fbpx

6 Strategi Digital Marketing UMKM yang Benar

Jarang ada orang yang tahu kalau strategi digital marketing UMKM sangat ampuh untuk mempromosikan berbagai macam brand UMKM. 

Kebanyakan orang hanya tahu kalau digital marketing hanya cocok digunakan untuk brand yang sudah terkenal. 

Padahal kenyataannya tidak seperti itu lho, malah segala macam jenis bisnis bisa menggunakan digital marketing untuk mendukung promosi. 

Salah satu bisnis yang tepat untuk menggunakan digital marketing yaitu bisnis UMKM!

Dengan menggunakan strategi khusus UMKM dijamin bisa buat bisnis UMKM jadi makin dikenal banyak orang. 

Selain bisa dikenal banyak orang, dengan menggunakan strategi ini khusus bisnis UMKM tersebut juga bisa membawa keuntungan yang berkali – kali lipat lho! 

Diantaranya yaitu bisa mendapatkan omset dua kali lipat, dan lebih mudah menjangkau pelanggan. 

Bayangkan saja, hanya menggunakan strategi digital marketing UMKM bisa dapetin banyak sekali keuntungan. 

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis UMKM bisa banget buat ikuti beberapa strategi khusus bisnis UMKM ini. 

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak strateginya di pembahasan selanjutnya ya! 

Baca Juga : Strategi Digital Marketing yang Efektif untuk Bisnis Online

Bisnis UMKM Makin Cuan dengan Strategi Digital Marketing UMKM!

Seperti yang kamu tahu, kalau merintis bisnis UMKM tidaklah semudah yang orang pikirkan. 

Untuk menjalankan bisnis UMKM tentunya ada fase ‘jatuh dan bangunnya’, tidak hanya bisnis UMKM saja yang mengalami fase tersebut. 

Semua bidang bisnis tentunya pernah mengalami fase yang tidak mengenakkan tersebut. 

Terlebih lagi untuk menjalankan bisnis UMKM harus mengorbankan berbagai hal, mulai dari usaha tenaga sampai biaya yang tidak sedikit. 

Belum lagi harus menghadapi berbagai macam tantangan di dunia bisnis, misalnya saja harus bisa bersaing dengan brand – brand kompetitor yang sudah terkenal. 

Tentunya perlu usaha lebih keras untuk mendapatkan ‘perhatian’ para audiens agar mau mencoba menggunakan brand dari bisnis UMKM. 

Maka dari itulah alasannya mengapa bisnis UMKM ini penuh tantangan dan berbagai cobaan. 

Strategi Digital Marketing UMKM
Ilustrasi Pebisnis UMKM yang Menggunakan Strategi Digital Marketing | Sumber : Freepik

Bisa dibilang untuk menjalankan bisnis UMKM ini harus punya strategi yang pas untuk menjalankannya. 

Strategi yang cocok sekali digunakan oleh bisnis UMKM yaitu strategi digital marketing UMKM.

Iya, kamu tidak salah kok bacanya. Di era digital seperti sekarang ini tidak hanya brand terkenal saja yang bisa menggunakan strategi digital marketing. 

Sekelas bisnis UMKM juga bisa menggunakan strategi marketing khusus UMKM. 

Terlebih lagi sekarang ini sudah banyak lho berbagai brand dari bisnis UMKM yang menggunakan strategi marketing UMKM. 

Kalau kamu mau lihat contoh bisnis UMKM apa saja yang pernah menggunakan digital marketing, kamu bisa lihat langsung ke portofolionya Aidee Lab saja.

Disana ada beberapa brand dari bisnis UMKM yang pernah menggunakan digital marketing dari Aidee Lab untuk mengiklankan ataupun mempromosikan. 

Oke, balik lagi mengenai strategi khusus UMKM ini. 

Jadi buat kamu yang mungkin bingung bagaimana caranya menyusun strategi marketing khusus UMKM, kamu bisa simak beberapa strateginya di pembahasan berikut ini. 

Beberapa strateginya juga mudah untuk kamu pahami, jadi jangan takut dan ragu untuk mempelajarinya ya! 

Baca Juga : Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Berikut ini beberapa strategi khusus bisnis UMKM : 

1. Membuat Website Bisnis

Langkah pertama dalam menyusun strategi digital marketing untuk bisnis UMKM yaitu membuat website!

Sebenarnya tidak hanya bisnis UMKM saja yang perlu membuat website, bisnis yang sudah cukup terkenal juga perlu membuat website.

Dengan membuat website bisnis bisa memberikan berbagai macam informasi mengenai bisnis UMKM yang sedang kamu jalani. 

Entah itu berupa visi misi, mengenai brand yang dijual, ataupun cara memesan produk yang dijual. 

Kalau membuat website bisnis pastikan memiliki tampilan desain website yang terlihat menarik agar orang – orang yang mengunjungi website bisnis bisa tertarik membeli produk yang ditampilkan di website.

Selain itu jangan lupa untuk membuat navigasi yang sederhana, responsif serta mobile friendly

Pastikan juga website bisnis yang sudah dibuat harus dioptimasi dengan teknik SEO agar website bisnisnya bisa muncul di halaman pertama pada mesin pencari seperti Google. 

