fbpx

Strategi Digital Marketing yang Efektif untuk Bisnis Online

Menggunakan strategi digital marketing ternyata bisa buat bisnis online kamu jadi meningkat lho pendapatannya.

Selain bisa meningkatkan pendapatan, dengan strategi digital marketing juga bisa buat bisnis online kamu jadi berkembang pesat dan mampu bersaing di pasaran. 

Hal tersebut terbukti sudah ada sebagian pebisnis yang menerapkan strategi tersebut.

Kamu pastinya mau kan bisnis onlinemu bisa seperti bisnis online dari beberapa pebisnis tersebut? 

Kalau kamu ingin bisnis onlinemu bisa berkembang pesat, pendapatan omsetnya meningkat, serta bisa bersaing di pasaran dan lebih unggul dari kompetitor. 

Maka kamu bisa terapkan beberapa strategi digital marketing yang bisa kamu simak di pembahasan selanjutnya!

Baca Juga : Beberapa Platform Iklan Buat yang Ingin Beriklan 

Pentingnya Terapin Strategi Digital Marketing

Bisnis yang perkembangannya tidak ada kemajuan sama sekali, bisa mengakibatkan bisnis jadi ‘gulung tikar’.

Ditambah lagi di jaman sekarang ini sudah banyak berbagai macam bisnis yang bisa membantu banyak orang. 

Hal tersebut tentunya membuat kamu harus lebih berusaha keras lagi untuk bisa bersaing di pasaran jaman sekarang ini.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa bersaing di pasaran yaitu dengan cara menggunakan strategi digital marketing. 

Strategi tersebut cocok sekali digunakan oleh para pebisnis yang memiliki usaha online.

Menggunakan strategi ini bisa membuat bisnis online menjadi berkembang pesat, bisa bersaing di pasaran, serta bisa lebih unggul dari kompetitor lainnya.

Beberapa sebagian pebisnis telah menerapkan strategi tersebut untuk menjalankan bisnis online mereka.

Tentunya hasilnya sangat memuaskan, bisnis online mereka rata – rata berhasil mendapatkan pelanggan baru setiap harinya.

Tidak hanya itu saja, para pebisnis tersebut juga mendapatkan pelanggan tetap yang setia untuk menggunakan produk atau layanan mereka.

Tentunya hal tersebut sangat berdampak besar bagi bisnis online mereka, seperti pendapatan omset yang terus meningkat dan stabil.

Jika kamu mau bisnis onlinemu bisa seperti bisnis online mereka, maka kamu bisa menggunakan strategi digital marketing berikut ini :

1. Meriset Target Market

Untuk mengetahui siapa saja yang membeli produk atau menggunakan layanan dari bisnis onlinemu. 

Maka kamu bisa melakukan riset target market, yang mana dengan cara ini kamu juga bisa mengetahui alasan mengapa mereka membeli produk atau menggunakan layanan dari bisnis onlinemu.

Kamu bisa meriset demografi dari target marketmu untuk mengetahui media saluran apa yang cocok untuk tiap demografi target market bisnis onlinemu.

Ada beberapa pebisnis yang sudah melakukan riset target market dengan menggunakan cara membuat persona agar bisa mengetahui pain point tiap pelanggan.

Strategi digital marketing ini tentunya sangat penting untuk dilakukan agar kamu bisa menyusun strategi sebaik mungkin.

Untuk menyusun strateginya, kamu juga memerlukan yang namanya gambaran pola pembeli dan alasan mengapa para pelanggan bisa tergerak membeli produk atau menggunakan layanan dari bisnis onlinemu.

Baca Juga : Media Jualan Online yang Paling banyak Digunakan

2. Membuat Buyer Persona

Seperti di pembahasan sebelumnya tadi, dengan menggunakan persona bisa membuat kamu jadi tahu apa saja pain point para pelanggan.

Membuat buyer persona ini bisa juga membantu kamu untuk menentukan bagaimana strategi penjualan yang tepat bagi bisnis onlinemu.

Selain itu, dengan membuat buyer persona juga bisa mengoptimalkan strategi untuk sosial media marketing bisnis onlinemu.

Tidak hanya itu saja, dengan membuat buyer persona kamu jadi bisa lebih terarah untuk membuat campaign iklan yang sesuai dengan bisnis onlinemu.

Kamu bisa membuat buyer persona dengan cara menentukan jenis kelamin, umur, minat, dan lainnya.

3. Melakukan Audit Saluran Digital

Melakukan audit merupakan strategi digital marketing yang sangat penting sekali untuk diterapkan.

Kamu perlu melakukan audit saluran digital dengan cara meninjau serta mengevaluasi performa tiap saluran digital yang kamu gunakan untuk berbisnis online.

