli produk atau menggunakan layanan atau tidak.
Jadi selain kamu harus membuat konten untuk di sosial media bisnismu, kamu juga harus membuat produk atau layananmu jadi lebih berkualitas.
Sehingga para audiens bisa jadi berminat untuk menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan.
Baca Juga : Manfaat Menggunakan Facebook Ads Bagi Para Pebisnis
5. Bisa Meningkatkan Traffic Website
Jika kamu memiliki situs website khusus untuk bisnis, maka kamu bisa gunakan sosial media untuk share website bisnismu agar bisa meningkatkan traffic websitenya.
Sosial media bisa mengarahkan para audiens untuk mengunjungi situs website bisnismu, semakin banyak jumlah yang share website bisnismu, bisa meningkatkan traffic website bisnis.
6. Lebih Mudah untuk Melakukan Branding
Berbisnis menggunakan sosial media sangat banyak sekali keuntungannya, salah satunya yaitu bisa melakukan branding.
Tentunya hal ini berhubungan dengan membangun kepercayaan para pelanggan maupun audiens terhadap bisnismu.
Para audiens pastinya akan mencari ulasan mengenai produk atau layanan yang kamu tawarkan terlebih dahulu, jika dirasa kebanyakan ulasannya positif kemungkinan besar para audiens akan menggunakan produk atau layananmu.
Jika ingin melakukan branding, kamu juga bisa membuat berbagai macam informasi yang menarik mengenai bisnismu.
Baca Juga : Menguasai Strategi Social Media Marketing Sebagai Sustainable Brand
7. Dapat Menganalisis Kompetitor
Menggunakan sosial media, kamu jadi lebih tahu apa saja kegiatan yang dilakukan oleh para kompetitor bisnismu.
Tentunya jika kamu sudah tahu apa saja yang telah dilakukan oleh para kompetitor, kamu bisa langsung membuat strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis.
Selain itu, menggunakan sosial media bisa membuat kamu jadi lebih tahu bagaimana mereka melakukan promosi, bagaimana cara berinteraksinya dengan para audiens atau pelanggan, dan lainnya.
8. Kemudahan untuk Berjualan
Pastinya ada beberapa pebisnis yang ragu menggunakan media sosial untuk menjalankan bisnis mereka.
Keraguan para pebisnis yaitu terkait melakukan penjualan, para pebisnis sangsi kalau menggunakan media sosial pastinya susah sekali berjualan.
Padahal kenyataannya menggunakan media sosial sangatlah mudah untuk melakukan penjualan.
Kamu juga bisa memiliki kesempatan untuk membangun serta menjalin hubungan baik dengan para pelanggan maupun audiens.
Menjalin hubungan tersebut bisa membantu para pelanggan maupun audiens untuk mengingat terus bisnis yang sedang kamu jalankan.
9. Informasi Lebih Cepat Tersampaikan
Sebelum adanya media sosial, dahulu para pebisnis memberikan informasi terkait promo, diskon, dan lainnya melalui koran berita, majalah, dan berbagai media konvensional lainnya.
Namun sekarang ini karena sudah ada media sosial, kamu bisa lebih mudah untuk menyampaikan informasi tersebut dengan cara menggunakan fitur share.
Melalui media sosial juga bisa membuat informasi tersebut lebih cepat tersampaikannya ke pelanggan ataupun ke audiens.
Sehingga nantinya pendapatan bisnismu jadi meningkat karena adanya promo atau diskon yang kamu adakan.
Baca Juga : Cara Promosi di Media Sosial yang Benar dan Tepat
Pentingnya Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis
Dari beberapa keuntungan media sosial untuk bisnis di atas tadi membuktikan kalau media sosial bisa membuat bisnismu jadi lebih berkembang.
Sehingga kamu bisa mendapatkan pendapatan lebih banyak lagi dari yang biasanya.
Agar lebih maksimal lagi dalam penggunaan media sosial untuk berbisnis, kamu bisa menggunakan jasa digital marketing untuk mempromosikan bisnismu.
Kamu bisa menggunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab yang mana sudah berpengalaman dalam mempromosikan berbagai jenis bisnis.
Untuk lebih lanjut, kamu bisa langsung hubungi nomor kontak tim Aidee Lab yang tertera di websitenya ya.