2. Membuat Profil Bisnis UMKM

Alasan membuat website bisnis tadi biar lebih mudah untuk membuat profil bisnis UMKM. 

Usahakan website bisnisnya diisi dengan informasi yang bisa menjawab berbagai pertanyaan banyak orang, misalnya seperti : 

  • Produk yang dijual
  • Cara pemesanannya
  • Testimoni
  • Alamat toko (jika memiliki toko offline)
  • Nomor kontak yang bisa dihubungi

Sebenarnya tidak hanya informasi tersebut saja yang harus diisi di website bisnis, masih ada beberapa hal lagi yang bisa diisi di website bisnis agar orang – orang jadi yakin untuk membeli produk yang dijual. 

Misalnya saja seperti logo bisnis, beberapa foto, dan lainnya. 

Baca Juga : Strategi Pemasaran UMKM yang Efektif

3. Menggunakan Media Sosial

Kalau bicara soal media sosial sepertinya media tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi efeknya. 

Efek dari media sosial sangat besar sekali, segala hal yang baru jika diposting di media sosial niscaya akan cepat viralnya!

Hal tersebut tentunya juga berlaku bagi pebisnis yang baru merintis bisnis UMKM, pastinya akan lebih cepat dikenal banyak orang. 

Namun agar bisa lebih cepat dikenal banyak orang, harus mengidentifikasi media sosialnya terlebih dahulu. 

Pastikan media sosial yang dipilih sudah sesuai dengan target audiens, buat konten yang informatif dan menarik, pastikan untuk tetap konsisten untuk posting konten. 

Jangan lupa juga untuk menggunakan berbagai macam fitur yang disediakan di media sosial tersebut. 

Biasanya beberapa media sosial menyediakan fitur yang bisa mendukung promosi dan bisa mengiklankan bisnis lho.

Misalnya saja ada Instagram yang menyediakan Instagram Ads agar bisa mengiklankan bisnis, ada juga Facebook yang menyediakan fitur marketplace agar bisa menjualkan produk secara online. 

4. Memahami Target Audiens

Strategi yang satu ini tidak boleh kelupaan! Saat berbisnis harus tahu dan paham apa saja kemauan target audiens. 

Kalau menjalankan bisnis tanpa memahami target audiens, yang ada nantinya bisnis akan jadi sia – sia karena tidak ada yang ingin membeli produk jika tidak sesuai dengan keinginan target audiens. 

Maka dari itulah alasannya mengapa penting sekali untuk memahami target audiens agar bisa menyesuaikan kemauan mereka. 

Baca Juga : Bongkar Strategi & Harga Jasa Digital Marketing

5. Membuat Content Marketing

Kalau kamu sudah buat media sosial ataupun website kalau tidak ada kontennya ya buat apa? Aneh rasanya kalau berbisnis di media sosial kalau tidak ada konten. 

Orang yang melihat pun jadi bingung, tentunya mereka akan bertanya – tanya. Jenis bisnisnya apa? Produk apa saja yang dijual? 

Maka dari itu, usahakan buat konten marketing untuk mempromosikan atau mengiklankan produk yang dijual agar orang – orang bisa jadi tahu dengan produk ataupun bisnisnya. 

Usahakan buatlah konten marketing semenarik mungkin, seperti membuat video, foto, infografis, dan lainnya yang masih relevan dengan brand yang dijalani ya. 

6. Menggunakan Iklan PPC

Strategi yang terakhir untuk menjalankan bisnis UMKM yaitu menggunakan iklan PPC (pay per click)

Untuk menggunakan iklan PPC ini perlu biaya ya, tenang saja biayanya tidak terlalu mahal kok. Malah kamu bisa sesuaikan budget iklannya secara sendiri. 

Dengan strategi yang satu ini sangat ampuh sekali untuk mendatangkan pelanggan baru lho. 

Namun pastikan juga saat mengiklankan atau mempromosikan brand dengan cara iklan PPC ini menggunakan kata kunci yang sesuai dengan bisnis yang dijalani agar hasilnya lebih maksimal. 

Nah, buat kamu yang bingung gimana caranya beriklan dengan iklan PPC tenang saja. 

Ada satu agensi digital marketing yang bisa bantu kamu untuk beriklan menggunakan cara iklan PPC. 

Simak lebih lengkapnya di pembahasan berikut ini! 

Baca Juga : Konsultasi Strategi Digital Marketing

Cara Jitu Maksimalkan Strategi Digital Marketing UMKM

Buat kamu yang ingin memulai bisnis UMKM, ada satu strategi digital marketing untuk UMKM yang sangat ampuh untuk mendatangkan banyak pelanggan. 

Salah satu strateginya yaitu dengan cara iklan PPC (pay per click)!

Mungkin kamu bingung bagaimana cara beriklannya. Namun tenang saja, sekarang ini ada agensi digital marketing yang siap bantu kamu untuk beriklan. 

Agensi digital marketing tersebut yaitu Aidee Lab

Aidee Lab menyediakan berbagai macam jenis layanan, salah satunya jasa iklan online

Dengan jasa tersebut, kamu bisa beriklan dengan mudah tanpa perlu ribet untuk beriklan. 

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.