Tips Pasang Iklan di Google Biar Lancar Iklannya
Sudah pasang iklan di Google selama sebulan tapi belum ada kemajuan? Berarti ada kesalahan saat memasang iklannya!
Entah itu kesalahan dalam menyusun strategi beriklan atau bisa jadi secara tidak sadar kamu melanggar kebijakan Google Ads, yang mana menyebabkan akun iklanmu dikenai sanksi oleh Google.
Duh, kalau kesalahannya sudah seperti itu bisa berakibat fatal bagi bisnismu lho!
Biar tidak ada kesalahan saat pasang iklan di Google, kamu perlu cari tahu beberapa tips sebelum beriklan menggunakan Google.
Sekarang ini sudah banyak berbagai website atau blog yang membahas beberapa tips pasang iklan di Google.
Kamu juga bisa membaca beberapa tipsnya melalui artikel Aidee Lab yang satu ini!
Di artikel kali ini akan membahas tuntas apa saja tips pasang iklan di Google agar iklannya bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala.
Jadi, bagi kamu yang baru memulai beriklan ataupun sudah beriklan menggunakan Google namun belum ada kemajuan, bisa banget simak artikel ini sampai habis ya!
Baca Juga : Rekomendasi Jasa Google Ads Terbaik
8 Tips Pasang Iklan di Google yang Jarang Diketahui Banyak Orang
Beriklan menggunakan Google tidak hanya sekedar pasang iklan saja, ada berbagai hal yang perlu dipahami dan dilakukan agar hasil iklannya bisa sesuai dengan harapanmu.
Namun pada kenyataan tidak semua orang paham bagaimana caranya pasang iklan di Google, hal tersebut yang juga bisa menyebabkan mengapa iklan tidak berjalan sesuai dengan keinginan.
Yang mana seharusnya dari iklan tersebut bisa menghasilkan jumlah konversi atau leads yang banyak, namun kenyataannya tidak ada satupun konversi atau leads yang masuk.
Tentunya hal tersebut sangat merugikan kamu selaku pebisnis.
Nah, biar kamu tidak mengalami kerugian saat beriklan, ada baiknya kamu bisa simak beberapa tips pasang iklan di Google berikut ini.
Buat kamu yang ingin bisnisnya bisa selangkah lebih maju dari kompetitor lain, harus banget simak beberapa tips beriklan menggunakan Google berikut ini.
Perlu kamu tahu kalau beberapa tips ini jarang sekali banyak orang yang tahu lho!
Berikut beberapa tips untuk beriklan menggunakan Google:
1. Menentukan Tujuan Iklan
Kebanyakan para pebisnis masih ada yang salah step dalam beriklan menggunakan Google, biasanya mereka membuat campaign iklan terlebih dahulu baru menentukan tujuan iklannya.
Padahal langkah tersebut sangat salah!
Jadi, langkah yang benarnya yaitu kamu perlu menentukan terlebih dahulu tujuan iklannya, baru kamu bisa membuat campaign iklannya.
Dengan langkah seperti itu, kamu bisa menentukan target audiens, anggaran iklan yang dikeluarkan, serta format iklan yang akan digunakan.
Hal tersebut tentunya sangat membantu kamu yang ingin beriklan menggunakan Google, hasil iklan yang didapatkan juga bakalan sesuai dengan yang kamu harapkan.
2. Menentukan Anggaran Iklan
Untuk beriklan menggunakan Google sebenarnya terbilang lebih ‘murah’ dibandingkan beriklan dengan menggunakan media konvensional.
Selain lebih ‘murah’, anggaran untuk beriklan menggunakan Google lebih fleksibel dan mudah untuk dilakukan.
Kamu juga bisa menentukan anggaran iklannya sesuai dengan ruang lingkup bisnis, jumlah anggaran yang ingin dikeluarkan, serta keuntungan yang akan kamu dapatkan.
Sebelum menentukan anggaran iklannya, ada satu hal yang perlu kamu ingat, yaitu:
Semakin banyak anggaran iklan yang dikeluarkan, maka banyak juga yang akan mengklik iklan tersebut, dan hal tersebut juga memberikan peluang untuk meningkatkan jumlah pendapatan bagi bisnismu.
Kamu juga bisa mengeluarkan sedikit anggaran iklan untuk melakukan eksperimen dalam beriklan, atau untuk iklan yang hasil ROI nya lebih rendah.
Baca Juga : Jasa Google Ads Medan untuk Bisnis Anda
3. Memahami Target Audiens
Untuk membuat sebuah campaign iklan Google, kamu harus cari tahu terlebih dahulu apa saja yang sedang audiens butuhkan.
Jika sudah menemukan apa yang sedang mereka butuhkan, barulah kamu bisa memperkenalkan produk atau jasa yang relevan dengan kebutuhan audiens.
Untuk memperkenalkan produk atau jasa tersebut, kamu bisa memberikan informasi mengenai produk atau jasa, membuat teks iklan, dan cara lainnya yang bisa membuat audiens sadar kalau produk atau jasa yang kamu tawarkan merupakan solusi dari kebutuhan mereka.
Kalau sudah berhasil mencari tahu kebutuhan audiens, sudah menemukan solusinya, dan menawarkan solusinya, berarti kamu sudah berhasil memahami target audiens!
