Tujuan Pemasaran Digital yang Perlu Diketahui
Masih ada para pebisnis yang belum mengetahui apa tujuan pemasaran dalam berbisnis.
Padahal dengan mengetahui tujuan pemasaran bisa mempermudah para pebisnis untuk menyusun rencana agar bisa mencapai goals yang diinginkan.
Bayangkan jika dalam berbisnis tidak memiliki tujuan, yang ada nantinya bisnis jadi ‘kacau’ karena tidak memiliki tujuan yang jelas.
Maka dari itulah alasannya mengapa penting sekali untuk mengetahui tujuan pemasaran.
Terlebih lagi di era digital sekarang ini sudah banyak para pebisnis yang beralih menggunakan media digital untuk memasarkan produk atau jasa mereka.
Hal tersebut tentunya menjadi sebuah tantangan bagi para pebisnis pemula maupun pebisnis yang biasanya memasarkan produk atau jasanya melalui media konvensional.
Maka dari itulah penting sekali untuk mengetahui tujuan pemasaran digital sebelum memasarkan produk atau jasa secara digital.
Nah, biar kamu tidak bingung bagaimana menentukan tujuanmu dalam berbisnis dan memasarkan bisnis secara digital. Maka kamu bisa simak pembahasan selanjutnya saja ya!
Baca Juga : Strategi Pemasaran Digital, Cara dan Manfaatnya!
Mengetahui Tujuan Pemasaran Digital Sebelum Berbisnis
Saat kamu ingin melakukan suatu hal pastinya ada terbesit tujuan dari hal tersebut, kan?
Nah, begitu juga saat kamu ingin berbisnis, perlu sekali untuk menentukan tujuanmu dalam berbisnis agar bisnismu bisa jadi lebih jelas arahnya.
Tidak sedikit para pebisnis yang asal memulai berbisnis saja tanpa mengetahui tujuan berbisnisnya apa.
Hal tersebut tentunya bisa berakibat fatal kalau tidak menentukan atau menyusun tujuan pemasaran, bisa – bisa bisnismu jadi ‘gulung tikar’ lho!
Duh.. Pastinya kamu tidak mau kan hal tersebut terjadi pada bisnismu?
Nah, biar tidak kejadian seperti itu maka kamu bisa simak beberapa tujuan pemasaran berikut ini.
Khususnya buat kamu yang ingin beriklan melalui media digital! Perlu kamu tahu juga nih kalau tujuan pemasaran digital dan non – digital itu berbeda ya.
Kira – kira apa saja ya tujuan marketing dalam pemasaran digital? Untuk selanjutnya, kamu bisa simak sampai habis pembahasan berikut ini!
Baca Juga : Jasa Pemasaran Digital Medan: Memahami Pay Per Click Advertising
Tujuan Pemasaran Digital yang Perlu Diketahui
Seperti di pembahasan awal tadi, kalau tujuan pemasaran digital dan non-digital ada perbedaannya.
Kira – kira apa saja ya tujuan pemasaran digital? Yuk, simak lebih lengkap pembahasannya berikut ini :
1. Selalu Diingat Banyak Orang
Sebuah brand bisa dikatakan sukses jika brand tersebut selalu diingat banyak orang. Misalnya saja kamu ingin membeli handphone baru, pastinya yang teringat di pikiranmu yaitu handphone Iphone atau Samsung.
Selain itu, brand yang selalu diingat banyak orang lebih mudah untuk memasarkannya. Tentunya hal tersebut mempermudah pebisnis untuk menjual produk atau jasanya.
Untuk bisa sampai ke tahap tersebut tentunya tidak mudah, pebisnis harus melakukan segala cara agar bisa membuat brand selalu diingat banyak orang.
Salah satu cara agar bisa membuat brand selalu diingat banyak orang yaitu dengan menggunakan cara digital marketing!
Digital marketing lebih mudah untuk menjangkau audiens yang memang berpotensial untuk menggunakan produk maupun jasa yang dipasarkan.
2. Membangun Brand Awareness
Brand awareness merupakan hal yang paling terpenting dalam berbisnis, dengan membangun brand awareness bisa membuat audiens menjadi ‘sadar’ bahwa sebuah brand tersebut ‘ada’.
Semakin meningkat brand awareness sebuah brand, maka semakin besar peluang audiens untuk membeli produk atau jasa yang kamu pasarkan.
Nah, untuk membangun brand awareness ini bisa menggunakan cara digital marketing. Ada berbagai strategi yang bisa digunakan untuk membangun brand awareness ini dengan cara digital marketing.
Strateginya yaitu seperti menggunakan SEO, content marketing, sosial media marketing, dan lainnya.
Sebenarnya membangun brand awareness ini masih berhubungan dengan tujuan pertama tadi, yaitu bisa membuat sebuah brand selalu diingat banyak orang.