Saluran digital ini bisa seperti sosial media, situs website, sampai campaign iklan yang sedang dijalankan.

Kalau kamu melakukan audit saluran digital ini, maka kamu nantinya bisa mengetahui apa saja kelebihan, kekurangan, serta peluangmu untuk menjalankan campaign iklan selanjutnya.

Baca Juga : Teknik Memasarkan Produk Ini Dijamin Naikin Omset Bisnis

4. Mengoptimalkan Keseluruhan Saluran Digital

Jika tadi sudah dilakukan audit keseluruhan saluran digital yang kamu gunakan, maka strategi selanjutnya kamu harus mengoptimalkan keseluruhan saluran digital.

Strategi ini tentunya bisa membantu kamu untuk mengetahui saluran digital mana saja yang paling efektif saat menjalankan campaign iklan. 

Kamu bisa mengoptimalkan berbagai macam saluran digital seperti e-commerce, sosial media, serta website khusus untuk bisnis onlinemu.

Untuk melakukan pengoptimalan keseluruhan saluran digital, kamu harus memerlukan keberanian untuk melakukan berbagai macam eksperimen.

Selain membutuhkan keberanian, kamu juga harus pandai mengelola budget untuk beriklan.

5. Menentukan Biaya Anggaran

Seperti di pembahasan sebelumnya, kamu harus pandai mengelola budget untuk beriklan.

Kamu harus bisa mengetahui berapa jumlah biaya anggaran yang perlu kamu kelola, untuk menentukan biaya anggaran haruslah realistis serta rasional. 

Menentukan biaya anggaran bisa menolong kamu untuk menghindari pemborosan, serta mengetahui apakah biaya anggaran yang ditentukan sudah optimal atau belum.

Baca Juga : Kursus Pemasaran Online Buat yang Ingin Belajar Beriklan

6. Menentukan Tujuan

Bisnis yang tidak memiliki tujuan bisa berdampak fatal untuk kedepannya, bisnismu bisa saja jadi ‘gulung tikar’ karena tidak adanya tujuan yang jelas dalam menjalankan bisnis.

Maka dari itu, kamu perlu menentukan tujuan dalam berbisnis online agar bisa meningkatkan pendapatanmu, selain itu kamu juga bisa meningkatkan brand awareness dan mendapatkan pelanggan baru yang lebih banyak lagi.

Bisnis yang memiliki tujuan dapat mengarahkanmu untuk mengukur keberhasilan campaign iklan yang sudah dijalankan.

7. Melakukan Monitoring Serta Laporan

Strategi yang satu ini tidak boleh ketinggalan, kamu perlu melakukan monitoring dan melakukan laporan agar bisa mendapatkan bahan evaluasi.

Untuk melakukan monitoring diperlukan alat khusus untuk menganalisis campaign iklan yang sedang berjalan.

Dari hasil monitoring tersebut, kamu bisa membuat laporan secara bertahap.

Contohnya saja, jika kamu ingin mengoptimasi websitemu dengan cara SEO, alat analisis yang dibutuhkan yaitu Google Analytics.

Itulah beberapa strategi digital marketing yang bisa kamu terapkan untuk menjalan bisnismu agar bisa berkembang dan bisa lebih unggul di pasaran.

Namun ada satu strategi lagi yang bisa kamu terapkan, yaitu menggunakan jasa digital marketing.

Penasaran jasa digital marketing yang paling bagus dan berpengalaman?

Simak pembahasan berikut ini.

Baca Juga : Cara Promosi di Media Sosial yang Benar dan Tepat

Menggunakan Strategi Digital Marketing Ini Dijamin 100% Ampuh!

Sudah terbukti, dengan menggunakan jasa digital marketing bisa membuat bisnis online kamu jadi lebih maksimal lagi penjualannya.

Hal tersebut sudah dibuktikan dengan beberapa klien jasa digital marketing dari Aidee Lab.

Dulunya para klien jasa digital marketing dari Aidee Lab memiliki bisnis online yang perkembangannya stuck, dan hampir ‘gulung tikar’.

Namun ketika menggunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab, perkembangan bisnis online para klien berubah drastis.

Awalnya hanya mendapatkan pendapatan yang sedikit, semenjak menggunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab pendapatan bisnis para klien jadi meningkat dua kali lipat.

Hal ini tentunya membuktikan kalau jasa digital marketing bisa memaksimalkan strategi digital marketing lainnya.

Jadi, buat kamu yang ingin bisnis onlinenya bisa berkembang dengan pesat, mendapatkan omset berkali – kali lipat, serta bisa lebih unggul di pasar.

Maka kamu bisa menggunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab ya!

Kamu bisa konsultasi langsung dengan tim Aidee Lab dengan menghubungi nomor kontak yang tertera di website Aidee Lab.

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.