4. Menentukan Target Lokasi
Jika beriklan dengan menggunakan Google Ads, kamu bisa mempersempit ataupun memperluas lokasi iklannya.
Kamu bisa menentukan target lokasinya sesuai dengan jarak dari toko offline ataupun kantor jasa milikmu. Kamu juga bisa atur lokasinya secara keseluruhan, mau skala nasional ataupun skala internasional.
Perlu kamu ketahui, semakin luas cakupan lokasi iklan yang kamu tentukan, maka semakin berpeluang besar untuk mendapatkan calon pelanggan baru.
Namun balik lagi, kamu harus tentukan lokasinya sesuai dengan tujuan dan keinginanmu.
Misalnya kamu hanya ingin mendapatkan calon pelanggan yang sewilayah dengan kamu, maka kamu bisa atur lokasi iklannya hanya di wilayah tempat tinggalmu.
Tentunya ada alasan tersendiri mengapa kamu perlu menentukan lokasi iklannya, alasannya yaitu agar kamu bisa mendapatkan calon pelanggan yang berpotensial dan performa campaign iklan bisa lebih baik lagi.
5. Membatasi Frekuensi Retargeting Iklan
Sebenarnya tidak apa – apa kalau kamu ingin melakukan retargeting iklan, malah hal tersebut sangat disarankan agar audiens bisa tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang diiklankan.
Hanya saja untuk iklan Google, khususnya campaign iklan display dan video, sebaiknya kamu perlu membatasi frekuensi penayangan iklannya ke audiens yang telah melihat iklan tersebut sebelumnya.
Dilansir dari Support Google Ads, hal tersebut dilakukan untuk memastikan audiens tidak menerima eksposur penayangan iklan yang berlebihan.
Baca Juga : Rekomendasi Jasa Pasang Iklan Google Ads
6. Melakukan Riset Keyword yang Relevan
Untuk menjalankan campaign iklan Google, ada baiknya kamu perlu menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnismu.
Misalnya saja kamu punya bisnis tempat rumah makan , maka kamu bisa melakukan riset kata kunci seperti:
- Rekomendasi tempat rumah makan
- Tempat rumah makan terdekat
Dan masih banyak kata kunci lainnya.
Mungkin kamu bakalan bingung, gimana caranya melakukan riset kata kunci yang benar?
Sebenarnya cukup mudah untuk meriset kata kunci, kamu bisa menggunakan tools khusus seperti Ahrefs, Google Keywords Planner, SEMrush, Ubersuggest, dan tools keyword lainnya.
Selain itu, pastikan juga kata kuncinya harus relevan dan se-niche dengan bisnis yang sedang kamu jalankan!
Jangan lupa untuk menggunakan kata kunci yang search volumenya tinggi. Biasanya kata kunci yang seperti itu sering dicari oleh para audiens.
7. Mengoptimasi Iklan
Beriklan menggunakan Google tidak hanya sekedar menentukan target audiens, tujuan, anggaran, dan penggunaan kata kunci saja.
Namun kamu juga perlu melakukan yang namanya optimasi iklan! Kamu bisa menggunakan tool optimasi iklan untuk mempermudah optimasi iklan.
Tool yang bisa kamu gunakan yaitu Google Tag Manager, dengan tool tersebut membantu kamu untuk mengelola tag di website. Sehingga kamu bisa melacak aktivitas para audiens yang mengunjungi websitenya.
8. Membuat Landing Page
Hal inilah yang membedakan pasang iklan di Google dengan pasang iklan di berbagai media lainnya.
Untuk beriklan menggunakan Google, kamu bisa membuat sebuah landing page khusus untuk beriklan.
Membuat landing page memerlukan keahlian di bidang UI UX, dengan keahlian tersebut bisa membuat tampilan landing page terlihat menarik dan enak untuk dilihat.
Audiens yang melihat landing page tersebut pastinya akan betah, dan tentunya berpeluang besar untuk membuat audiens jadi pelanggan kamu lho.
Baca Juga : Cara Beriklan di Google dengan Mudah!
Rekomendasi Jasa Pasang Iklan di Google yang Terpercaya
Itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk beriklan menggunakan Google. Cukup mudah untuk dilakukan, kan?
Akan tetapi, kalau kamu merasa belum paham mengenai beberapa tips di atas tadi, kamu bisa lho menggunakan bantuan dari jasa pasang iklan di Google.
Sekarang ini sudah banyak berbagai penyedia jasa Google Ads yang berpengalaman dan terpercaya.
Salah satunya yaitu jasa Google Ads dari Aidee Lab!
Selain menjadi penyedia jasa pasang iklan di Google yang terpercaya, Aidee Lab tentunya sudah memiliki berbagai pengalaman mengiklankan berbagai jenis bisnis lho.
Jadi kamu tidak perlu lagi ragu untuk menggunakan jasanya.
Buat kamu yang tertarik untuk menggunakan jasa Google Ads dari Aidee Lab, bisa banget langsung menghubungi tim Aidee Lab melalui nomor di bawah ini:
Hubungi tim Aidee Lab sekarang juga untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik lainnya!