Nah, untuk mengetahui apakah brand awareness meningkat atau tidak, bisa dicek melalui traffic yang berada di website maupun di blog.
Baca Juga : Manfaat Digital Marketing untuk Pertumbuhan Bisnis
3. Membuat Traffic Website Meningkat
Dengan digital marketing juga bisa membuat traffic pada website jadi meningkat, sehingga berpeluang besar untuk mendapatkan jumlah konversi yang tinggi juga.
Tujuan yang satu ini masih berhubungan dengan tujuan sebelumnya, yaitu dengan traffic website yang meningkat bisa membangun brand awareness bagi bisnis.
Untuk bisa membuat traffic website meningkat ada berbagai cara yang bisa digunakan, salah satunya menggunakan strategi digital marketing.
Strategi digital marketing ini ada beberapa caranya yaitu dengan cara SEO, content marketing, menggunakan sosial media, dan cara lainnya.
Perlu kamu ingat juga bahwa dengan traffic website yang meningkat bisa membuat bisnis jadi terlihat ‘ada’ secara online, serta membuat penjualan jadi meningkat.
4. Meningkatkan Penjualan
Tujuan dari memasarkan produk sudah pasti ingin meningkatkan penjualan, nah kamu bisa meningkatkan penjualanmu dengan cara digital marketing!
Seperti pada pembahasan sebelumnya kalau dengan menggunakan cara digital marketing bisa menjangkau lebih luas audiens yang berpotensial.
Menggunakan digital marketing lebih besar peluangnya untuk meningkatkan penjualan daripada dengan cara lainnya.
Kamu bisa menggunakan beberapa strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan bisnismu, misalnya seperti menggunakan content marketing, pay per click (PPC), email marketing, dan lainnya.
Baca Juga : Mengenal Digital Strategi: Manfaat dan Contoh Dalam Mengembangkan Bisnis
Cara Mencapai Tujuan Pemasaran Digital
Jika tadi sudah membahas tujuan dari pemasaran digital, maka di pembahasan kali ini akan membahas bagaimana cara mencapai tujuan pemasaran tersebut.
Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai tujuan pemasaran digital :
1. Membuat Konten yang Menarik dan Relevan
Untuk memasarkan sebuah produk atau jasa penting sekali membuat konten yang menarik serta relevan dengan bisnismu.
Dengan konten yang relevan bisa mempermudah kamu untuk menjalin hubungan dengan pelanggan, sehingga bisa membuat pelanggan jadi lebih loyal.
Selain itu, konten yang menarik juga bisa membuat audiens yang awalnya tidak tertarik dan tidak tahu brandmu jadi tertarik untuk menggunakan brandmu.
2. Melakukan Optimasi Website
Kalau kamu punya website bisnis namun traffic pengunjungnya sepi, maka kamu bisa melakukan optimasi website dengan cara SEO.
Dengan cara SEO bisa membuat website bisnismu muncul di halaman pertama pencarian Google, yang mana tentunya hal tersebut bisa membuat website bisnismu jadi meningkat traffic websitenya.
Traffic website yang meningkat memiliki peluang besar untuk mendapatkan konversi yang tinggi.
3. Menggunakan Pay Per Click (PPC)
Cara lain untuk mencapai tujuan dari pemasaran digital yaitu dengan menggunakan cara pay per click (PPC).
Pay per click (PPC) merupakan cara yang sangat efektif untuk mencapai goals dalam memasarkan produk atau jasa.
Terlebih lagi dengan menggunakan pay per click (PPC), kamu hanya bayar kalau ada yang mengklik iklannya saja.
4. Bekerja sama dengan Influencer
Jika kamu memiliki modal lebih untuk memasarkan produk atau jasamu, maka kamu bisa bekerja sama dengan para influencer.
Biasanya seorang influencer memiliki jumlah pengikut yang sangat banyak sekali, hal tersebut tentunya berpeluang besar untuk bisnismu mendapatkan pelanggan baru lebih mudah.
Baca Juga : Manfaat Digital Marketing Yang Bisa Buat Bisnis Makin Laris
Capai Tujuan Pemasaran Digital dengan Jasa Ini!
Itulah tadi beberapa tujuan pemasaran serta cara mencapai tujuan tersebut, selain beberapa cara tersebut bisa juga menggunakan jasa lho.
Jasanya yaitu jasa digital marketing! Dengan menggunakan jasa tersebut bisa mempermudah kamu untuk meningkatkan penjualanmu serta memperlancar bisnismu.
Kamu bisa menggunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab saja, dijamin penjualanmu jadi lebih meningkat dua kali lipat!
For more info bisa hubungi tim Aidee Lab 0813-6209-8990 sekarang juga.